Kontrak di PSM jadi Alasan Joop Gall Belum Mau Bicarakan AFC Cup

Empat laga sisa Liga 1 masih jadi fokus utamanya

Makassar, IDN Times - Sikap pelatih PSM Makassar, Joop Gall, atas AFC Cup rupanya masih sama. Ia enggan terburu-buru berencana dan memilih fokus di sisa seri terakhir BRI Liga 1 2021/22. Tapi, ini rupanya dipengaruhi durasi kontraknya yang berakhir sebelum ajang tingkat benua tersebut.

Hal tersebut ia ungkap dalam sesi jumpa pers virtual selepas laga kontra Persipura Jayapura, Kamis kemarin (10/3/2022), yang berakhir tanpa pemenang.

"Kita harus tetap berbicara tentang posisi aman dulu, tentang empat laga ke depan. Saya hanya ingin fokus ke Liga 1 saja dulu, lalu bersiap untuk itu," ujarnya.

"AFC Cup digelar bulan Juni, dan kontrak saya berakhir di akhir April ini," sambung Gall.

1. Joop Gall cuma menangani PSM sampai akhir April 2022

Kontrak di PSM jadi Alasan Joop Gall Belum Mau Bicarakan AFC CupWasit Thoriq Alkatiri (kanan) memberikan kartu kuning kepada pelatih PSM Makassar Jakob Freerk Gall (kiri) saat pertandingan Liga 1 antara Persebaya Surabaya melawan PSM Makassar di Stadion I Gusti Ngurah Rai, Denpasar, Bali, Jumat (14/1/2022). ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/rwa

Pada sejumlah kesempatan, pelatih berpaspor Belanda tersebut memang kerap mengatakan ia cuma menukangi PSM hingga musim 2021/22 rampung. Tapi, ini baru pertama kali coach Gall blak-blakan tentang rincian kontraknya.

Meski begitu, belum ada kejelasan terkait status eks manajer FC Emmen tersebut. Apakah diperpanjang hingga musim depan, atau tetap sesuai dengan kesepakatan awal yakni selama empat bulan saja.

2. Meminta suporter tetap mengapresiasi perjuangan Wiljan Pluim dkk

Kontrak di PSM jadi Alasan Joop Gall Belum Mau Bicarakan AFC CupGelandang PSM Makassar Wiljan Pluim (kiri) dikawal ketat oleh bek Persipura Jayapura Israel Wamiau (kanan) dalam laga pekan ke-30 BRI Liga 1 2021/22 di Stadion Kompyang Sujana Denpasar, Kamis 10 Maret 2022. (Dok. MO PSM Makassar)

Berbicara lebih jauh, Gall meminta suporter untuk tetap mengapresiasi perjuangan Wiljan Pluim dkk. Baginya, Juku Eja sudah kembali ke trek positif lantaran belum kalah dalam empat partai terakhir. Rinciannya yakni tiga kali imbang plus satu kemenangan.

"Saya ibaratnya memandang gelas sebagai setengah penuh, sedang orang-orang melihat gelas yang setengah kosong," katanya.

"Anak asuh saya memang masih butuh perbaikan, tapi apa yang mereka tunjukkan di dalam beberapa laga terakhir membuat saya bangga," sambung juru taktik 58 tahun tersebut.

Baca Juga: Hasil Pertandingan Liga 1: Persipura Vs PSM, Tak Ada Gol Tercipta

3. Yakin Juku Eja cuma butuh satu kemenangan lagi

Kontrak di PSM jadi Alasan Joop Gall Belum Mau Bicarakan AFC CupPelatih kepala PSM Makassar, Joop Gall, saat memimpin sesi latihan tim di Lapangan Karya Manunggal Sidakarya, Denpasar, 7 Januari 2022. (Instagram.com/psm_makassar)

Menurut hitung-hitungan Gall, PSM cuma butuh satu kemenangan lagi agar bisa memastikan diri bertahan di kasta teratas sepak bola nasional.

"Kita akan tetap coba memenangkan laga-laga sisa. Sekali lagi menang, dan diskusi kita (tentang degradasi) selesai. Tapi saya tetap memberi tahu pemain kita harus tetap menang," paparnya.

Di gameweek ke-31, Pasukan Ramang akan ladeni kandidat degradasi lain yakni Persela Lamongan pada hari Senin mendatang (14/3/2022).

Baca Juga: Antarlini Persipura Vs PSM, Adu Cerdas Dua Gelandang Asing

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya