Antarlini Persipura Vs PSM, Adu Cerdas Dua Gelandang Asing

Siapa bisa membawa kemenangan untuk timnya?

Makassar, IDN Times - Jadwal gameweek ke-30 BRI Liga 1 2021/22 menyajikan duel dua tim Indonesia Timur yakni Persipura Jayapura dan PSM Makassar. Berlangsung di Stadion Kompyang Sujana Denpasar pada Kamis sore (10/3/2022), laga tersebut sarat dengan kepentingan.

Pelatih PSM Makassar, Joop Gall, ingin meraih tiga poin demi amankan posisi di papan tengah klasemen sementara. Lalu Alfredo Vera selaku juru taktik Persipura juga mengusung misi serupa. Meski baru saja dihukum pengurangan poin, mereka belum mau menyerah untuk keluar dari zona degradasi.

Sebagai pengantar, berikut IDN Times menyajikan kondisi terkini dan pemain sentral masing-masing tim. Mereka semua punya peran krusial dalam wujudkan misi menang.

1. Persipura punya kiper tangguh bernama Fitrul Dwi Rustapa

Antarlini Persipura Vs PSM, Adu Cerdas Dua Gelandang AsingKiper Persipura Jayapura, Fitrul Dwi Rustapa, dalam sebuah pertandingan BRI Liga 1 2021/22 di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar. (Dok. PT Liga Indonesia Baru)

Persipura memiliki tembok kokoh bernama Fitrul Dwi Rustapa. Kiper 26 tahun tersebut punya catatan mentereng. Dari 26 partai yang dilakoni, ia melakukan 80 saves (3,08 per laga). Refleks pria kelahiran Garut itu juga mengagumkan. Tak heran, Fitrul masuk dalam lima besar kiper paling rajin di Liga 1 sejauh ini.

Tiga penyelamatan Hilman Syah saat PSM bersua PSIS pekan lalu. Jumlah penyelamatannya pun menjadi 69 dari 20 pertandingan, atau rata-rata 3,14 per laga. Meski cukup tangguh untuk duel bola atas, Hilman harus waspada dengan kemampuan free kick akurat yang dimiliki sejumlah pemain Persipura.

2. Hasyim Kipuw berpeluang kembali jadi starter Pasukan Ramang

Antarlini Persipura Vs PSM, Adu Cerdas Dua Gelandang AsingPemain PSM Makassar Hasyim Kipuw dalam sesi latihan di Lapangan Karya Manunggal Sidakarya Denpasar, Senin 31 Januari 2022. (Instagram.com/psm_makassar)

Donni Monim adalah sosok penting di sektor belakang Persipura. Penampilannya lugas tak kenal kompromi, dan kerap ambil bagian saat membangun serangan. Ia sudah catatkan 32 tekel, 80 intersep dan 54 clearances dari 21 penampilan. Meski begitu, stopper 28 tahun tersebut sudah mengantongi 5 kartu kuning. Fokusnya kembali diuji saat berhadapan dengan lini serang PSM yang ekslosif.

Di kubu PSM, coach Joop Gall akan sedikit merotasi susunan di lini belakang, imbas cederanya duo Erwin Gutawa - Ganjar Mukti. Hasyim Kipuw berpeluang kembali menjadi starter, termasuk Adam Mitter yang baru saja pulih. Tapi masih ada Julyano Pratama yang bisa diplot sebagai bem tengah.

3. Takuya Matsunaga masih jadi motor serangan kubu Mutiara Hitam

Antarlini Persipura Vs PSM, Adu Cerdas Dua Gelandang AsingGelandang Persipura Takuya Matsunaga sedang beraksi dalam laga pekan ke-19 BRI Liga 1 2021/22 kontra Persija Jakarta di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar, 11 Januari 2022. (Instagram.com/taki_ya_matsunaga)

Takuya Matsunaga masih akan menjadi motor serangan kubu Mutiara Hitam. Gelandang berpaspor Jepang tersebut sudah melepas 761 operan sukses (38,05 per laga), terbanyak kedua di tim tersebut. Ada juga tandemnya yang tak kalah moncernya, Gunansar Mandowen. Anak muda 21 tahun itu sudah mengemas masing-masing 2 gol dan 2 asis dari 16 penampilan.

Di lini tengah PSM, Wiljan Pluim masih tam tergantikan. Dua golnya ke gawang Laskar Mahesa Jenar kemarin seolah menegaskan bahwa ia belum habis. Tapi, keseimbangan sedikit terganggu akibat absennya Manda Cingi dan Rasyid Bakri. Sutanto Tan serta Delvin Rumbino berpeluang bermain sejak menit pertama.

Baca Juga: 5 Duel Terakhir Persipura Vs PSM, Selalu Ada Sengatan lewat Gol Cepat 

4. Rizky Eka Pratama siap mengancam dari sisip sayap PSM

Antarlini Persipura Vs PSM, Adu Cerdas Dua Gelandang AsingPemain PSM Makassar Rizky Eka Pratama dalam sesi latihan di Lapangan Trisakti Badung pada 1 Februari 2022. (Instagram.com/psm_makassar)

Ferinando Pahabol berstatus sebagai pemain tersubur Persipura saat ini dengan koleksi 6 gol dan 3 asis. Ada pula Yevhen Bokashvili yang sudah menyumbang 5 gol plus 1 asis. Keduanya bisa silih berganti memberi ujian untuk barisan bek PSM yang sedang diterpa badai cedera.

Dari kubu Juku Eja, publik masih menunggu Golgol Mebrahtu mencetak gol. Ia tak kunjung menjebol gawang lawan meski sudah bermain selama 462 menit. Meski begitu masih ada Ilham Udin Armaiyn, Yakob Sayuri, Prince Patrick Kallon serta Rizky Eka Pratama yang siap menebar ancaman.

Siapa bakal mencuat sebagai penentu kemenangan timnya? Saksikan pertandingan Persipura Jayapura versus PSM Makassar pada Kamis sore ini (10/3/2022) pukul 16.15 WITA.

Baca Juga: Lawan Persipura, Pelatih PSM Makassar Cemaskan Kebugaran Pemain

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya