Lawan Persipura, Pelatih PSM Makassar Cemaskan Kebugaran Pemain

Kebugaran pemain PSM berada di zona merah

Makassar, IDN Times - Usai buka puasa kemenangan pada hari Minggu silam (6/3/2022), PSM Makassar merangkak ke posisi 11 klasemen sementara. Meski sudah agak lega, mereka masih butuh kemenangan agar benar-benar jauh dari papan bawah.

Misi poin penuh kembali diusung Juku Eja pada pertandingan Persipura Vs PSM Makassar pada gameweek ke-30 BRI Liga 1 2021/22, Kamis besok (10/3/2022). Jelang laga di Stadion Kompyang Sujana tersebut, pelatih kepala PSM Joop Gall menyebut persiapan hanya fokus pada pemulihan kebugaran pemain.

"Saya pikir kebugaran pemain berada dalam zona merah. Yang harus diwaspadai adalah kerugian dari tambahan 'pekerjaan' lain di luar pertandingan," ujarnya dalam sesi jumpa pers virtual pada Rabu pagi (9/3/2022).

1. Wiljan Pluim dkk tetap diminta waspada dengan kejutan tim lawan

Lawan Persipura, Pelatih PSM Makassar Cemaskan Kebugaran PemainPertandingan PSIS Semarang melawan PSM Makassar pada laga pekan ke 29 BRI Liga 1 2021/2022 di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar, Minggu (6/3/2022). (Dok. PSIS)

Meski mengusung misi menang, bukan berarti Juku Eja lantas memandang remeh sang lawan. Ia mewanti-wanti timnya untuk tetap waspada dengan potensi kejutan yang disiapkan Mutiara Hitam.

"Ada pepatah Belanda yang mengatakan bahwa 'jika seekor kucing terdesak, mereka akan melakukan lompatan tak terduga.' Dalam hal ini, jika sebuah klub sedang dalam bahaya, mereka punya energi berlebih dan kita harus bersiap mengantisipasinya," kata juru taktik berpaspor Belanda itu.

Lantaran cuma terpaut enam poin dari zona degradasi, coach Gall meminta Wiljan Pluim dkk untuk mengerahkan segalanya dalam laga besok. Tujuannya jelas, demi memastikan mereka aman dari kerjaran tim lain.

2. Melawan Persipura yang punya karakter mirip, PSM fokus mengasah mental

Lawan Persipura, Pelatih PSM Makassar Cemaskan Kebugaran PemainPemain Persipura Jayapura Ramai Rumakiek (tengah) menggiring bola ke kotak penalti Borneo FC dalam laga pekan ke-28 BRI Liga 1 2021/22 di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar, 28 Februari 2022. (Dok. PT Liga Indonesia Baru)

Gall sepakat bahwa baik PSM dan Persipura punya gaya bermain identik, yakni keras dan cepat. Karena itu, ia lebih fokus mengasah mental selama persiapan.

"Secara psikis, kita harus siap untuk bertarung. Tentu saja saat tertinggal, sesuatu pasti berkecamuk dalam pikiran," ungkapnya.

"Tapi pada saat memimpin, akan terasa lebih ringan dan bisa membuat keputusan yang baik. Kita harus betul-betul memberi motivasi besar. Dan secara psikis lebih siap," tutup eks manajer FC Emmen itu.

Baca Juga: 5 Duel Terakhir PSM Vs PSIS, Dominasi Total Laskar Mahesa Jenar

3. Yance Sayuri (kiri) yakin laga ini akan berjalan sengit

Lawan Persipura, Pelatih PSM Makassar Cemaskan Kebugaran PemainWinger PSM Makassar Yance Sayuri (kiri) dan pelatih kepala Joop Gall (kanan) dalam sesi jumpa pers virtual pra-pertandingan pekan ke-30 BRI Liga 1 2021/22, Rabu 9 Maret 2022. (Dok. MO PSM Makassar)

Sempat dilanda inkonsistensi, Feri Pahabol dkk mulai bangkit dalam dua laga terakhir. Borneo FC dibekuk 2-1 pada 28 Februari, kemudian imbang 1-1 melawan Persikabo di hari Sabtu lalu (5/3/2022).

Berangkat dari catatan tersebut, Yance Sayuri yakin duel ini akan berjalan sengit. Apalagi semuanya membidik kemenangan.

"Kami menganggap Persipura tim kuat dan pasti juga mencari tiga poin. Kami akan berusaha semampu kami keluar dari zona bawah, dan naik ke tempat yang lebih baik," kata pemilik nomor punggung 22 tersebut dalam kesempatan yang sama.

Yance tampil moncer di laga kontra PSIS kemarin. Bek kiri 24 tahun itu tampil atraktif dan kerap lancarkan manuver berbahaya. Ia turut menyumbang asis untuk gol kedua Wiljan Pluim.

Siapa yang bisa memetik poin penuh dalam duel klasik tim Indonesia Timur? Saksikan Persipura versus PSM pada Kamis besok (10/3/2022) pukul 16.15 WITA.

Baca Juga: PSM 2-1 PSIS: Moncernya Wiljan Pluim dan Kerja Kolektif Pasukan Ramang

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya