Komdis PSSI Denda PSM Rp50 Juta karena Pergantian Pemain

Bos PSM Munafri Arifuddin juga disanksi denda Rp25 juta

Makassar, IDN Times - Klub PSM Makassar kembali menerima hukuman dari Komite Disiplin (Komdis) Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI). Itu merujuk hasil rapat Komdis pada 10 Maret 2022.

Menurut pengumuman di situs resmi PSSI, Selasa (15/3/2022), PSM dijatuhi sanksi berupa denda Rp50 juta. Ini merupakan hukuman atas kesalahan yang mereka perbuat pada pertandingan PSM melawan PSIS Semarang, 6 Maret 2022.

Baca Juga: Analisa PSM VS Persela: Pluim Agresif, Erwin Tampil Solid

1. Salah paham pergantian pemain berimbas denda

Komdis PSSI Denda PSM Rp50 Juta karena Pergantian PemainPertandingan PSIS Semarang melawan PSM Makassar pada laga pekan ke 29 BRI Liga 1 2021/2022 di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar, Minggu (6/3/2022). (Dok. PSIS)

Pada jeda antar babak laga melawan PSIS, terjadi kesalahpahaman saat PSM hendak mengganti pemain. Saat itu PSM mengganti Ewin Gutawa dengan Hasyim Kipuw. Pergantian pemain itu dianggap mengakibatkan pertandingan babak kedua diundur sekitar satu menit.

Komdis PSSI juga menghukum Direktur Utama PSM Munafri Arifuddin dengan denda Rp25 juta. Itu buntut protes Munafri pada perangkat pertandingan selepas laga PSM vs PSS Sleman pada 1 Maret 2022. Komdis menjelaskan bahwa protesnya diiringi perkataan tak sopan.

2. Sebelumnya, Hasyim Kipuw dijatuhi denda dan larangan bermain

Komdis PSSI Denda PSM Rp50 Juta karena Pergantian PemainPemain PSM Makassar Hasyim Kipuw dalam sesi latihan di Lapangan Karya Manunggal Sidakarya Denpasar, Senin 31 Januari 2022. (Instagram.com/psm_makassar)

Sebelumnya, sanksi Komdis menyasar pemain Juku Eja. Bek tengah Hasyim Kipuw didenda Rp10 juta dan larangan bermain dua pertandingan dalam sidang pada 11 Februari lalu.

Hukuman ini diberikan atas pelanggaran kerasnya kala PSM bersua Bali United dalam lanjutan pekan ke-23. Alhasil, pemilik nomor punggung 15 tersebut harus menepi selama tiga pertandingan. Tambahan satu laga adalah buah dari sanksi akumulasi kartu kuning.

3. Total denda Juku Eja sudah mencapai Rp235 juta

Komdis PSSI Denda PSM Rp50 Juta karena Pergantian PemainBek PSM Makassar Dallen Doke (kanan) berusaha merebut bola dari gelandang Persela Lamongan Selwan Eljaberi (tengah) dalam laga pekan ke-31 BRI Liga 1 2021/22 di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar, Senin 14 Maret 2022. (Dok. PT Liga Indonesia Baru)

Sampai sekarang, sudah ada total enam sanksi yang diterima oleh PSM sejak pekan pertama BRI Liga 1 2021/22. Jenis pelanggarannya mulai dari keterlambatan kick-off hingga kedisiplinan. Total mereka sudah merogok kocek Rp235 juta hanya untuk membayar denda.

Hingga berita ini dibuat, belum ada pernyataan dari manajemen Pasukan Ramang terkait hukuman Komdis PSSI terbaru.

Baca Juga: Imbang Lagi, Joop Gall Optimistis PSM Bertahan di Liga 1

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya