Imbang Lagi, Joop Gall Optimistis PSM Bertahan di Liga 1

Juku Eja tak terkalahkan di lima laga terakhir

Makassar, IDN Times - PSM Makassar hanya membawa pulang satu poin di gameweek ke-31 BRI Liga 1 2021/22. Mereka ditahan imbang 2-2 Persela Lamongan di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar, Senin sore kemarin (14/3/2022).

Dalam jumpa pers virtual selepas laga rampung, pelatih kepala PSM yakni Joop Gall tetap percaya bahwa kans timnya menjauh dari zona degradasi masih sangat besar.

"Coba lihat berapa poin yang kita harus kumpulkan untuk lolos? Secara teoritis kita memang masih bisa. Tapi saya kira peluangnya sangat kecil," ujarnya.

Baca Juga: Duel PSM Makassar Kontra Persela Lamongan Berakhir Imbang 2-2

1. Satu poin saat jumpa Persela membuat PSM tak bergerak dari posisi 11

Imbang Lagi, Joop Gall Optimistis PSM Bertahan di Liga 1Gelandang PSM Makassar Muhammad Arfan (tengah) berusaha lepas dari kawalan dua pemain Persela Lamongan dalam laga pekan ke-31 BRI Liga 1 2021/22 di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar, Senin 14 Maret 2022. (Dok. PT Liga Indonesia Baru)

Sebiji poin saat menjajal Laskar Joko Tingkir membuat Juku Eja bergeming di posisi 11 klasemen sementara. Total sudah ada 35 poin yang dikantongi, jumlahnya identik dengan koleksi Madura United tapi berbeda dari selisih gol.

PSM saat ini berjarak 11 poin dari Persipura Jayapura yang belum berpindah dari peringkat 16, atau gerbang zona degradasi. Berdasarkan hitung-hitungan, anak-anak Makassar butuh satu kemenangan saja untuk mengunci satu tempat di Liga 1 musim depan.

2. Juku Eja disebut sudah berada di jalur yang benar

Imbang Lagi, Joop Gall Optimistis PSM Bertahan di Liga 1Gelandang PSM Makassar Muhammad Arfan (tengah) berusaha lepas dari kawalan dua pemain Persela Lamongan dalam laga pekan ke-31 BRI Liga 1 2021/22 di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar, Senin 14 Maret 2022. (Dok. PT Liga Indonesia Baru)

Selain itu, juru taktik asal Belanda tersebut mengaku tak habis pikir dengan sorotan negatif yang masih dialamatkan ke anak asuhnya. Bagi coach Gall, PSM saat ini sudah kembali ke trek yang benar setelah babak belur dalam empat partai beruntun.

"Ini yang saya tak mengerti. Kenapa terlalu negatif melihat hasil ini, ketimbang membicarakan sesuatu yang mungkin bisa memotivasi pemain dan mengapresiasi kerja mereka. Ayolah, lihat sisi positif dari perjuangan kami," ujarnya.

Wiljan Pluim dkk saat ini sudah tak terkalahkan dalam lima laga terakhir, atau sejak pekan ke-27. Rinciannya yakni empat kali imbang dan sekali menang.

3. Wiljan Pluim dkk akan menantang Persija pada Senin pekan depan

Imbang Lagi, Joop Gall Optimistis PSM Bertahan di Liga 1Gelandang PSM Makassar Wiljan Pluim (tengah) berusaha lepas dari kawalan para pemain Persela Lamongan dalam laga pekan ke-31 BRI Liga 1 2021/22 di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar, Senin 14 Maret 2022. (Dok. PT Liga Indonesia Baru)

Bagi eks manajer FC Emmen itu, pujian harusnya disematkan ke para pemain yang berjuang sekuat tenaga demi poin penuh.

"Catatan kita sudah membaik, dan ini bagus bagi psikologis serta memberi dorongan positif ke para pemain bahwa mereka bisa melakukan sesuatu," katanya.

"Tapi jika dikatakan kita kehilangan dua poin, saya sepakat," pungas Gall.

Di pekan ke-32, PSM akan menantang Persija Jakarta pada Senin pekan depan (21/3/2022). Partai tersebut berlangsung di Stadion I Gusti Ngurah Rai, Denpasar.

Baca Juga: Kontrak di PSM jadi Alasan Joop Gall Belum Mau Bicarakan AFC Cup

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya