Comscore Tracker

Kembali Berlatih usai Libur, PSM Makassar Tak Agendakan Uji Coba

Fokus tim pelatih adalah meningkatkan ketahanan fisik pemain

Makassar, IDN Times - Usai jalani libur selama nyaris tiga pekan, seluruh pemain PSM Makassar kembali berkumpul sejak Rabu lalu (2/11/2022). Ini bertepatan dengan momentum HUT PSM ke-107, yang dirangkaikan dengan acara fun football bersama sejumlah mantan pemain.

Wiljan Pluim dkk juga sudah berlatih secara tertutup di Stadion Kalegowa Pallangga sejak Kamis sore kemarin, 3 November 2022. Tapi, masih ada sejumlah pemain yang belum terlihat. Seperti bek tengah Yuran Fernandes, gelandang bertahan Bryan Cesar, serta dua penggawa Timnas U-20 yakni Dzaky Asraf dan Ricky Pratama.

1. PSM tak mewacanakan uji coba usai libur panjang

Kembali Berlatih usai Libur, PSM Makassar Tak Agendakan Uji CobaPesepak bola PSM Makassar M Dzaki (kiri) berusaha melewati pesepak bola Arema FC pada laga BRI Liga 1 di Stadion Gelora BJ Habibie, Pare-Pare, Sulawesi Selatan, Sabtu (20/8/2022). ANTARA FOTO/HO/PSM/ABHE/aww.

Berbeda dengan sejumlah klub yang sudah berkumpul lebih dulu, anak asuh Bernardo Tavares itu agaknya tidak akan menggelar laga persahabatan untuk kembali memanaskan mesin. Ini disampaikan oleh Sulaiman Abdul Karim selaku Media Officer.

"Tidak ada jadwal uji coba (setelah kembali dari libur panjang, red.)," ujarnya dalam pesan singkat yang diterima IDN Times pada Sabtu sore (5/11/2022).

Beberapa kontestan Liga 1 lain sudah menghelat "latihan bersama" tim lain. Seperti PSIS versus Persijap pada 28 Oktober silam, Persebaya menjamu Persekapbas hari Jumat lalu (4/11/2022), kemudian Borneo FC yang menantang Persis di Sabtu kemarin (5/11/2022).

2. Tim pelatih akan menilai fisik pemain lewat beberapa sesi latihan

Kembali Berlatih usai Libur, PSM Makassar Tak Agendakan Uji CobaSejumlah pesepak bola PSM Makassar melakukan sesi latihan di Stadion Kalegowa, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, Senin (25/7/2022). (ANTARA FOTO/Abriawan Abhe)

Cukup lama jalani libur, kini fokus tim pelatih PSM adalah mengembalikan kebugaran para pemain. Tapi, hari-hari pertama latihan akan mengasah tubuh Wiljan Pluim dkk. Ini juga yang dipakai untuk mengukur sejauh mana level ketahanan tubuh di lapangan hijau.

"Adapun kondisi pemain akan dinilai oleh pelatih lewat latihan-latihan fisik, teknik dan taktikal," jelas Sulaiman kepada IDN Times.

PSM sendiri terakhir kali bertanding pada 29 September silam. Saat itu, mereka menahan imbang Persis dengan skor 1-1 saat melawat ke Stadion Manahan Solo.

Baca Juga: [EKSKLUSIF] Ilhamsyah Mattalatta Ungkap Masalah Mattoanging: Beringas!

3. Nasib kelanjutan Liga 1 2022-23 sudah mulai dibahas

Kembali Berlatih usai Libur, PSM Makassar Tak Agendakan Uji CobaSalah satu momen pertandingan BRI Liga 1 2022-23 antara RANS Nusantara FC melawan PSM Makassar di Stadion Pakansari Cibinong, Senin 15 Agustus 2022. (Dok. MO PSM Makassar)

Sementara itu, kelanjutan Liga 1 2022-23 mulai dibahas. PT Liga Indonesia Baru (LIB) menyebut ada tiga tanggal yang menjadi opsi yakni 18 dan 25 November serta 2 Desember 2022.

"Ada beberapa tanggal yang sudah masuk dalam perhitungan kami, yaitu 18 atau 25 November, serta tanggal 2 Desember," ujar Komisaris Utama PT LIB Juni Rachman dalam sesi jumpa pers di Hotel Sultan, Jumat (4/11/2022).

Selain itu, format kompetisi berpotensi berubah dari kandang-tandang menjadi terpusat (bubble) seperti musim lalu. Tapi, semuanya masih dalam tahap awal pembahasan, serta menunggu izin dari Polri turun.

Baca Juga: Meriahkan HUT PSM Makassar ke-107 dengan Twibbon Ini

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya