Comscore Tracker

Kalah 4-2, PSM Digeser Persija dari Puncak Klasemen Liga 1

Macan Kemayoran bermain efektif lewat skema serangan balik

Makassar, IDN Times - PSM Makassar harus pulang dengan tangan kosong dari lawatan ke Stadion Patriot Candrabhaga Bekasi pada Rabu sore (25/1/2023). Mereka dibekuk dengan skor telak 4-2 oleh Persija Jakarta dalam laga pekan ke-20 BRI Liga 1 2022-23.

Kedua tim saling bertukar serangan sepanjang 15 menit pertama. Masing-masing penyerang mendapat kesempatan untuk melepas tembakan. Tapi, kiper masing-masing masih bisa memotong bola sebelum menjadi ancaman berbahaya.

Setelah itu, PSM justru bisa tampil menekan. Andalkan tusukan dari sisi sayap, skema kombinasi operan pendek dan tusukan ke kotak penalti ternyata bisa menembus barisan pertahanan Persija. Tapi, peluang Everton dan Kenzo Nambu masih bisa dihalau tepat di depan garis gawang Persija.

Namun, justru Persija yang bisa mencetak gol lebih dulu di menit ke-21. Mendapat umpan jauh kiriman Firza Andika, Riko Simanjuntak yang lolos dari perangkap offside langsung menyisir sisi kiri pertahanan lawan. Usai melewati pengawalan Persija, winger lincah itu langsung memberi umpan ke Yusuf Helal. Meski mendapat mengawalan, menyerang asal Bahrain itu masih bisa menceploskan bola dengan leluasa.

Coba mengejar ketinggalan, PSM justru kembali kebobolan pada menit ke-36. Lagi-lagi diawali tusukan Riko Simanjuntak yang datang mengacak-acak sektor kanan pertahanan. Kali ini, umpannya bisa dikonversi menjadi gol oleh pemain muda Aji Kusuma. Persija memimpin 2-0 saat masuki masa jeda antar babak.

Keluar dari kamar ganti, Persija terus melancarkan dominasi. Mereka bahkan kian leluasa lancarkan serangan dari sisi sayap. Mereka kembali menambah keunggulan pada menit ke-54. Aji Kusuma catatkan namanya di papan skor untuk kali kedua. Lolos dari perangkap offside, striker 23 tahun itu berlari menyambut umpan daerah kiriman Muhammad Ferrari. Ia bisa melewati kiper Reza Arya dalam situasi satu lawan satu dan menyarangkan bola ke gawang PSM.

Juku Eja tak tinggal diam. Mereka langsung memasukkan Dzaky Asraf, Ananda Raehan Alif dan Ramadhan Sananta untuk menambah daya gedor. Defisit angka bisa diperkecil lewat gol sideheel Everton Nascimento di menit ke-68, manfaatkan asis umpan tarik kiriman Sananta yang baru tujuh menit merumput.

Namun, tim tuan rumah masih punya senjata mematikan selain serangan balik, yakni situasi bola mati. Tendangan bebas tak langsung kiriman Yusuf Helal dari tepi kotak penalti di menit ke-82 menghujam telak gawang PSM. Yuran Fernandes yang sudah berdiri di jalur bola gagal memotong tembakan tersebut dengan kepalanya.

PSM bisa perkecil ketinggalan di masa injury time. Rasyid Bakri yang berdiri bebas bisa langsung mencocor bola rebound tembakan Yakob Sayuri yang sempat dimentahkan Andritany Ardhiyasa.

Skor 4-2 terpampang saat wasit Aprisman Aranda meniup peluit panjang. Tiga poin ini membuat Persija menggeser PSM dari puncak klasemen sementara. Meski sama-sama kantongi 38 poin, mereka unggul head to head atas Wiljan Pluim cs.

Berikut ini susunan pemain kedua tim :

Persija Jakarta (3-4-3)

Andritany Ardhiyasa (GK); Muhammad Ferrari, Ondrej Kudela, Hansamu Yama Pranata; Resky Fandi (Dandi Maulana, 85'), Hanif Sjahbandi, Alfriyanto Nico (Rio Fahmi, 57'), Firza Andika; Aji Kusuma (Ginanjar Wahyu, 57'), Yusuf Helal (Osvaldo Haay, 85'), Riko Simanjuntak (Syahrian Abimanyu, 67')

PSM Makassar (3-5-2)

Reza Arya Pratama (GK); Agung Mannan, Yuran Fernandes, Yance Sayuri; Rizky Eka Pratama (Dzaky Asraf, 61'), Akbar Tanjung (Ramadhan Sananta, 61'), Muhammad Arfan (Ananda Raehan Alif, 61'), Wiljan Pluim, Kenzo Nambu (Rasyid Bakri, 77'), Yakob Sayuri, Everton Nascimento (Mufli Hidayat, 89')

Baca Juga: Antarlini Persija Vs PSM, Siapa Dominan?

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya