Jumpa Barito Putera, Pelatih PSM Waspadai Motivasi Tinggi Tim Lawan

Siapa bisa memetik poin penuh di Parepare?

Makassar, IDN Times - Jelang menjamu Barito Putera dalam laga pekan ke-23 BRI Liga 1 2022-23, Kamis besok (9/2/2023), PSM Makassar pantang memandang sebelah mata sang lawan. Pasalnya sepekan silam, Bali United merasakan pahitnya kena bekuk tim yang sedang bergulat di zona degradasi tersebut.

Sang juru latih, Bernardo Tavares, yakin jika hasil atas Serdadu Tridatu bisa mengangkat mental bertarung anak-anak Banjarmasin. Terlebih duel kedua kubu ini beberapa musim terakhir memang kerap berjalan alot.

"Saya kira pertandingan besok akan berjalan sulit bagi kita. Terlebih lagi motivasi yang mereka miliki sedang tinggi-tingginya karena hasil pertandingan sebelumnya. Seperti yang kita semua tahu, Bali United adalah tim yang kuat," ujarnya dalam sesi jumpa pers pra-pertandingan, Rabu sore (8/2/2023).

1. Bernardo Tavares menyebut sudah ada perubahan terjadi dalam Barito Putera

Jumpa Barito Putera, Pelatih PSM Waspadai Motivasi Tinggi Tim LawanPelatih kepala PSM Makassar, Bernardo Tavares. (Dok. PT Liga Indonesia Baru)

Sebagai bagian persiapan, Tavares mengaku sudah mempelajari gaya bermain Barito lewat rekaman. Resep menghentikan Laskar Antasari pun sudah dikantongi, tapi para pemain tetap menentukan hasil akhir.

"Saya sudah menganalisa Barito Putera. Dan biasanya kita melihat bagaimana gaya permainan lawan dalam 8 sampai 9 pertandingan terakhir," jelas Tavares.

"Saya melakukan ini memang untuk mengetahui karakter-karakter pemain mereka, dinamika dari sistem yang mereka terapkan, serta pergerakan-pergerakan yang cenderung mereka lakukan," sambung pemilik lisensi Pro UEFA tersebut.

2. Pelatih dan pemain baru jadi senjata anyar Laskar Antasari

Jumpa Barito Putera, Pelatih PSM Waspadai Motivasi Tinggi Tim LawanPara pemain Barito Putera merayakan gol ke gawang Bali United dalam laga pekan ke-23 BRI Liga 1 2022-23 yang berlangsung di Stadion Maguwoharjo Sleman, 5 Februari 2023. (Dok. PT Liga Indonesia Baru)

Di sisi lain, tim tamu diakui sudah sangat berbeda ketimbang saat keduanya saling jajal lada 10 Januari silam. Mulai dari sosok pelatih kepala hingga pengisi pos ujung tombak. Semuanya baru, dan mungkin sudah menyiapkan kejutan.

"Pelatih mereka sudah berganti digantikan, ada juga pemain Jepang (Ryota Noma) yang masuk untuk memberikan kekuatan baru kepada mereka. Ada juga pemain nomor 11 (Gustavo Tocantins) dan 19 (Dendi Agustan Maulana) yang memberi kualitas ekstra kepada tim ini," papar Tavares.

Barito Putra sedang ditangani oleh careteker Isnan Ali. Sebelumnya, Rodney Goncalves dipecat pada 2 Februari 2023 alias cuma bekerja selama lima bulan. Juru latih berpaspot Brasil tersebut didepak lantaran belum bisa membawa timnya keluar dari zona degradasi.

Baca Juga: Statistik Kenzo Nambu, Mesin Gol Andalan PSM Makassar

3. Hasil positif harus diraih demi menghibur para fans yang hadir langsung

Jumpa Barito Putera, Pelatih PSM Waspadai Motivasi Tinggi Tim LawanPesepak bola Barito Putera Kahar (tengah) berebut bola dengan pesepak bola PSM Makassar Agung Mannan (dua kiri) dalam pertandingan lanjutan BRI Liga 1 di Stadion Demang Lehman, Martapura, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, Selasa (10/1/2023). ANTARA FOTO/Bayu Pratama S/rwa.

Sementara itu, winger Rizky Eka Pratama siap bekerja lebih keras lagi dari pekan sebelumnya demi akan terus memberi yang terbaik. Hasil maksimal dibidik, terlebih mereka bermain di hadapan para suporter.

"Setiap pelatih memberi kepercayaan kepada saya, maka saya akan terus memaksimalkan dan terus memberi dan menampilkan yang terbaik di atas lapangan," papar pemilik nomor punggung 24 tersebut.

Pada laga ini, PSM tak bisa turun dengan empat pemain. Yakob Sayuri serta Safrudin Tahar terkena sanksi hukuman kartu. Kemudian duo Sulthan Zaky - Dzaky Asraf jalani pemusatan latihan Timnas U-20 di Jakarta.

Baca Juga: Jadwal Pertandingan PSM Kembali Berubah, Termasuk Tiga Laga Kandang

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya