Comscore Tracker

Joop Gall Puji Dua Pemain Muda PSM saat Lawan Persik

Prince Patrick Kallon akhirnya mencatatkan debut profesional

Makassar, IDN Times - PSM Makassar bermain imbang 0-0 kontra Persik Kediri pada Selasa kemarin (18/1/2022). Namun banyak suporter memuji langkah Joop Gall menurunkan dua pemain muda hasil binaan akademi.

Gelandang Rafli Asrul turun di awal babak kedua mengganti Delvin Rumbino. Lalu pada menit ke-65, winger Rizky Eka Pratama ditarik keluar. Sebagai gantinya, Prince Patrick Kallon masuk dan mengisi pos sayap kiri.

Bagi Rafli, ini adalah penampilan keduanya. Anak muda 17 tahun tersebut sebelumnya debut di partai pekan ke-18 kontra Madura United. Sedangkan Patrick Kallon tampil untuk kali pertama sejak "naik kelas" pada tahun 2020.

Baca Juga: Gagal Menang Lagi, Apa yang Kurang dari Permainan PSM?

1. Joop Gall menyebur Rafli Asrul dan Patrick Kallon tampil baik selama latihan

Joop Gall Puji Dua Pemain Muda PSM saat Lawan PersikPemain PSM Makassar M. Rafli Asrul (kiri) berebut bola dengan pemain Persik Kediri Risna Prahalabenta (kanan) saat pertandingan Liga 1 di Stadion I Gusti Ngurah Rai, Denpasar, Bali, Selasa (18/1/2022). (ANTARA FOTO/Fikri Yusuf)

Berbicara dalam sesi jumpa lers virtual selepas waktu normal, pelatih kepala PSM Joop Gall mengaku cukup puas dengan penampilan Rafli dan Patrick. Terlebih mereka tampil cukup baik selama masa persiapan jelang bersua Macan Putih.

"Saya tipe pelatih yang menilai apa yang para pemain lakukan di latihan. Saya akan memasukkan pemain ketika mereka menunjukkan performa bagus di sesi latihan," katanya.

"Saat mereka tampil baik, berusaha maksimal dan menunjukkan kemampuan yang dimiliki, itu semua jadi bahan penilaian saya," imbuhnya.

2. Berharap jadi pesan positif bagi para anggota akademi PSM lainnya

Joop Gall Puji Dua Pemain Muda PSM saat Lawan PersikPelatih kepala PSM Makassar, Joop Gall, saat memimpin sesi latihan tim di Lapangan Karya Manunggal Sidakarya, Denpasar, 7 Januari 2022. (Instagram.com/psm_makassar)

Selama putaran pertama, mantan pelatih Milomir Seslija memang kerap dikritik lantaran jarang menurunkan para jebolan akademi. Padahal, beberapa nama turut diboyong dalan skuad selama tiga seri awal. Seperti Edgard Amping, Renaldi, M. Fitrah Ramadhan dan Muhammad Farhan.

Joop Gall berharap ini menjadi pesan bagus bagi talenta lokal dan pemain akademi PSM lainnya.

"Ini juga memberi sinyal bagi anak-anak muda Makassar bahwa mereka punya kesempatan menembus tim di PSM Makassar. Tentu jika punya skill, kemauan kuat, bekerja keras dan talenta," papar pelatih asal Belanda itu.

3. Meski senang bisa debut, Patrick Kallon mengakui performanya belum maksimal

Joop Gall Puji Dua Pemain Muda PSM saat Lawan PersikPemain PSM Makassar Prince Patrick Kallon dalam sesi latihan di Lapangan Karya Manunggal Sidakarya, Denpasar, 12 Januari 2022. (Instagram.com/psm_makassar)

Berbicara dalam kesempatan yang sama, Prince Patrick Kallon mengaku senang jalani debut. Meski hasil akhir tak seperti yang diharapkan, winger 19 tahun itu bertekad tampil lebih baik jika kembali diberi kesempatan merumput.

"Saya sangat senang bisa dimainkan oleh coach. Dan saya sangat berterima kasih. Untuk penampilan tadi, saya rasa masih belum memuaskan. Saya akan berlatih lebih keras. Dan ke depannya, saya berharap bisa tampil lebih berbahaya," ungkapnya.

Patrick Kallon adalah putra dari Musa Kallon, gelandang asing asal Sierra Leone yang ramaikan pentas Ligina dekade 1990-an akhir. Musa sempat memperkuat PSM di musim 1996/97.

Baca Juga: Demi Jadi Pelatih PSM Makassar, Joop Gall Rela Tak Pulang Kampung

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya