Jelang Liga 3 Putaran Nasional, Gasma Enrekang Resmikan Logo Baru

Hasil dari sayembara yang diadakan oleh manajemen klub

Makasssar, IDN Times - Jelang Putaran Nasional Liga 3 2021/22, juara dari Zona Sulawesi Selatan (Sulsel) yakni Gasma Enrekang resmi mengganti logo klub. Perubahan ini diumumkan lewat akun Instagram resmi mereka, @gasma.ekg, pada Jumat lalu (28/1/2022).

Logo tersebut adalah hasil dari sayembara dari 10 hingga 20 Januari silam, dengan hadiah senilai Rp2 juta. Logo ciptaan seniman Muhammad Muflih Syamsi terpilih sebagai pemenang dari puluhan peserta.

1. Logo baru Gasma diciptakan seniman Muhammad Muflih Syamsi

Jelang Liga 3 Putaran Nasional, Gasma Enrekang Resmikan Logo BaruPotret Muhammad Muflih Syamsi, seniman pemenang sayembara logo baru Gasma Enrekang. (Dok. Pribadi)

Saat dihubungi IDN Times pada Sabtu sore (29/1/2022), Muflih Syamsi mengaku merasa terhormat bisa memberi warna baru dalam perjuangan Laskar Massenrempulu. Terlebih ia juga "akamsi" Enrekang.

"Alhamdulillah saya sangat bangga bisa membuat logo (klub) sepak bola dari daerah saya sendiri," ujarnya.

"Saya juga apresiasi klub kebanggaan masyarakat Enrekang yang telah juara Liga 3 Zona Sulsel dan melanjutkan perjuangan ke putaran nasional," imbuh pria yang juga berprofesi sebagai desainer grafis.

Karya Muflih mengganti logo lama berupa lambang Kabupaten Enrekang yang sudah digunakan sejak era Perserikatan.

2. Proses pembuatannya memakan waktu enam hari

Jelang Liga 3 Putaran Nasional, Gasma Enrekang Resmikan Logo BaruSejumlah variasi logo baru klub Liga 3 yakni Gasma Enrekang. (Instagram.com/gasma.ekg)

Meski terlihat modern, logo anyar Gasma tak menghilangkan beberapa unsur di versi lama. Ungu sebagai warna kebesaran masih dominan. Lalu ada juga siluet Buttu Kabobong atau Gunung Nona, salah satu obyek wisata tersohor di Enrekang.

Muflih mengaku butuh waktu sekitar lima hari untuk menggambar sketsa dan pola. Kemudian satu hari untuk proses mengedit dan menambahkan fitur. Lahir di Enrekang membuatnya tahu betul apa saja yang dibutuhkan logo baru tersebut.

"Inspirasinya datang dari diri sendiri sebenarnya, karena kebetulan saya juga pegiat kesenian di Makassar," paparnya.

"Saya juga sering melakukan penelitian tentang gambar, bentuk, pola dan kebudayaan yang ada di Enrekang," sambung Muflih.

Baca Juga: Mengenal Gasma dan Alesha FC, Wakil Sulsel di Liga 3 Nasional

3. Sang kreator logo berharap Gasma bisa melaju jauh di putaran nasional

Jelang Liga 3 Putaran Nasional, Gasma Enrekang Resmikan Logo BaruPara pemain Gasma Enrekang berpose sebelum laga uji coba kontra klub lokal PS Baraka di Lapangan Sepak Bola Baraka di Kabupaten Enrekang, Rabu 26 Januari 2022. (Instagram.com/gasma.ekg)

Berbicara sebagai suporter, Muflih berharap anak asuh Deny Tarkas itu bisa melaju jauh di putaran nasional Liga 3 2021/22. Meski datang dengan status jawara Sulsel, ia meminta seluruh pemain Gasma tetap rendah hati di lapangan hijau.

"Semangat untuk melanjutkan ke Liga 3 Nasional. Tunjukkan hasil terbaik dan banggakan nama Kabupaten Enrekang dan Sulawesi Selatan di kancah nasional," pungkasnya.

Pada putaran nasional, Gasma berada di Grup L bersama Persidago Gorontalo, PS Bima Sakti asal NTB dan PSLS Lhokseumawe.

Baca Juga: Drawing Babak 64 Besar Liga 3: Gasma-Alesha FC Hadapi Para Jawara

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya