Jajal Madura United, Pelatih PSM Minta Suporter Merahkan Parepare

Aliansi suporter juga siap kembali memenuhi kandang Juku Eja

Makassar, IDN Times - Tanpa kemenangan dalam empat pertandingan terakhir, PSM Makassar tampaknya sedang dirundung kesialan berlipat. Terakhir, mereka dicukur Sabah FC dengan skor fantastis lima gol tanpa balas saat berhadapan di AFC Cup, Kamis kemarin (5/10/2023).

Alhasil, pelatih PSM Makassar Bernardo Tavares kembali mengungkit peran besar suporter untuk mendongkrak permainan tim. Ia mengirim pesan kepada para pendukung untuk datang langsung memenuhi kandang pada laga lanjutan Liga 1 melawan Madura United, Minggu besok (8/10/2023).

Baca Juga: PSM Makassar Jadi Bulan-bulanan lagi di Pentas Asia setelah 18 Tahun

1. Saat ini PSM Makassar hanya berjarak empat anak tangga dari zona degradasi

Jajal Madura United, Pelatih PSM Minta Suporter Merahkan ParepareSalah satu momen laga pekan ke-25 BRI Liga 1 2022-23 antara PSM Makassar versus Persik Kediri yang berlangsung di Stadion Gelora BJ Habibie Parepare, 19 Februari 2023. (Dok. PT Liga Indonesia Baru)

"Dukungan pendukung kami akan sangat penting, untuk memberi energi tambahan kepada para pemain pada masa-masa sulit seperti yang kami alami sekarang," kata Tavares pada jumpa pers usai melawan Sabah FC di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar, Kamis.

Kondisi Juku Eja di papan klasemen Liga 1 sendiri sedang genting. Mereka duduk di posisi 12 klasemen sementara, dengan koleksi 18 poin. Hanya berjarak empat anak tangga dari tepi zona degradasi alias peringkat 16.

2. Meski kalah telak atas Sabah FC, Tavares mengapresiasi suporter yang hadir

Jajal Madura United, Pelatih PSM Minta Suporter Merahkan PareparePesepak bola PSM Makassar Muhammad Rizky Pratama (kiri) berebut bola dengan pesepak bola Sabah FC Darren Lok (kanan) saat pertandingan Grup H Piala AFC 2023/2024 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Kamis (5/10/2023). ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/Spt.

Apresiasi juga ia layangkan kepada sekitar 200 suporter PSM yang jauh-jauh menuju Bali, baik melalui perjalanan laut atau udara. Ia mengakui kekalahan telak ini bukan hasil yang diinginkan. Tapi, Tavares berharap mereka kembali hadir untuk membawa Muhammad Arfan dkk bangkit dari keterpurukan.

"Terima kasih banyak kepada para pendukung yang datang ke stadion untuk mendukung kami. Ini adalah hasil yang tidak begitu baik. Tapi kami melihat dukungan sejati dari para pendukung PSM Makassar," tutur pelatih asal Portugal tersebut.

3. Sinyal positif datang dari aliansi suporter selepas bertemu CEO Sadikin Aksa

Jajal Madura United, Pelatih PSM Minta Suporter Merahkan PareparePesepak bola PSM Makassar Everton Nascimento (kanan) berebut bola dengan pesepak bola Persib Bandung Alberto Rodriguez (tengah) pada laga lanjutan BRI Liga 1 2023/2024 di Stadion Gelora BJ Habibie, Parepare, Sulawesi Selatan, Sabtu (22/7/2023) malam. ANTARA FOTO/Erick Didu/ap/YU

Ibarat gayung bersambut, sikap aliansi suporter PSM sudah melunak. Dalam pertemuan dengan CEO Sadikin Aksa pada Rabu malam (4/10/2023), pihak manajemen menegaskan segera mengevaluasi beberapa hal yang menjadi tuntutan. Salah satunya persoalan harga tiket yang dianggap selangit.

"Komitmen kawan-kawan suporter untuk kembali mendukung PSM Makassar sangatlah besar, dan berharap Stadion Gelora B.J. Habibie Parepare kemudian dipenuhi kembali dengan gemuruh suporter dan para pencinta PSM," ujar Muh. Agus Salim selaku Ketua PN-SSI Sulawesi dalam keterangan tertulis.

Baca Juga: Catatan Para Striker PSM Makassar Jelang Paruh Musim, Masih Seret Gol

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya