Comscore Tracker

Jadi Juara Piala Indonesia 2018-19, PSM Makassar Kebanjiran Bonus

Ada hadiah uang tunai selain satu tiket ke AFC Cup 2020

Makassar, IDN Times - Sukacita kemenangan di ajang Piala Indonesia 2018-19 rupanya belum selesai. Setelah mengakhiri penantian gelar juara hajatan sepak bola nasional, pundi kocek seluruh penggawa PSM dipastikan bertambah.

Bonus sudah menunggu seluruh pemain, ofisial, pelatih kepala plus asisten sebagai imbalan atas perjuangan sekuat tenaga yang dimulai saat bertandang ke markas Persiter Ternate pada Babak 64 Besar.

Nah, berapa total yang bakal mereka terima? Manajemen Juku Eja sejak jauh hari menyatakan kesiapan kucurkan bonus besar jika PSM membawa trofi ke Makassar. Namun, CEO PSM yakni Munafri Arifuddin enggan memberi rincian nominal.

1. Hadiah senilai Rp3 miliar jadi milik PSM setelah menggondol titel juara

Jadi Juara Piala Indonesia 2018-19, PSM Makassar Kebanjiran BonusIDN Times/Achmad Hidayat Alsair

Sejak jumlah pemberian manajemen berstatus rahasia, publik yang penasaran bisa mengalihkan pandang ke deretan fulus dari PSSI selaku penyelenggara kejuaraan yang sempat vakum selama lima tahun tersebut.

Seperti yang sudah ditetapkan induk sepak bola nasional saat menggulirkan Piala Indonesia pada Mei 2018 silam, tim juara diguyur uang hadiah Rp3 miliar selain satu tiket ke babak play-off alias kualifikasi AFC Cup 2020.

Selain itu, tiga kesebelasan lain yang sudah melaju jauh juga tak perlu berkecil hati. Persija selaku runner-up dan juara tiga --Borneo FC dan Madura United-- berhak atas masing-masing uang tunai Rp2 miliar dan Rp1,5 miliar.

2. Ada juga match fee disediakan PSSI sejak Babak 128 Besar

Jadi Juara Piala Indonesia 2018-19, PSM Makassar Kebanjiran BonusANTARA FOTO/Sahrul Manda Tikupadang

Selain bonus untuk para finalis, match fee alias insentif yang disediakan PSSI bagi seluruh klub yang terjun ke Piala Indonesia lebih dulu dikucurkan sejak Babak 128 Besar atau babak penyisihan pertama.

Rinciannya yakni Rp100 juta di fase pembuka dan Rp125 juta pada Babak 64 Besar. Nominal tersebut juga dibagi kepada dua tim yang berlaga yakni 40% untuk tim tuan rumah dan 60% untuk tim tamu, lantaran dua babak tersebut digelar dalam format satu leg.

Semakin jauh laju kesebelasan, semakin besar pula match fee diperoleh. Sistem kandang-tandang membuat pembagiannya merata. Babak 32 Besar menyediakan Rp150 juta, Babak 16 Besar senilai Rp200 juta dan terakhir Babak 8 Besar alias Perdelapan Final berjumlah Rp250 juta. 

3. Bonus berlipat ganda diharap menjadi suntikan motivasi agar Juku Eja lebih berprestasi

Jadi Juara Piala Indonesia 2018-19, PSM Makassar Kebanjiran BonusANTARA FOTO/Abriawan Abhe

Dengan fakta-fakta di atas, kita bisa mengkalkulasikan jumlah match fee dari PSSI untuk PSM. Dengan sebelas partai yang dijalani --dan dijumlahkan bonus sebagai juara--, maka total uang yang diperoleh dari Piala Indonesia ini senilai Rp3.675.000.000 (Rp3,6 miliar). Angka tersebut belum termasuk jumlah yang sudah disediakan oleh manajemen.

Bonus pun dibagi ke seluruh pemain berdasarkan menit bermain dan kontribusinya untuk keberhasilan PSM akhiri puasa gelar selama 19 tahun. Nah, Zulham Zamrun dan Asnawi Mangkualam Bahar bisa lebih sumringah berkat gelar individu.

ZZ7 yang menggondol gelar Pemain Terbaik dan Top Skorer mendapat masing-masing cek senilai Rp75 juta sehingga totalnya menjadi Rp150 juta. Adapun sang bek kanan andalan Garuda Muda kantongi Rp75 juta.

Semoga banjir bonus ini meningkatkan motivasi PSM agar lebih berprestasi, ya. Ewako!

Topic:

  • Ach. Hidayat Alsair
  • Irwan Idris

Just For You