Hitung-Hitungan Kans PSM Makassar Juara Liga 1 Musim Ini

Juku Eja kini berjarak 13 poin dari pesaing terdekat

Makassar, IDN Times - PSM Makassar memperpanjang catatan kemenangan beruntun mereka menjadi 9 pertandingan setelah mengalahkan Persikabo 1973 dengan skor tipis 0-1, Kamis (9/3/2023). Koleksi poin mereka kini mencapai 65, membuat posisinya semakin kokoh di puncak klasemen sementara.

Pasukan asuhan Bernardo Tavares mampu memanfaatkan kekalahan dua pesaing terdekat mereka, yaitu Persib Bandung dan Persija Jakarta. Persib Bandung secara mengejutkan kalah 0-2 dari Persik Kediri di kandang sendiri, sedangkan Persija Jakarta menelan kekalahan 3-1 saat bertandang ke markas Borneo FC Samarinda.

Selisih poin antara PSM dan Persib sebagai runner-up semakin lebar menjadi 13 poin. Karena Persib, yang meski punya tabungan pertandingan, baru mengumpulkan 52 poin. 

Dengan hanya lima pertandingan tersisa di Liga 1, banyak pihak mulai memprediksi bahwa Juku Eja bisa keluar sebagai juara. Namun, apakah PSM bisa memastikan gelar juara lebih cepat atau harus menunggu hingga pekan penutup? Simak hitung-hitungan peluang juara tiga tim Liga 1 musim ini.

Baca Juga: Menang 0-1 Atas Persikabo, Tavares: Ini Penampilan Terburuk PSM!

1. PSM Makassar: Kans buka puasa gelar liga kian besar

Hitung-Hitungan Kans PSM Makassar Juara Liga 1 Musim IniPemain PSM Makassar melakukan selebrasi gol ke gawang PSIS Semarang pada pertandingan Liga 1 di Stadion Sultan Agung, Bantul, DI Yogyakarta, Senin (19/12/2022). ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah/tom.

Dibanding dua pesaing terdekat, PSM bisa bernapas lebih lega lantaran jadwal yang tak terlalu padat. Mereka bisa melakukan recovery saat jeda internasional, di mana tim-tim tanpa laga tunda akan beristirahat mulai dari 20-28 Maret mendatang.

Lawan PSM pada Senin pekan depan, Persita, bisa menjadi batu sandungan. Sebab, Pendekar Cisadane sedang menikmati tren tak terkalahkan dalam 8 laga terakhir. Menang akan menjadi hasil maksimal, meski imbang sudah sangat bagus.

Tiga poin berpotensi dipetik saat menjamu Bhayangkara FC di Parepare. Tapi, ujian baru terasa di pekan ke-32, saat mereka melawat ke markas Madura United. PSM sendiri tak pernah menang di rumah Laskar Sape Kerrab, dan bisa jadi terus berlanjut

Kemenangan mungkin baru bisa dipetik saat menantang anak-anak Semarang di Jatidiri. Ini tak lepas dari fakta bahwa performa PSIS belum stabil. Poin penuh juga akan diraih anak asuh Bernardo Tavares saat menjamu tim tamu Borneo FC di pekan penutupan.

Poin saat ini: 65

Perkiraan poin akhir: 75

Lima pertandingan selanjutnya:

  • Persita Vs PSM, Indomilk Arena Tangerang, Senin 13 Maret 2023
  • PSM Vs Bhayangkara FC, Stadion Gelora BJ Habibie Parepare, Jumat 17 Maret 2023
  • Madura United Vs PSM, Stadion Gelora Ratu Pamelingan Pamekasan, Jumat 31 Maret 2023
  • PSIS Vs PSM, Stadion Jatidiri Semarang, Kamis 6 April 2023
  • PSM Vs Borneo FC, Stadion Gelora BJ Habibie Parepare, TBA

2. Persib Bandung: Dibayangi kelelahan akibat jadwal padat

Hitung-Hitungan Kans PSM Makassar Juara Liga 1 Musim IniPesepakbola Persib Bandung Ciro Alves (tengah) melakukan seleberasi usai mencetak gol ke gawang PSS Sleman saat bertanding dalam lanjutan BRI Liga 1 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api di Gedebage, Bandung, Jawa Barat, Minggu (5/2/2023). ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/YU

Persib akan "tersiksa" lantaran jadwal padat, imbas dari faktor non-teknis yang iringi kompetisi musim ini. Pekan depan, mereka akan menantang Persebaya di Gresik. Bajul Ijo akan all out lantaran tak ingin dipermalukan di rumah sendiri, terlebih baru saja kena bekuk 2-1 dari Barito Putera. Persib berpotensi kembali menelan kekalahan.

Anak asuh Luis Milla kemungkinan besar akan menyapu bersih dua laga kandang beruntun, yakni saat menjamu Dewa United dan Bhayangkara FC. Tapi, big match sekaligus partai tunda kontra Persija akan menjadi ujian sesungguhnya. Jika laga tersebut berlangsung dengan penonton, Maung Bandung kemungkinan besar menelan hasil pahit.

Kans mereka juga akan sulit saat berhadapan dengan Persis yang dikenal tak canggung di kandang lawan. Kombinasi Ryo Matsumura - Fernando Rodriguez begitu maut di situasi counter attack. Jika tak kunjung membenahi fokus untuk serangan balik, Persib akan kembali menelan kekalahan kedua secara beruntun.

Di pekan ke-33, Persita akan memberi kejutan jika tampil tanpa beban. Tapi, imbang akan menjadi hasil yang sepadan. Persib akan menutup perjalanan di musim 2022-23 dengan kemenangan atas Persikabo, sang "pemilik asli" Pakansari.

Poin saat ini: 52

Perkiraan poin akhir: 62

Tujuh pertandingan selanjutnya:

  • Persebaya Vs Persib, Stadion Gelora Joko Samudro Gresik, Senin 13 Maret 2023
  • Persib Vs Dewa United, Stadion Pakansari Cibinong Kab. Bogor, Senin 20 Maret 2023
  • Persib Vs Bhayangkara FC, Stadion Pakansari Cibinong Kab. Bogor, Jumat 24 Maret 2023
  • Persija Vs Persib, Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta, Jumat 31 Maret 2023
  • Persib Vs Persis, Stadion Pakansari Cibinong Kab. Bogor, Selasa 4 April 2023
  • Persita Vs Persib, Indomilk Arena Tangerang, Minggu 9 April 2023
  • Persib Vs Persikabo 1973, Stadion Pakansari Cibinong Kab. Bogor, TBA

3. Persija Jakarta: Mengintip celah untuk menyalip sang rival

Hitung-Hitungan Kans PSM Makassar Juara Liga 1 Musim IniPesepak bola Persija Jakarta Ondrej Kudela (kiri) melakukan selebrasi bersama rekannya usai mencetak gol ke gawang Rans Nusantara FC pada pertandingan lanjutan Liga 1 di Stadion Patriot Chandrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Jumat (3/2/20223). ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah/tom.

Tak cuma Persib, Persja juga harus pintar-pintar melakukan rotasi untuk menyiasati masalah kelelahan. Tapi, dampaknya kemungkinan akan terlihat pada laga pekan depan melawan Persik. Sang Macan Putih sedang menikmati tren sapu bersih empat laga beruntun. Divaldo Alves mulai mendapat formula yang tepat untuk Persik.

Mereka baru bangkit meraih kemenangan dalam laga kandang lawan PSIS, tapi berpotensi kehilangan poin penuh saat melawat ke markas Persita yang sedang di atas angin. Big match melawan rival, Persib, juga akan menjadi ajang balas dendam setelah kekalahan 1-0 di putaran pertama. Kemenangan kemungkinan bisa mereka rengkuh atas Pangeran Biru.

Inkonsistensi rentan mendera Macan Kemayoran jelang musim ini tutup tirai. Persebaya berpotensi memberi kesulitan pada anak-anak Jakarta. Begitu juga dengan Dewa United pada pekan ke-33. Jika berusaha lebih keras, mereka akan mendulang sepasang hasil imbang atau malah bisa memenangi salah satunya.

Namun, poin penuh atas PSS yang performanya ibarat roller coaster akan menjadi penutup manis musim pertama Thomas Doll bersama Persija.

Poin saat ini: 51

Perkiraan poin akhir: 62

Tujuh pertandingan terakhir:

  • Persik Vs Persija, Stadion Brawijaya Kediri, Minggu 12 Maret 2023
  • Persija Vs PSIS, Stadion Wibawa Mukti Cikarang, Kamis 16 Maret 2023
  • Persita Vs Persija, Indomilk Arena Tangerang, Selasa 28 Maret 2023
  • Persija Vs Persib, Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta, Jumat 31 Maret 2023
  • Persebaya Vs Persija, Stadion Gelora Joko Samudro Gresik, Rabu 5 April 2023
  • Dewa United Vs Persija, Indomilk Arena Tangerang, Senin 10 April 2023
  • Persija Vs PSS, Stadion Wibawa Mukti Cikarang, TBA

4. Pasukan Ramang bisa berpesta lebih cepat, dengan catatan...

Hitung-Hitungan Kans PSM Makassar Juara Liga 1 Musim IniPesepak bola PSM Makassar Everton Nascimento melakukan selebrasi di depan suporter usai mencetak gol ke gawang Persis Solo pada laga BRI Liga 1 di Stadion Gelora BJ Habibie, Parepare, Minggu 5 Maret 2023. ANTARA FOTO/Erick Didu/ABHE/YU

Berdasarkan hitung-hitungan, PSM sebenarnya bisa memastikan diri menjadi juara meski Liga 1 masih sisakan beberapa pertandingan. Syaratnya, mereka harus meraih dua kemenangan lagi. Tambahan enam poin membuat koleksi angka Wiljan Pluim dkk jadi 71.

Dengan perolehan 71 poin, ditambah skenario Persib serta Persija juga sanggup menyapu bersih dua laga dalam waktu bersamaan (masing-masing jadi 58 dan 57 poin), PSM bisa langsung berpesta sebab jarak 13 poin sudah mustahil terkejar.

Tak ayal, suporter Juku Eja kini harap-harap cemas menunggu hasil laga kontra Persita (pekan ke-30) dan versus Bhayangkara FC (pekan ke-31). Terlebih mereka hanya menyisakan dua laga kandang saja di sisa musim 2022-23. Tapi, semua masih bisa terjadi, sebab persaingan juara turut melibatkan energi dan mental.

Baca Juga: PSM Makassar Perbesar Asa Juara Liga 1 2022/23

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya