Comscore Tracker

Hadapi Jadwal Padat, Pelatih PSM Siapkan Rotasi di Tim Utama

Sejumlah pemain bakal diberi kesempatan untuk unjuk gigi

Makassar, IDN Times - Pasca vakansi selama lebih dari dua pekan, PSM langsung menyongsong jadwal yang luar biasa padat. Ada yang terdekat, yakni semi final Zona Asia Tenggara AFC Cup 2019, Shopee Liga 1 2019 serta babak empat besar Piala Indonesia 2018/19 yang diputar pada Sabtu 29 Juni mendatang.

Sang pelatih, Darije Kalezic, kini tengah memutar otak menyiasati skedul bertubi-tubi minim masa recovery memadai. Ia kini memberi sinyal bahwa seluruh penggawa Juku Eja, baik yang langganan starter hingga penghangat bangku cadangan, bakal diberi kesempatan unjuk gigi. Ya, opsi rotasi jadi siasat utama.

Baca Juga: Jalan Panjang PSM Makassar dalam Merajai Sepak Bola Indonesia

1. Darije Kalezic dikenal memang tak ragu membongkar pasang skuad inti

Hadapi Jadwal Padat, Pelatih PSM Siapkan Rotasi di Tim UtamaInstagram.com/psm_makassar

Kalezic agaknya tak ragu melakukan bongkar-pasang starter. Hal tersebut sudah dilakoninya beberapa bulan silam, tatkala PSM terjun ke Piala Presiden meski tengah menjalani pekan-pekan awal babak penyisihan Grup H AFC Cup. Partai kontra Lao Toyota pada pertengahan Mei lalu juga jadi contoh utama keberhasilan rotasi.

"Para pemain rotasi sudah menunjukkannya di laga kontra Lao Toyota dan PS TIRA. Mereka saling menutupi dan mengganti peran masing-masing. Kami kini harus memastikan kondisi pemain jelang tiga kompetisi yang bakal dijalani. Tak banyak klub di dunia ini yang sanggup melakukannya," pungkas pria berpaspor Swiss tersebut pada hari Kamis (13/5).

Baca Juga: Belum Lama di PSM, Darije Kalezic Diincar oleh Tim Eredivisie Belanda

2. Seluruh penggawa Juku Eja bakal diberi giliran unjuk gigi selama tiga pekan mendatang

Hadapi Jadwal Padat, Pelatih PSM Siapkan Rotasi di Tim UtamaInstagram.com/psm_makassar

Jaga fokus dan kebugaran setiap pemain, hal tersebut kini ada di lembar teratas catatan Kalezic. Tim kepelatihan pun dipastikan bekerja ekstra keras ketimbang saat skedul masih jauh dari kata padat merayap. Ada prestasi yang juga tengah dibidik. PSM jadi satu-satunya wakil Indonesia tersisa di helatan tingkat benua, bercokol di papan atas Liga 1, plus untuk pertama kalinya mengecap semi final sepanjang keikutsertaan di Piala Indonesia.

Kini sosok 49 tahun itu meminta Wiljan Pluim cs segera mengembalikan kondisi pasca kerja keras selama 90 menit. Selain itu, ia pun mewanti-wanti para pemain cadangan untuk benar-benar total selama latihan, layaknya tengah berada dalam sebuah pertandingan. Di masa-masa seperti ini, setiap nama amat berharga.

3. Pasukan Ramang bertolak ke Vietnam pada Senin (16/6) pekan depan

Hadapi Jadwal Padat, Pelatih PSM Siapkan Rotasi di Tim UtamaLiga-Indonesia.id

Laga terdekat dalam kalender ialah leg pertama AFC Cup 2019. Pasukan Ramang bakal melawat ke Stadion Go Dau, markas sang runner-up Grup G Becamex Binh Duong, Rabu (18/6) pekan depan. Mereka dijadwalkan bertolak dari Makassar menuju Ho Chi Minh City pada hari Senin (16/8) ini.

Kalezic mengaku telah mengantongi sebanyak 18 nama yang bakal turut serta dalam rombongan ke Negeri Paman Ho. Namun Saldi dipastikan tak tercantum dalam daftar tersebut. Si winger muda harus menepi ke meja perawatan selama beberapa pekan akibat cedera kaki yang mendera sejak pekan lalu.

Sementara itu, para pemain yang absen di latihan perdana telah bergabung sejak hari Kamis (13/6). Mereka antara lain Asnawi Bahar Mangkualam, Bayu Gatra dan Marc Klok.

Topic:

  • Ach. Hidayat Alsair
  • Ita Lismawati F Malau

Just For You