Comscore Tracker

Efek Asnawi dan Netizen Indonesia Dongkrak Popularitas Liga Korsel

Ansan Greeners jadi akun klub K League terpopuler ketiga

Makassar, IDN Times - Asnawi Mangkualam kian nyetel bersama Ansan Greeners. Bersua pemuncak klasemen Daejeon Hana Citizen pada pekan ke-8 K League 2 (Liga 2 Korea Selatan), Sabtu lalu, 24 April 2021, ia menyumbang asis atas gol semata wayang The Green Wolves pada laga tersebut.

Turun sejak menit pertama, Asnawi dipercaya pelatih kepala Kim Gil-sik untuk bermain penuh selama 90 menit. Sang jebolan tim junior PSM Makassar menjadi arsitek gol yang dilesakkan Sim Jae-min di menit ke-81.

Tak sampai di situ, Asnawi mendapat sepasang kesempatan mencetak gol. Ia pun turut mengirim dua crossing yang bisa dikonversi menjadi peluang oleh rekan setimnya.

1. Video unggahan aksi Asnawi Mangkualam dan Ansan Greeners rutin kumpulkan ratusan ribu viewers

Efek Asnawi dan Netizen Indonesia Dongkrak Popularitas Liga KorselTangkapan layar video cuplikan penampilan Asnawi Mangkualam dalam laga Ansan Greeners kontra Daejeon Hana Citizen yang diunggah kanal YouTube K LEAGUE. (YouTube.com)

Seiring waktu, ekspos sepak bola Negeri Ginseng di Indonesia kian besar. Ini terbukti dari jumlah penonton seluruh unggahan cuplikan penampilan Asnawi --semua dilengkapi subtitle Indonesia-- dan Ansan Greeners di kanal YouTube resmi K LEAGUE yang selalu di atas 100 ribu viewers.

Video highlight laga pekan kelima K League 2 saat Busan IPark menjamu Ansan pada 3 April 2021, sekaligus debut Asnawi di pentas liga, ditonton 184 ribu kali. Video yang khusus merampung penampilan Asnawi pada debutnya bahkan mendapat 686 ribu views, 5.500 likes dan 1.084 komentar.

Namun yang paling menarik perhatian adalah rangkuman khusus unjuk gigi Asnawi dalam laga kontra Daejeon pekan lalu. Video berdurasi 8 menit itu telah ditontoh lebih dari 1 juta kali, mendapat 14 ribu likes dan sekitar 3 ribu komentar.

Angka yang dikumpulkan jauh lebih banyak ketimbang hightlight duel si pemuncak klasemen K League 1, Jeonbuk Hyundai Motors, dengan Gangwon FC. Video laga yang berkesudahan 1-1 tersebut cuma ditonton sebanyak 66 ribu kali.

2. Peningkatan pesat subscriber kanal YouTube resmi K League dalam waktu sebulan terakhir

Efek Asnawi dan Netizen Indonesia Dongkrak Popularitas Liga KorselPara suporter Ansan Greeners yang datang langsung mendukung di Ansan Wa~ Stadium dalam laga kontra Daejeon Hana Citizen pada Sabtu 24 April 2021. (Facebook.com/안산 그리너스 FC - Ansan Greeners FC)

Dalam data yang dirangkum SocialBlade.com, K LEAGUE mengalami peningkatan dari segi subscribers hingga views. Per hari Rabu 28 April 2021, kanal YouTube khusus dua kasta tertinggi sepak bola Korsel tersebut mendapat 21 ribu subcriber baru dalam waktu kurang dari sebulan atau meningkat 16,7 persen.

Angka tontonannya pun menanjak drastis. Total views yang terkumpul naik 39,1 persen atau lebih dari 11 juta. Sebagian dari peningkatan disumbang oleh video Ansan dan Asnawi Mangkualam.

Hal yang sama juga dialami kanal YouTube resmi milik Ansan Greeners. Jumlah subcribers naik sebanyak 3,3 persen atau sekitar 1.800 sejak akhir Maret. Sementara jumlah views naik hingga lebih dari 63 ribu dalam sebulan terakhir.

Baca Juga: Jalani Debut Bersama Klub Ansan Greeners, 9 Fakta Asnawi Mangkualam

3. Green Wolves ingin menjaga kans promosi ke K League 1

Efek Asnawi dan Netizen Indonesia Dongkrak Popularitas Liga KorselPara pemain Ansan Greeners merayakan gol yang dicetak Sim Jae-min sekaligus pemasti kemenangan atas Daejeon Hana Citizen di lanjutan K League 2, Sabtu 24 April 2021. (Facebook.com/안산 그리너스 FC - Ansan Greeners FC)

Ansan Greeners juga mengalami peningkatan signifikan dari jumlah pengikut di Instagram. Sejak Januari, atau saat Asnawi diumumkan sebagai rekrutan baru, angka followers meroket drastis. Dari yang hanya sekitar 5 ribu menjadi lebih dari 47 ribu dalam tempo tiga bulan.

Akun @ansan_greeners_fc, yang belakangan rutin mengunggah foto dengan keterangan berbahasa Indonesia, kini menjadi yang terbanyak ketiga dari seluruh kontestan K League dan tertinggi untuk K League 2. Di atas mereka ada Ulsan Hyundai (51.800 followers) dan Jeonbuk Motors (51.700).

Jika performa Asnawi kian moncer di pekan-pekan selanjutnya, Ansan akan tetap menjaga asa promosi ke kasta tertinggi. Saat ini mereka duduk di peringkat 4 K League 2, cuma terpaut satu poin dari sang pemuncak klasemen.

Baca Juga: Profil Ansan Greeners Korea yang Dikabarkan Rekrut Asnawi Mangkualam

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya