Donald Bissa Masih Tunggu Lampu Hijau untuk Debut di PSM Makassar

Baru sembuh dari cedera, Tavares enggan ambik risiko

Makassar, IDN Times - Donald Bissa, striker PSM Makassar, seolah berada di bawah radar pencinta sepak bola nasional. Pemain naturalisasi kelahiran Pantai Gading tersebut memang sudah terdaftar di situs resmi operator kompetisi sebagai penggawa Juku Eja. Tapi, ia belum pernah mendapat menit bermain.

Donald sempat dibekap cedera sehingga harus menepi sejak pekan pertama BRI Liga 1 2022-23. Tapi, pemain 30 tahun itu sudah terlihat berlatih di Stadion Kalegowa Pallangga pada Jumat sore (26/8/2022). Suporter pun bertanya-tanya status eks pemain Hanthawaddy United tersebut.

1. Donald Bissa sudah bersama PSM sejak akhir Juli 2022 lalu

Donald Bissa Masih Tunggu Lampu Hijau untuk Debut di PSM MakassarDonald Bissa saat masih bermain di Liga Myanmar bersama tim Zwekapin United pada tahun 2017. (Instagram.com/bissadonald)

Pelatih kepala PSM, Bernardo Tavares, seolah paham dengan keresahan para suporter. Meski demikian, ia enggan menjelaskan lebih jauh kondisi terkini Donald Bissa, termasuk potensinya merumput dalam laga pekan ketujuh BRI Liga 1 2022-23 kontra Persib pada Senin mendatang (29/8/2022).

"Saya tidak bisa mengatakannya karena ini adalah urusan antara pelatih dan pemain. Juga tidak etis untuk membahasnya dengan jurnalis," ujar pelatih asal Portugal tersebut dalam keterangan pers yang diterima IDN Times. Donald termasuk salah satu dari sembilan pemain PSM tanpa menit bermain sejauh ini.

2. Bernardo Tavares masih menunggu perkembangan kondisi Donald dari tim dokter

Donald Bissa Masih Tunggu Lampu Hijau untuk Debut di PSM MakassarPelatih PSM Makassar Bernardo Tavares dalam laga Grup H AFC Cup 2022 kontra Tampines Rovers di KLFA Stadium Kuala Lumpur, Senin 27 Juni 2022. (the-afc.com)

Meski sudah terlihat dalam sesi latihan, Donald masih butuh lampu hijau dari tim dokter terkait kesiapannya merumput. Tavares memang dikenal enggan mengambil risiko langsung memainkan anak asuhnya yang baru pulih dari cedera. Hal serupa pernah dialami oleh Kenzo Nambu.

"Kita belum tahu karena masih ada dua sesi latihan. Kita coba lihat nanti. Saya juga belum bisa lihat dia, apakah dia sudah bugar atau tidak. Dia juga tak ikut ke Kuala Lumpur karena harus mengikuti sesi pemulihannya bersama fisioterapis," jelas juru latih asal Portugal tersebut.

Baca Juga: PSM Kutuk Keras Penganiayaan Suporter di Kuala Lumpur

3. Donald menambah jumlah juru gedor di lini depan Pasukan Ramang

Donald Bissa Masih Tunggu Lampu Hijau untuk Debut di PSM MakassarDonald Bissa saat masih memperkuat Martapura FC (kini Dewa United) dalam ajang Piala Presiden 2018. (Instagram.com/bissadonald)

Donald Bissa sudah direkrut sejak akhir Juli 2022 lalu. Tapi ia cuma bermain dalam sesi latihan lantaran cedera kaki yang membekapnya. Sempat diragukan bakal resmi direkrut, striker yang sempat merumput di Liga Myanmar tersebut akhirnya terdaftar sebagai pemain PSM jelang penutupan bursa transfer.

Berposisi sebagai ujung tombak, Donald Bissa menambah opsi pengisi lini depan PSM. Sebelumnya sudah ada Everton Nascimento, Ramadhan Sananta serta Ricky Pratama. Dari empat striker, hanya Donald yang belum pernah tampil dalam kompetisi resmi, baik itu Liga 1 atau AFC Cup.

Baca Juga: Pelatih PSM Waspadai "Efek Luis Milla" di Tubuh Persib

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya