Pelatih PSM Waspadai "Efek Luis Milla" di Tubuh Persib

Luis Milla jalani debut sebagai pelatih Persib di Parepare

Makassar, IDN Times - PSM Makassar enggan berlama-lama meratapi kekalahan di AFC Cup. Mereka langsung alihkan fokus ke BRI Liga 1. Usai libur sehari, Juku Eja kembali memanaskan mesin dalam sesi latihan di Stadion Kalegowa pada Jumat sore (26/8/2022).

Di pekan ketujuh BRI Liga 1 2022-23, mereka akan menjamu Persib di Parepare pada Senin mendatang (29/8/2022). Pelatih kepala PSM, Bernardo Tavares, mewaspadai strategi racikan Luis Milla akan dampingi lawatan ke Kota Cinta.

"Mereka baru saja mengganti pelatih kepala. Saya pikir ini akan jadi pertandingan pertamanya sebagai pelatih Persib. Kita tidak tahu apa mereka akan memakai sistem permainan yang sama seperti saat melawan Bali United dan lainnya," ujarnya sebelum sesi latihan di Kalegowa, Jumat.

Baca Juga: Luis Milla Siap Tangani Persib Bandung Lawan PSM Makassar 

1. Bernardo Tavares yakin Luis Milla akan membawa perubahan di tubuh Persib

Pelatih PSM Waspadai Efek Luis Milla di Tubuh PersibPelatih PSM Makassar Bernardo Tavares dalam laga Grup H AFC Cup 2022 kontra Tampines Rovers di KLFA Stadium Kuala Lumpur, Senin 27 Juni 2022. (the-afc.com)

Penunjukan Luis Milla sebagai juru taktik anyar Maung Bandung memang cukup mengagetkan. Setelah dipecat dari Timnas Indonesia pada 2018, ia menghabiskan waktu sebagai analis dan pandit selama empat tahun. Meski tak melatih, eks pemain Real Madrid itu masih mengikuti perkembangan sepak bola tanah air.

Alhasil, saat menggaet Milla, banyak pihak yakin bahwa manajemen Persib menggelontorkan dana fantastis untuk membujuknya "turun gunung" dan kembali ke Indonesia. Tavares sendiri menyebut perubahan internal pasti terjadi pada sang calon lawan.

"Saya yakin dia akan membawa perubahan dalam tim ini. Kita tidak tahu apa itu, tapi kita tahu kualitas para pemain mereka. Mereka adalah salah satu tim dengan materi mentereng di Indonesia. Laga ini jelas akan berat," papar juru taktik asal Portugal itu.

2. Tak mau mengistimewakan Marc Klok, mantan pemain PSM yang kini membelas Persib

Pelatih PSM Waspadai Efek Luis Milla di Tubuh PersibMarc Klok dan Mohammed Rashid bermain bagus saat Persib mengalahkan Barito Putera. (persib.co.id).

Laga ini juga akan menjadi momen reuni PSM dengan Marc Klok. Gelandang pengangkut air kelahiran Belanda itu pertama kali meniti karier di Indonesia bersama Pasukan Ramang. Berseragam merah marun dari 2017 hingga 2018, ia sempat memperkuat Persija sebelum menyeberang ke Bandung.

Di mata Tavares, pemain 29 tahun itu memang jadi salah satu pilar inti Persib. Tapi masih ada pemain lain yang tak kalah berbahayanya dari Klok.

"Jelas dia adalah pemain bagus, sama seperti Rizky Pellu di Bali United. Tapi bukan cuma dia yang akan kita lawan. Persib secara keseluruhan adalah tim dengan materi pemain yang mentereng," tegas eks pelatih IFK Helsinki tersebut.

3. Luis Milla membawa 20 pemain dalam lawatan ke Parepare

Pelatih PSM Waspadai Efek Luis Milla di Tubuh PersibLuis Milla, pelatih baru Persib Bandung. (IDN Times/Debbie Sutrisno)

Di laga pekan keenam, Persib takluk 2-3 dari Bali United. Kekalahan ini kian pahit sebab terjadi di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, kandang mereka sendiri. Duel kontra PSM akan menjadi debut resmi pertama sebagai pelatih kepala Pangeran Biru, sejak resmi diumumkan pada 19 Agustus lalu.

Milla memboyong 20 pemain ke Parepare. Di antaranya Rachmat Irianto, Daisuke Sato, Ricky Kambuaya, Marc Klok, David da Silva dan Ciro Alves. Tapi tak ada Nick Kuipers dan Ezra Walian yang absen akibat masalah kesehatan.

Baca Juga: PSM Tumbang di AFC Cup 2022, Rekor Persipura Bertahan

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya