Comscore Tracker

Dewa United Vs PSM: Tavares Terbayang Laga Kontra Persik

Pemain PSM diingatkan tetap bersikap rendah hati

Makassar, IDN Times - PSM Makassar bertandang ke markas Dewa United, Stadion Indomilk Arena Tangerang, Kamis (15/9/2022).

Juku Eja menantang tuan rumah yang baru saja dikalahkan Bali United enam gil tanpa balas. Tuan rumah tentu ingin bangkit.

Di sisi lain, PSM datang dengan percaya diri tinggi. Menang 3-0 atas Persebaya pekan lalu, PSM belum terkalahkan di liga sejauh ini. Namun pelatih Bernardo Tavares mengingatkan pemainnya waspada.

"Mereka berkeinginan besar untuk mendapat hasil lebih baik saat melawan kita. Kita sendiri harus menjalani pertandingan dan mendapat hasil bagus. Tapi kita harus tetap rendah hati untuk pertandingan selanjutnya," ujarnya dalam sesi jumpa pers pra-pertandingan, Rabu (14/9/2022).

Baca Juga: 5 Fakta setelah PSM Makassar Bantai Persebaya pada Pekan ke-9 Liga 1

1. Bernardo Tavares waspadai pengganti Dias Angga dan Karim Rossi

Dewa United Vs PSM: Tavares Terbayang Laga Kontra PersikPelatih kepala PSM Makassar, Bernardo Tavares, dalam laga kontra Persebaya Surabaya di Stadion Gelroa B.J. Habibie Parepare, 10 September 2022. (Dok. PT. Liga Indonesia Baru)

Dewa United sendiri tanpa bek kanan Dias Angga Putra dan striker Karim Rossi akibat akumulasi kartu kuning. Keduanya tak tergantikan sejak pekan pertama, sehingga ini jadi kehilangan besar bagi Nil Maizar. Tapi, Tavares enggan menganggapnya sebagai sebuah keuntungan.

"Dewa United punya pemain-pemain lokal yang bagus. Saya tahu Karim Rossi dan nonor punggung 22 takkan bermain karena akumulasi kartu kuning. Tapi ini jadi akan jadi kesempatan bagi pemain-pemain lain yang mengganti mereka. Tentu saja motivasinya untuk menunjukkan kualitas," jelas pelatih asal Portugal itu.

Hal serupa juga dialami PSM. Mereka kehilangan Everton Nascimento yang cedera serta Wiljan Pluim yang dapat sanksi skors lima pertandingan. Tapi, agaknya Tavares tak risau mengingat mereka sudah terbiasa bertanding tanpa keduanya.

2. Tandang lawan Dewa United dianggap bisa merepotkan tim tamu

Dewa United Vs PSM: Tavares Terbayang Laga Kontra PersikPara pemain Dewa United merayakan gol yang dicetak ke gawang Bhayangkara FC dalam laga pekan ke-4 BRI Liga 1 2022-23 di Indomilk Arena Tangerang, 14 Agustus 2022. (Dok. PT. Liga Indonesia Baru)

Meski demikian, Tavares menyimpan rasa khawatir. Masih segar dalam ingatannya kala melawat ke kandang Persik Kediri di pekan ke-8. Macan Putih mampu meredam agresivitas tamu asal Makassar, kendati harus puas berbagi angka. Sekali lagi, rendah hati jadi resep untuk berada di jalur positif.

"Terakhir kita main tandang lawan Persik. Di awal-awal pertandingan kita tidak bermain baik. Ini jadi bahan evaluasi bagi kita untuk bermain rendah hati, dan fokus menjalankan hal-hal yang sudah dilatihkan," ungkap pemilik lisensi UEFA Pro tersebut.

Catatan PSM di partai away Liga 1 sejauh ini masih moncer. Dari tiga kesempatan melawat, mereka bisa memetik sepasang kemenangan plus sekali imbang. Tuan rumah yang ditumbangkan antara lain PSS Sleman (pekan pertama) dan RANS Nusantara FC (pekan ke-4).

3. Winger muda Dzaky Asraf siap mengerahkan segalanya untuk hasil maksimal

Dewa United Vs PSM: Tavares Terbayang Laga Kontra PersikWinger PSM Makassar, Muhammad Dzaky Asraf, dalam sesi latihan di Stadion Gajayana Malang, 9 Juni 2022. (Instagram.com/psm_makassar)

Berbicara dalam kesempatan yang sama, winger muda Muhammad Dzaky Asraf siap mengerahkan segalanya demi poin penuh. Dewa United memang masih tertahan di peringkat 13 klasemen sementara, tapi ia menekankan PSM kembali harus berjuang sekuat tenaga di atas lapangan.

"Yang pastinya Dewa United bukanlah tim yang mudah bagi kami. Kalau kami ingin meraih hasil maksimal, kita harus bekerja keras dan bahkan memberi 100 bahkan 200 persen di laga besok," papar anak muda jebolan tim U-18 tersebut.

Sejauh ini, Dzaky sudah mengoleksi 12 penampilan di semua ajang resmi. Empat diantaranya bahkan sebagai starter dan bermain selama 90 menit.

Saksikan pertandingan Dewa United versus PSM Makassar pada Kamis besok (15/9/2022), pukul 19.15 WITA.

Baca Juga: Wiljan Pluim Disanksi Absen 5 Laga, Pelatih PSM Geram: Ada Apa Ini?

Topic:

  • Aan Pranata
  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya