Dewa United VS PSM, Juku Eja Wajib Menang demi Jauhi Zona Merah

Tuan rumah pincang lantaran tak diperkuat lima pemain

Makassar, IDN Times - PSM Makassar mengusung misi bangkit saat bertamu ke markas Indomilk Arena Tangerang, markas Dewa United, di laga pekan ke-19 BRI Liga 1 2023-24 yang berlangsung pada Minggu malam (12/11/2023). Kemenangan di AFC Cup jadi modal Juku Eja untuk kembali mendaki papan klasemen kompetisi domestik.

Anak asuh Bernardo Tavares sendiri ingin bangkit dari kekalahan 2-3 dari Persija Jakarta pekan sebelumnya. Poin mau tak mau harus dibawa pulang lantaran mereka duduk di peringkat 13, dan cuma berjarak 4 poin dari zona degradasi.

Sementara itu, Dewa United dipastikan tak bisa menurunkan tiga pemain andalannya. Ahmad Rusadi dan Egy Maulana mendapat sanksi akibat kartu merah yang mereka dapatkan pekan lalu. Sedangkan Ricky Kambuaya jalani sanksi akumulasi kartu kuning.

1. Pelatih kepala PSM, Bernardo Tavares, menyebut tuan rumah lebih diunggulkan

Dewa United VS PSM, Juku Eja Wajib Menang demi Jauhi Zona MerahPelatih PSM Makassar, Bernardo Tavares, dalam laga pekan ke-20 BRI Liga 1 2022-23 kontra Persija Jakarta. (Dok. PT Liga Indonesia Baru)

Juru taktik PSM Makassar yakni Bernardo Tavares menyebut tim lawan punya lebih banyak keuntungan jelang duel ini. Belum lagi fakta bahwa Deluxe Warriors memboyong poin penuh saat bertandang ke markas Muhammad Arfan dan kawan-kawan pada putaran pertama.

"Saya pikir besok akan menjadi pertandingan yang sangat sengit. Karena jika kita membandingkan kedua tim, kita melihat bahwa Dewa United memiliki lebih banyak poin, anggaran (belanja pemain) lebih besar, membekuk kita di Parepare, fasilitas lebih bagus dan masa persiapan 10 hari," ujarnya dalam sesi jumpa pers jelang pertandingan, Sabtu kemarin (11/11/2023).

"Jadi saya membayangkan mereka sudah sangat siap. Kami juga sudah mencoba untuk bersiap, ini bukan pertandingan yang mudah. Hal-hal yang saya sebutkan tadi memberi keuntungan untuk mereka," imbuh pelatih asal Portugal tersebut.

Pasukan Ramang sendiri kemungkinan akan tampil dengan para pemain andalan, termasuk Sayuri Bersaudara yang sudah pulih dari cedera. Turut pula Victor Mansaray dan Joao Paulo, dua pemain anyar yang sudah terdaftar di sistem PT. LIB.

2. Jan Olde Riekerink, juru taktik Dewa United, harus memutar otak akibat absennya lima pemain

Dewa United VS PSM, Juku Eja Wajib Menang demi Jauhi Zona MerahPelatih kepala Dewa United, Jan Olde Riekerink. (Dok. PT Liga Indonesia Baru)

Di sisi lain, Jan Olde Riekerink selaku pelatih kepala Dewa United menyebut timnya sedang menghadapi situasi sulit. Beberapa pemain andalannya terpaksa hanya menjadi penonton, belum lagi badai cedera yang sedang terjadi. Alhasil, ia harus memutar otak untuk menyusun kekuatan.

"Dari laga lawan Arema FC kemarin, kami kehilangan lima pemain. Dua karena cedera yakni Nasir dan Henhen, serta tiga pemain yang terkena sanksi. Situasi ini membuka peluang kepada pemain-pemain lain untuk tampil," tuturnya dalam kesempatan terpisah.

"Walaupun tanpa lima pemain kami, tapi situasi kami tetap sama dengan PSM. Pada akhirnya kami harus percaya dengan para pemain di lapangan. Selama kompetisi berjalan memang ada yang masa istirahatnya sebentar dan pemain yang terkena skorsing," sambung sosok asal Belanda tersebut.

Sejumlah pemain kemungkinan besar diberi menit bermain oleh coach Jan Olde. Sebut saja Mochammad Zaenuri dan Junior Eldstal di lini belakang, Asep Berlian sebagai gelandang bertahan, serta Septian Bagaskara pada sektor depan.

3. Deluxe Warriors dan Juku Eja saling mengalahkan pada dua pertemuan terakhir

Dewa United VS PSM, Juku Eja Wajib Menang demi Jauhi Zona MerahSalah satu momen pertandingan pekan kedua BRI Liga 1 2023-24 antara PSM Makassar versus Dewa United yang berlangsung di Stadion Gelora BJ Habibie Parepare pada Sabtu 8 Juli 2023. (Instagram.com/dewaunitedfc)

Berikut ini perkiraan susunan pemain kedua tim :

Dewa United (4-4-2)

Sonny Stevens (GK); Mochammad Zaenuri, Junior Eldstal, Risto Mitrevski, Altalariq Ballah; Rangga Muslim, Asep Berlian, Dimitris Kolovos, Majed Osman; Septian Bagaskara, Alex Martins

PSM Makassar (3-5-2)

Reza Arya Pratama (GK); Daffa Salman, Yuran Fernandes, Safrudin Tahar; Dzaky Asraf, Ananda Raehan Alief, Akbar Tanjung, Muhammad Arfan, Kenzo Nambu; Victor Mansaray, Adilson da Silva

Catatan tiga pertemuan terakhir :

08/07/2023 PSM 1-2 Dewa United (Liga 1)

01/03/2023 PSM 2-0 Dewa United (Liga 1)

15/09/2022 Dewa United 1-1 PSM (Liga 1)

Siapa yang bisa memetik poin di Indomilk Arena? Saksikan pertandingan pekan ke-19 BRI Liga 1 2023-24 antara Dewa United versus PSM Makassar pada Minggu malam ini (12/11/2023), pukul 20.00 WITA.

Baca Juga: PSM Segera Resmikan Pengganti Wiljan Pluim

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya