Comscore Tracker

Datangkan 13 Pemain Baru, PSM Makassar Target Finis Lima Besar Liga 1

Striker asing segera datang dalam waktu dekat

Makassar, IDN Times - PSM Makassar langsung tancap gas di bursa transfer tengah musim BRI Liga 1 2021/22. Tak tanggung-tanggung, mereka merekrut 13 pemain sebagai bukti keseriusan untuk mengerek posisi di klasemen.

Dalam konferensi pers pada Selasa (4/1/2022), di Hotel Aryaduta, ada 12 nama anyar diperkenalkan pada publik. Mereka adalah Ferdinand Sinaga, Marinus Wanewar, Ganjar Mukti, Aditya Putra Dewa, Utam Rusdiana, Dallen Doke, serta Abu Rizal Maulana.

Lalu turut pula Manda Cingi, Delvin Rumbino, Abu Rizal Maulana, serta Rafli Asrul yang promosi dari PSM U-18.

1. Pemain baru PSM Makassar diharap bisa membantu target finis di papan atas

Datangkan 13 Pemain Baru, PSM Makassar Target Finis Lima Besar Liga 1Sesi perkenalan pemain baru PSM Makassar di Hotel Aryaduta pada Selasa 4 Januari 2022. (IDN Times/Achmad Hidayat Alsair)

Belasan pemain baru PSM Makassar diharap menjadi resep manjur bagi inkonsistensi. Jeblok di peringkat 12 klasemen sementara Liga 1 membuat manajemen bergerak cepat dengan lakukan cuci gudang. Hadapi agenda padat, mereka membidik posisi papan atas di akhir musim.

"Harapan saya sangat besar, untuk membawa PSM ke jalur yang kita inginkan. Terlebih tahun ini kita kembali berkesempatan bermain di AFC Cup," ujar Direktur Utama PSM Munafri Arifuddin dalan sesi konferensi pers.

Berbicara lebih jauh, Munafri mengatakan 12 pemain ini adalah hasil rembuk dan kompromi dengan para rekomendasi pilihan tim pelatih. Proses perekrutan cukup alot lantaran banyak target yang masih terikat kontrak atau terhalang hal lain.

2. Ferdinand Sinaga mengaku senang kembali berseragam PSM

Datangkan 13 Pemain Baru, PSM Makassar Target Finis Lima Besar Liga 1Ferdinand Sinaga berbicara dalam sesi perkenalan pemain baru PSM Makassar pada hari Selasa 4 Januari 2022. (IDN Times/Achmad Hidayat Alsair)

Dari 12 pemain tersebut, terdapat dua wajah tak asing yakni Ferdinand Sinaga dan Aditya Putra Dewa. Mereka memang pernah berseragam PSM untuk waktu yang cukup lama.

Kembali ke kampung halaman, Aditya yakin bisa berperan aktif membawa PSM ke papan atas meski usia sudah menginjak 31 tahun.

"Terima kasih sudah memberi kesempatan bisa kembali memperkuat PSM Makassar. Saya berharap bisa memberi kontribusi di putaran kedua bersama pemain-pemain lokal," papar eks pemain PSIM Yogyakarta itu.

Adapun Ferdinand berhalangan hadir tepat waktu lantaran terjebak macet. Ia pun baru mendarat di Makassar.

"Senang rasanya bisa kembali berseragam PSM," ujar penyerang berjuluk The Dragon saat menyapa awak media secara daring.

3. Promosi ke tim utama, Rafli Asrul siap menimba ilmu dari para senior

Datangkan 13 Pemain Baru, PSM Makassar Target Finis Lima Besar Liga 1Gelandang serang Akademi PSM Makassar, Muhammad Rafli Asrul, saat masih berada di Inggris untuk program Garuda Select II. (Dok. Istimewa/Isidorus Rio Turangga)

Menyoal Rafli Asrul, Munafri menjelaskan bahwa gelandang jebolan Garuda Select itu memang sudah jajaki pendekatan dengan salah satu klub Yunani. Tapi, prosesnya terhalang gelombang pandemik COVID-19 varian Omicron yang melanda Eropa.

"Rafli kemarin lagi berusaha dikontrak klub luar negeri. Namun karena situasi terkini, jadi kami kita harus hold. Tapi kapanpun dia dibutuhkan oleh klub luar, kami akan lepas dia dengan senang hati," ungkap pria yang biasa disapa Appi' itu.

Berbicara dengan awak media, wonderkid 18 tahun itu siap menimba ilmu dari Wiljan Pluim dan Rasyid Bakri.

"Saya sangat bangga bisa dipercaya tampil di tim utama. Saya akhirnya bisa mengambil pengalaman dari mereka (gelandang senior) yang sudah lama bermain," papar Rafli.

Baca Juga: PSM Makassar di Bursa Transfer: Rekrut 7 Pemain, Satu Striker Asia

4. Masih ada pemain asing yang segera bergabung dengan tim

Datangkan 13 Pemain Baru, PSM Makassar Target Finis Lima Besar Liga 1Sesi perkenalan pemain baru PSM Makassar di Hotel Aryaduta pada Selasa 4 Januari 2022. (IDN Times/Achmad Hidayat Alsair)

Merinci kebijakan soal pemain muda, Appi' menegaskan semua ada di tangan Joop Gall. Selama ini, salah satu sorotan suporter adalah minimnya para Ramang Muda diberi menit bermain.

"Kami cuma memberi tahu ke pelatih kepala siapa saja pemain muda yang kami miliki. Tapi semua keputusan berada di tangannya. Kami cuma merekomendasikan," tuturnya.

Dari 12 pemain yang diperkenalkan hari ini, 5 di antaranya berstatus on loan. Persis Solo meminjamkan Ferdinand Sinaga, Delvin Rumbino, Marinus Wanewar dan Ganjar Mukti. Sedangkan Dallen Doke masih terikat kontrak dengan Persita Tangerang.

Ke mana satu pemain sisanya? Appi' mengatakan ia adalah striker asing dan segera tiba dalan waktu dekat 

"Ada pemain asing, berposisi striker. Dalam satu-dua hari ini akan terbang dari Australia," pungkasnya.

Baca Juga: [BREAKING] PSM Makassar Rekrut Ferdinand Sinaga dan Marinus Wanewar

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya