Comscore Tracker

Cuci Gudang, PSM Lepas Belasan Pemain di Bursa Transfer

Joop Gall terkejut dengan jumlah pemain Juku Eja saat ini

Makassar, IDN Times - Selain mendatangkan pelatih kepala baru, PSM Makassar juga melakukan cuci gudang di bursa transfer tengah musim. Mereka secara resmi sudah memutus kontrak belasan pemain pada akhir Desember kemarin. Kemungkinan besar nama-nama yang dilepas akan publik ketahui pekan ini.

Ternyata, kebijakan ini adalah permintaan khusus dari sang arsitek anyar Joop Gall pada manajemen.

"Sudah ada pemain yang kita lepas. (Ukuran) skuad terlalu gemuk, dan pelatih juga merasa kaget dengan jumlah pemain kita sekarang. Jadi memang ini rekomendasi pelatih ke manajemen," ujar asisten pelatih PSM Syamsuddin Batolla, dalam keterangan yang diterima IDN Times pada Minggu malam (1/1/2022).

1. Asisten pelatih Syamsuddin Batolla menyebut menit bermain tak merata jadi salah satu alasan

Cuci Gudang, PSM Lepas Belasan Pemain di Bursa TransferCaretaker PSM Makassar yakni Syamsuddin Batolla saat memimpin sesi latihan di Bosowa Sport Center pada hari Senin 20 Desember 2021. (Instagram.com/psm_makassar)

Selain untuk kebutuhan tim, Syamsuddin menjelaskan bahwa keputusan ini diambil sebab jomplangnya jam terbang antar pemain sepanjang putaran pertama BRI Liga 1 2021/22. Kebanyakan lebih sering jadi penghangat bangku cadangan.

"Saking banyaknya, ada pemain yang jumlah menit bermainnya kurang. Ada juga yang tak bisa bersaing dengan pemain-pemain lain," kata legenda Juku Eja dekade 1990-an tersebut.

"Pelatih meminta jumlah pemain maksimal cuma 25 orang. Nanti kita lihat. Karena dia juga ingin cara latihan yang efisien," imbuhnya.

2. Di putaran pertana lalu, tercatat ada 9 pemain PSM yang dipinjamkan ke klub lain

Cuci Gudang, PSM Lepas Belasan Pemain di Bursa TransferPemain muda PSM Makassar Edgard Amping dalam sesi latihan di seri pertama BRI Liga 1 2021/22, September 2021. (Dok. MO PSM Makassar)

Jumlah pemain PSM pada putaran pertama mencapai 36 orang, 9 di antaranya sempat dipinjamkan ke klub Liga 2. Antara lain Zikri Akbar (PSMS Medan), Gitra Yuda Furton (Badak Lampung FC), Adji Kurniawan (Persijap Jepara) plus duo jebolan program Garuda Select yakni Renaldi - Edgard Amping ke Muba Babel United.

Syamsuddin meminta pemain-pemain yang terdepak di bursa transfer tak berkecil hati. "Saya harap pemain-pemain yang dilepas bisa berkembang di luar, mendapat klub yang bagus. Mungkin bukan lucky-nya di sini," pungkasnya.

3. Azka Fauzi sudah mengirim sinyal tak lagi bersama PSM di putaran kedua

Cuci Gudang, PSM Lepas Belasan Pemain di Bursa TransferPemain PSM Makassar, Azka Fauzi, dalam sesi latihan di Bosowa Sport Center pada Senin 11 Oktober 2021. (Instagram.com/psm_makassar)

Lantas siapa saja yang dilepas? Kendati belum ada pengumuman resmi, sejumlah pemain sudah memberi sinyal akan pamit dari tim. Salah satunya adalah Azka Fauzi. Penyerang pinjaman Persis Solo itu mengunggah story bertuliskan "Terima kasih" di akun Instagram pribadinya, Kamis lalu (30/12/2021).

Sementara itu, rumor menyebut Pasukan Ramang akan memulangkan sejumlah mantan pemainnya. Seperti Firza Andika, Ferdinand Sinaga serta M Rahmat.

Perubahan komposisi tim tak cuma demi mengerek posisi PSM pada klasemen sementara Liga 1. Mereka juga bakal terjun di ajang AFC Cup yang dihelat mulai Mei 2022.

Baca Juga: Penuh Jatuh Bangun, Kilas Balik Perjalanan PSM di Tahun 2021

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya