Catatan Pertemuan PSM Makassar saat Menjajal Klub-Klub Malaysia

Baru berjumpa wakil Negeri Jiran di ajang resmi tahun lalu

Makassar, IDN Times - PSM Makassar akan menjamu Sabah FC pada matchday kedua Grup H AFC Cup 2023-24, Kamis besok (5/10/2023). Berlangsung di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar, duel tersebut menjadi pertemuan kedua tim dalam ajang resmi.

Sebagai tim Indonesia yang paling sering tampil di pentas Asia, Juku Eja ternyata baru dua kali berjumpa dengan klub Malaysia. Semuanya terjadi pada AFC Cup 2022 silam. Catatannya pun berimbang, dan kemungkinan besar berubah setelah duel kontra anak asuh Ong Kim Swee tersebut.

Seperti apa rekor PSM melawan wakil dari Negeri Jiran? Berikut ini IDN Times merangkumnya untuk pembaca.

1. Kuala Lumpur City FC (Penyisihan grup dan final Zona ASEAN)

Catatan Pertemuan PSM Makassar saat Menjajal Klub-Klub MalaysiaSalah satu momen pertandingan Grup H AFC Cup 2022 antara PSM Makassar versus Kuala Lumpur City FC di Kuala Lumpur Stadium pada Jumat 24 Juni 2022. (Dok. Ofisial PSM Makassar/Agung Dewantara)

Kuala Lumpur (KL) City FC jadi lawan PSM Makassar di matchday pertama Grup H AFC Cup 2022. Tampil di hadapan suporter tuan rumah, Wiljan Pluim dkk sanggup menahan imbang The City Boys pada pertemuan yang berlangsung pada 24 Juni 2022 tersebut. Duel berakhir dengan skor 0-0.

Juku Eja kemudian lolos ke semifinal Zona ASEAN dengan status sebagai jawara grup. Meski sama-sama mengoleksi empat poin dengan KL City, PSM unggul agresivitas gol.

Keduanya kembali saling sikut pada final Zona ASEAN, 24 Agustus 2022. Berlangsung di Kuala Lumpur Stadium, PSM harus mengakui keunggulan Jordan Mintah beserta kolega. Mereka bertekuk lutut lantaran dibekuk 5-2. KL City FC sendiri berhasil melaju hingga final, sebelum dilibas 0-3 oleh wakil asal Oman yakni Al-Seeb.

2. Kedah Darul Aman (Semifinal Zona ASEAN)

Catatan Pertemuan PSM Makassar saat Menjajal Klub-Klub MalaysiaSalah satu momen laga semifinal Zona ASEAN AFC Cup 2022 antara PSM Makassar kontra Kedah Darul Aman FC di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar, Selasa 9 Agustus 2022. (the-afc.com)

Melaju dengan mantap ke semifinal, PSM bertemu dengan tim Kedah Darul Aman yang saat itu masih dibesut Aidil Sharin Shahak. Bagi Helang Perkasa (julukan Kedah), ini merupakan pertemuan kedua mereka dengan klub Indonesia setelah Bali United di fase grup AFC Cup 2022.

Duel ini cuma digelar satu laga saja, dengan PSM sebagai tuan rumah sebab berstatus juara grup. Meski begitu, duel ini berlangsung di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar yang sesuai dengan standar AFC.

Kendati demikian, keperkasaan Kedah tak terlihat dalam laga yang berlangsung pada 9 Agustus 2022 tersebut. PSM menang dengan skor tipis 2-1. Gol Pasukan Ramang dicetak oleh Yakob Sayuri dan Yuran Fernandes. Adapun satu angka hiburan tim tamu datang dari Fayadh Zulkifli.

Baca Juga: Catatan Para Striker PSM Makassar Jelang Paruh Musim, Masih Seret Gol

3. Pertemuan lain dengan tim Malaysia lain di kejuaraan antarklub

Catatan Pertemuan PSM Makassar saat Menjajal Klub-Klub MalaysiaSeluruh pemain dan ofisial PSM Makassar berpose di sela latihan di Thong Nat Stadium saat mengikuti Ho Chi Minh City Cup 2001. (Dok. The Nurdin Halid Institute)

Di luar AFC Cup, sebenarnya PSM Makassar sudah pernah bertemu perwakilan Malaysia dalam sejumlah kejuaran antarklub. Pada partai final Bangabandhu Cup edisi pertama di Bangladesh, mereka meladeni Malaysia A yang berisi para pemain terbaik dari seluruh negara bagian. Berlangsung di Bangabandhu National Stadium Dhaka, 10 Januari 1997, Izaak Fatary dkk takluk dengan skor 2-1.

Selanjutnya adalah pada semifinal Ho Chi Minh City Cup 2001, 16 Agustus 2001. Saat itu, PSM yang saat itu diasuh duo Henk Wullems - Syamsuddin Umar berhadapan dengan Timnas Malaysia U-23. Mereka tak kesulitan menekuk Harimau Muda di Thong Nat Stadium, dengan hasil akhir 3-1 perpampang di papan skor.

Apakah Muhammad Arfan dkk bisa memperbaiki rekor melawan klub Malaysia di ajang resmi?

Baca Juga: AFC Cup: Jelang Jumpa Sabah FC, Pelatih PSM Tak Pasang Target Tinggi

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya