AFC Cup: Jelang Jumpa Sabah FC, Pelatih PSM Tak Pasang Target Tinggi

Ia mengaku harus realistis dengan kondisi timnya sekarang

Makassar, IDN Times - Pelatih PSM Makassar, Bernardo Tavares, enggan mengobar ambisi jelang menjamu Sabah FC pada Kamis besok (5/10/2023). Ini lantaran timnya tak bisa turun dengan sejumlah pilar andalan dalam matchday kedua Grup H AFC Cup 2023-24 tersebut.

"Bagi saya, kita harus realistis. Di saat ini, banyak pemain kita tidak bisa bermain karena cedera. Dan mereka sangat penting untuk 'senjata' yang lebih baik untuk besok, dan itu adalah tim ini," ujarnya dalam sesi jumpa pers pra-pertandingan pada Rabu siang (4/10/2023).

1. Absennya Yakob Sayuri (kiri) membuat Tavares memilih opsi rotasi di sektor sayap

AFC Cup: Jelang Jumpa Sabah FC, Pelatih PSM Tak Pasang Target TinggiPesepak bola PSM Makassar Yance Sayuri (kanan) bersama Yakob Sayuri (kiri) berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Bali United dalam pertandingan BRI Liga 1 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Jumat (11/8/2023). ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo/rwa.

Salah satu pemain tersebut adalah Yakob Sayuri yang sudah menepi sejak pertengahan September 2023 lalu. Winger 25 tahun itu bahkan tidak diboyong dalam rangka persiapan di Bali lantaran harus fokus jalani pemulihan.

Selain itu, Wiljan Pluim masih menjadi dilema. Meski terlihat di Makassar pada akhir pekan lalu, kecil kemungkinan ia bergabung dengan tim. Gelandang asal Belanda tersebut tak terlihat dalam sesi latihan di Lapangan Samudra Kuta pada Senin lalu (2/10/2023) dan Lapangan Purnama Gianyar Selasa kemarin (3/10/2023).

2. Juku Eja tak ingin hanya mengandalkan tenaga satu-dua pemain tertentu di semua laga

AFC Cup: Jelang Jumpa Sabah FC, Pelatih PSM Tak Pasang Target TinggiPesepak bola PSIS Semarang Vitinho (tengah) berusaha melewati pesepak bola PSM Makassar Victor Dethan (kanan) dalam lanjutan BRI Liga 1 di Stadion Jatidiri, Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (30/9/2023). ANTARA FOTO/Makna Zaezar/tom.

Meski kondisi timnya morat-marit, Tavares menegaskan tak ingin bergantung kepada pemain tertentu. Ia mengaku akan menurunkan siapapun pemain yang dianggapnya siap merumput. Opsi rotasi pun diapungkan, terutama pada sektor tengah dan sayap.

"Kita tidak bisa bergantung pada pemain A atau B atau C yang tidak bisa bermain (di laga besok, red.). Apa yang kita lakukan di masa lalu adalah masa lalu. Kita harus bekerja untuk masa sekarang, untuk membangun tim pada masa selanjutnya," tegas pelatih asal Portugal tersebut di depan awak media.

Baca Juga: Pelatih PSM Terkejut Timnya Cuma Kalah Tipis dari PSIS Semarang

3. Muhammad Arfan (kanan) mengaku siap tampil habis-habisan demi poin penuh

AFC Cup: Jelang Jumpa Sabah FC, Pelatih PSM Tak Pasang Target TinggiPelatih PSM Makassar Bernardo Tavares (kiri) dan gelandang Muhammad Afan (kanan) dalam sesi jumpa pers pra-pertandingan matchday kedua AFC Cup 2023-24 kontra Sabah FC pada Rabu 4 September 2023. (Dok. Ofisial PSM Makassar/Agung Dewantara)

Sementara itu dalam kesempatan terpisah, gelandang Muhammad Arfan siap habis-habisan saat menjamu wakil Malaysia tersebut. Ia berambisi ingin memutus tren negatif yang merundung Pasukan Ramang selama tiga laga beruntun.

"Uang pasti target dan tujuan kami besok adalah mendapatkan hasil yang baik. Walaupun kita tahu tim Sabah FC tim yang kuat, memiliki pemain-pemain yang bagus, insyaallah kami bisa. Kami siap berjuang, kami siap berkorban," ungkap pemain yang biasa disapa Appang tersebut.

Sanggupkah anak asuh Bernardo Tavares memetik poin penuh pertama di AFC Cup? Saksikan duel PSM Makassar versus Sabah FC pada Kamis besok (5/10/2023), pukul 20.00 WITA.

Baca Juga: Catatan Para Striker PSM Makassar Jelang Paruh Musim, Masih Seret Gol

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya