Buntut Bentrokan Antar Suporter, PSM Makassar Didenda Total Rp45 Juta

Tribun terbuka selatan akan dikosongkan untuk satu laga

Makassar, IDN Times - Komite Disiplin (Komdis) PSSI nenjatuhkan hukuman kepada PSM Makassar atas bentrokan antar suporter pada Sabtu pekan lalu (8/7/2023). Insiden tersebut berlangsung di tribun terbuka selatan Stadion Gelora BJ Habibie Parepare, saat masa turun minum laga pekan kedua BRI Liga 1 2023-24 melawan Dewa United.

Dikutip dari laman resmi PSSI pada Jumat malam (14/7/2023), Komdis PSSI menjatuhkan sanksi denda pada dua pihak. Manajemen PSM diwajibkan membayar Rp25 juta, sedang panita pelaksana pertandingan mencapai Rp20 juta. Totalnya mencapai Rp45 juta.

Baca Juga: Pesan Pelatih PSM ke Ketum PSSI: Evaluasi Wasit? Lihat Laga Kami

1. Kelompok suporter PSM Fans dan CSM 1915 dilarang menggunakan atribut pada lima laga kandang

Buntut Bentrokan Antar Suporter, PSM Makassar Didenda Total Rp45 JutaTangkapan layar bentrokan antar suporter yang berlangsung di tengah pertandingan pekan kedua BRI Liga 1 2023-24 antara PSM Makassar versus Dewa United di Stadion Gelora BJ Habibie Parepare pada Sabtu 8 Juli 2023. (Instagram.com/parepareinformasi)

Selain itu, Komdis PSSI juga menjatuhkan hukuman pada dua kelompok suporter yang bertikai yakni PSM Fans dan CSM 1915. Mereka sama-sama mendapat sanksi larangan menggunakan atribut sebanyak 5 pertandingan kandang. Ini berlaku mulai pertandingan terdekat yakni duel pekan keempat kontra Persib, Sabtu pekan depan (22/7/2023).

Tak cuma itu, Komdis PSSI juga memerintahkan tribun terbuka selatan untuk ditutup sementara waktu. Tapi, hal tersebut hanya berlaku untuk satu laga saja, yakni duel klasik kontra Maung Bandung.

2. Erwin Gutawa mendapat sanksi tambahan larangan bermain 2 laga dan denda Rp10 juta

Buntut Bentrokan Antar Suporter, PSM Makassar Didenda Total Rp45 JutaBek PSM Makassar, Erwin Gutawa (kiri), dalam sesi latihan di Stadion Kalegowa Pallangga pada Januari 2023. (Instagram.com/psm_makassar)

Tensi tinggi duel PSM kontra Dewa United juga membuat Komdis PSSI menjatuhkan sanksi pada pemain masing-masing tim. Erwin Gutawa, bek Juku Eja yang mengantongi kartu merah langsung di laga tersebut, disanksi tambahan larangan bermain 2 pertandingan dan sanksi denda Rp10 juta.

Sementara itu, pemain Dewa United yakni Dimitrios Kolovos dihukum tambahan larangan bermain sebanyak 3 pertandingan plus sanksi denda Rp10 juta. Ini lantaran ia melakukan gerakan tambahan berupa menendang ke salah satu pemain PSM. Gelandang asal Yunani tersebut sudah absen pada laga kontra Persib pekan ini lantaran akumulasi kartu kuning.

3. Hingga pekan ketiga BRI Liga 1 2023-24, total sanksi denda Juku Eja mencapai Rp105 juta

Buntut Bentrokan Antar Suporter, PSM Makassar Didenda Total Rp45 JutaPesepak bola PSM Makassar Willem Jan Pluim (kedua kiri) melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Persikabo 1973 dalam lanjutan BRI Liga 1 di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (14/7/2023). ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/rwa.

Ini jadi hukuman Komdis PSSI ketiga yang diterima oleh manajemen PSM Makassar. Sebelumnya, mereka sudah dijatuhi sanksi denda Rp50 juta setelah 5 pemain mereka menerima kartu kuning dalam laga pekan pertama kontra Persija Jakarta.

Dengan ini, mereka total harus merogoh kocek sebesar Rp95 juta di tiga pekan pertama bergulirnya BRI Liga 1 2023-24. Jika digabung dengan sanksi pada pemain, jumlahnya sudah mencapai Rp105 juta.

Baca Juga: Pelatih PSM Puji Semangat Pemain usai Raih Kemenangan Perdana

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya