Comscore Tracker

Borneo FC Vs PSM di Piala Presiden, Tavares Akui Kekuatan Pesut Etam 

Siapa tersingkir di babak perempat final Piala Presiden?

Makassar, IDN Times - Setelah sibuk dengan AFC Cup, PSM Makassar kini mengalihkan fokusnye ke turnamen pramusim Piala Presiden. Mereka akan menantang Borneo FC pada Minggu malam (3/7/2022) di Stadion Segiri Samarinda, untuk saling sikut untuk satu tiket ke babak semifinal.

Pelatih PSM Makassar, Bernardo Tavares, menyebut laga ini akan berjalan sengit. Tak cuma lantaran status lawan sebagai tuan rumah, tapi juga fakta bahwa Borneo FC punya materi pemain yang jauh lebih mentereng.

"Borneo FC sudah menunjukkan mereka tak kalah di satupun pertandingan fase penyisihan grup. Tak mudah bermain melawan Borneo FC di sini. Apalagi dari segi market value menurut Transfermarkt, Borneo FC mencapai 4,6 juta Euro (Rp71 miliar), sedangkan PSM cuma 2,9 juta Euro (Rp45 miliar)," ujarnya dalam sesi jumpa pers pra-pertandingan, Sabtu sore (2/7/2022).

"Persija Jakarta yang market value-nya lebih tinggi bahkan bisa mereka kalahkan. Ini menunjukkan nilai tak berarti, yang menentukan hasil adalah pemain-pemain di lapangan," imbuh Tavares.

1. Bernardo Tavares keluhkan badai cedera yang melanda PSM Makassar

Borneo FC Vs PSM di Piala Presiden, Tavares Akui Kekuatan Pesut Etam Pelatih PSM Makassar Bernardo Tavares dalam laga Grup H AFC Cup 2022 kontra Tampines Rovers di KLFA Stadium Kuala Lumpur, Senin 27 Juni 2022. (the-afc.com)

Pernyataan Tavares memang menyiratkan rasa percaya diri. Tapi, ia harus memutar otak lantaran beberapa pemain PSM masih dibekap cedera. Mereka adalah Ganjar Mukti, Samuel Simanjuntak dan Vivi Asrizal.

Beruntung, tiga nama lain sudah bergabung dalam sesi latihan di Stadion Batakan Balikpapan, Jumat lalu (1/7/2022). Yakni Kenzo Nambu, Safrudin Tahar serta Yance Sayuri. Ketiganya memang butuh lampu hijau dari dokter, alhasil peluang tetap jadi milik para pemain yang masih dalam kondisi segar bugar.

"Saya ingin sebelas pemain saya besok bisa memberikan hasil yang terbaik, begitu juga pemain-pemain pengganti nanti. Memang ada banyak pemain yang cedera. Saya tetap percaya mereka akan bekerja keras memberi yang terbaik," kata juru taktik asal Portugal itu.

2. Milomir Seslija enggan takut dengan "sang mantan"

Borneo FC Vs PSM di Piala Presiden, Tavares Akui Kekuatan Pesut Etam Pelatih kepala Borneo FC Samarinda, Milomir Seslija (kiri) saat memimpin sesi latihan di Stadion Segiri Samarinda, Juni 2022. (BorneoFC.id)

Dari kubu tuan rumah, Borneo FC sedang di atas angin setelah lolos sebagai juara Grup B. Matheus Pato dkk memperagakan permainan ofensif racikan Milomir Seslija. Tapi, mereka dihadapkan pada fakta bahwa PSM adalah tim dengan pertahanan kokoh. Buktinya, Pasukan Ramang cuma kebobolan dua kali dalam lima pertandingan terakhir di semua ajang.

Coach Milo, yang menangani PSM pada putaran pertama Liga 1 musim kemarin, mengakui kekuatan sang tamu banyak berubah dibandingkan zamannya. Kendati demikian, ia enggan takut dengan sang mantan.

"PSM punya kekuatan berbeda musim ini. Dan perlu diingat mereka selalu solid dengan nilai histori yang tinggi. Kami akan bermain di kandang dan saya mau lebih banyak mendominasi permainan. Setiap peluang harus bisa dimaksimalkan menjadi gol jika ingin menang," papar Milo seperti dilansir laman resmi Piala Presiden, Sabtu kemarin (2/7/2022).

Baca Juga: PSM Makassar Vs Borneo FC, Duel Penuh Kepentingan di Klasemen Liga

3. Pesut Etam ingin tampil maksimal demi bertahan di pramusim

Borneo FC Vs PSM di Piala Presiden, Tavares Akui Kekuatan Pesut Etam Salah satu momen pertandingan Grup B Piala Presiden 2022 antara Borneo FC versus RANS Nusantara FC di Stadion Segiri Samarinda, Selasa 28 Juni 2022. (PialaPresiden.id)

Lebih jauh, ia menyebut bahwa ia rupanya ingin membawa Pesut Etam melaju lebih jauh di Piala Presiden. Capaian tertinggi mereka terjadi pada edisi 2017, saat tim yang saat itu masih bernama Pusamania Borneo FC tersebut menembus babak final dan keluar sebagai runner-up.

"Misi kami jelas bisa tampil maksimal untuk terus bertahan selama pramusim. Melawan PSM pasti berat. Namun kami berusaha melewatinya," tutup pria asal Bosnia-Herzegovina tersebut.

Berikut ini prakiraan susunan pemain kedua tim :

Borneo FC (4-3-3)

Shahar Ginanjar (GK); Leo Guntara, Javlon Guseynov, Wildansyah, Fajar Fathurahman; Hendro Siwanto, Kei Hirose, Wahyudi Hamisi; Stefano Lilipaly, Matheus Pato, Terens Puhiri

PSM Makassar (3-5-2)

Reza Arya Pratama (GK); Erwin Gutawa, Yuran Fernandes, Ibnul Mubarak; Rizky Eka Pratama, Wiljan Pluim, Bryan Cesar, Muhammad Arfan, Muhammad Dzaky Asraf; Everton Nascimento, Ramadhan Sananta

Siapa yang berhak melaju ke semifinal? Saksikan pertandingan Borneo FC Samarinda versus PSM Makassar pada Minggu malam ini (3/7/2022), pukul 21.30 WITA.

Baca Juga: Antarlini PSM Vs Borneo FC, Parade Talenta Lokal Berkualitas

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya