Bekuk Persib 4-2, Pelatih PSM Sebut Timnya Memang Layak Menang

Juku Eja kini bertengger di posisi lima klasemen sementara

Makassar, IDN Times - PSM Makassar sukses melanjutkan tren positif. Mereka menekuk tim tamu Persib Bandung dengan skor 4-2 dalam laga pekan keempat BRI Liga 1 1 2023-24 yang berlangsung di Stadion Gelora B.J. Habibie Parepare, Sabtu malam (22/7/2023).

PSM langsung tancap gas di babak pertama. Kenzo Nambu, Victor Dethan dan Everton Nascimento membawa tuan rumah unggul 3-0 sebelum turun minum.

Persib sempat mengejar lewat gol bunuh diri Yuran Fernandes dan tembakan jarak jauh Marc Klok di pengujung babak kedua. Tapi, tembakan pemain pengganti Andy Harjito  pada masa injury time memastikan suporter PSM tetap merayakan kemenangan.

Baca Juga: Panas! PSM Tekuk Persib Lewat Drama 6 Gol

1. Meski menang, Tavares mengakui anak asuhnya sempat hilang fokus di pengujung laga

Bekuk Persib 4-2, Pelatih PSM Sebut Timnya Memang Layak MenangPelatih kepala PSM Makassar, Bernardo Tavares, memberi instruksi dalam pertandingan pekan ke-4 BRI Liga 1 2023-24 versus Persib Bandung yang berlangsung di Stadion Gelora B.J. Habibie Parepare, Sabtu 22 Juli 2023. (Dok. Ofisial PSM Makassar/Agung Dewantara)

Dalam sesi jumpa pers selepas pertandingan, pelatih kepala PSM yakni Bernardo Tavares menyatakan bahwa timnya memang layak menang. Tapi, masih ada sedikit hal yang mengganjal yakni dua gol yang bersarang di gawang Reza Arya Pratama pada pengujung babak pertama.

"Saya cukup bangga dengan para pemain saya. Di sepanjang pertandingan kita memiliki banyak peluang bahkan dari tendangan sudut. Tapi, kita kebobolan dua gol yang seharusnya tidak terjadi. Kita kehilangan fokus, dan ini tidak boleh terjadi lagi," tegasnya.

2. Berdasarkan statistik, tingkat agresivitas PSM dan Persib di laga ini cukup berimbang

Bekuk Persib 4-2, Pelatih PSM Sebut Timnya Memang Layak MenangSalah satu momen pertandingan pekan ke-4 BRI Liga 1 2023-24 antara PSM Makassar versus Persib Bandung yang berlangsung di Stadion Gelora B.J. Habibie Parepare, Sabtu 22 Juli 2023. (Dok. Ofisial PSM Makassar/Agung Dewantara)

Dari statistik, Pasukan Ramang kembali mempraktikkan permainan efektif. Penguasaan bola mereka hanya mencapai 37 persen, di saat Persib kebagian 63 persen. Maung Bandung mendominasi lapangan tengah, tapi selalu gagal menembus rapatnya pertahanan tuan rumah yang digawangi Safrudin Tahar - Yuran Fernandes - Yance Sayuri.

Meski begitu, tingkat agresivitas kedua kubu tak berbeda jauh. Total ada 13 tembakan yang dilepas oleh PSM, di saat Persib melakukannya dalam 11 kesempatan. Angka shots on target mereka pun sama, yakni enam kali.

3. Pasukan Ramang selanjutnya bertandang ke markas Bhayangkara FC pada Sabtu pekan depan (29/7/2023)

Bekuk Persib 4-2, Pelatih PSM Sebut Timnya Memang Layak MenangSalah satu momen pertandingan pekan ke-4 BRI Liga 1 2023-24 antara PSM Makassar versus Persib Bandung yang berlangsung di Stadion Gelora B.J. Habibie Parepare, Sabtu 22 Juli 2023. (Dok. Ofisial PSM Makassar/Agung Dewantara)

Berbicara dalam kesempatan yang sama, Victor Dethan mengungkap rasa syukur atas gol profesional pertamanya. Kian istimewa sebab capaian ini tercipta di kandang PSM Makassar.

"Saya berterima kasih kepada pelatih, rekan setim yang sudah bekerja keras, dan suporter yang datang ke stadion dan mendukung dari rumah," ungkap pemuda blasteran Indonesia-Kanada tersebut.

Poin penuh membawa Juku Eja naik ke peringkat 5 klasemen sementara dengan koleksi nilai 7. Sedang Maung Bandung melorot menuju posisi 16. Selanjutnya, mereka akan menantang Bhayangkara FC di Stadion Patriot Candrabhaga Bekasi, Sabtu pekan depan (29/7/2023).

Baca Juga: Dari Renaldi ke Mufli, Nasib 5 Pemain PSM Jebolan Garuda Select

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya