Bali United Vs PSM, Ujian Berlapis Juku Eja di Markas Lawan

Dua pemain asing PSM berpotensi debut di leg pertama

Makassar, IDN Times - PSM Makassar mengawali perjuangan musim 2023-24 pada Selasa malam ini (6/6/2023). Mereka berhadapan dengan Bali United pada play-off Liga 1 untuk menentukan wakil Indonesia di kualifikasi Liga Champions Asia 2023-24.

Menilik persiapan, Juku Eja sedikit meragukan. Mereka cuma punya waktu empat hari pemusatan latihan di Stadion Kalegowa sebelum berangkat ke Denpasar. Sedangkan Bali United sudah berkumpul dan berlatih sejak 15 Mei lalu.

Di atas kertas, tuan rumah jelas unggul. Tak cuma sudah melahap program fisik dan taktikal selama tiga pekan, tapi juga akan didukung oleh ribuan suporter. Alhasil, PSM akan mendapat ujian berat di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar.

Baca Juga: Masa Persiapan Cuma Hitungan Hari, Pelatih PSM Beber Alasannya

1. PSM melawat ke Gianyar dengan masa persiapan sedikit serta tanpa suporter

Bali United Vs PSM, Ujian Berlapis Juku Eja di Markas LawanPara pemain PSM Makassar dalam sesi latihan resmi di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar, Senin 5 Juni 2023. (Dok. Ofisial PSM Makassar/Agung Dewantara)

Berbicara dalam konferensi pers pada Senin malam (5/6/2023), pelatih kepala PSM yakni Bernardo Tavares bersikap merendah. Ia menyebut label favorit layak disematkan pada Bali United untuk babak play-off ini. Bahkan meskipun sang lawan tak pernah menang dalam lima pertemuan terakhir.

"Hasil di masa lampau tidak akan membantu kita sekarang. Bagi saya di pertandingan ini, Bali United adalah tim favorit. Mereka sudah melakukan persiapan lebih awal daripada kami, bermain di kandang sendiri, dan didukung oleh suporter mereka," jelasnya.

Menilik komposisi tim, Juku Eja berpotensi langsung menurunkan dua legiun asing baru mereka yakni bek Kike Linares dan striker Adilson da Silva. Tapi, masih menjadi misteri apakah formasi 3-5-2 andalan musim lalu akan kembali digunakan di laga ini.

2. Pelatih Bali United, Stefano Cugurra, memuji komposisi pemain lawan yang tak banyak berubah

Bali United Vs PSM, Ujian Berlapis Juku Eja di Markas LawanPelatih kepala Bali United, Stefano Cugurra, dalam sesi jumpa pers pra-pertandingan play-off LCA melawan PSM Makassar, Senin 5 Juni 2023. (Dok. Ofisial Bali United/Ewin Setyo)

Di sisi lain, Stefano "Teco" Cugurra melempar pujian pada sang tamu. Ia menyebut bahwa komposisi PSM tidak banyak berubah. Bahkan susunan pemainnya lebih komplit ketimbang timnya yang masih bergerilya di bursa transfer awal musim.

"Yang terpenting menang dulu dan tidak pikir banyak gol. Kami harus tahu yang kami hadapi adalah tim juara dari musim terakhir kompetisi. Mereka tidak ada perubahan dalam tim dan pelatih juga masih sama. Kami tahu kualitas dari mereka dan kami harus kerja keras," jelasnya di kesempatan terpisah.

Lebih jauh, coach Teco baru mengisi empat slot dari enam pemain asing. Mulai dari kiper Adilson Maringa, Brwa Nouri, Eber Bessa dan Privat Mbarga. Khusus untuk Maringa, eks penggawa Arema FC tersebut kemungkinan besar langsung dipasang sebagai starter.

3. Serdadu Tridatu tak pernah menang atas Juku Eja dalam lima pertemuan terakhir

Bali United Vs PSM, Ujian Berlapis Juku Eja di Markas LawanPemain PSM Makassar Everton Nascimento lakoni duel udara dengan pemain Bali United Willian Pacheco (kanan) dalam laga pekan ke-19 BRI Liga 1 2022-23 di Stadion Gelora BJ Habibie Parepare, Jumat 29 Juli 2022. (Dok. Ofisial Bali United/Ewin Setyo)

Berikut ini perkiraan susunan pemain kedua tim :

Bali United (4-3-3)

Adilson Maringa (GK); I Made Andhika Wijaya, Haudi Abdillah, Ryuji Utomo, Ricky Fajrin; Eber Bessa, Brwa Nouri, Privat Mbarga; Irfan Jaya, Ilija Spasojevic, Ardi Idrus

PSM Makassar (3-5-2)

Reza Arya Pratama (GK); Erwin Gutawa, Kike Linares, Safrudin Tahar; Yance Sayuri, Akbar Tanjung, Kenzo Nambu, Wiljan Pluim, Yakob Sayuri; Adilson da Silva, Everton Nascimento

Catatan lima pertemuan terakhir :

20/01/2023 Bali United 2-2 PSM (Liga 1)

29/07/2022 PSM 2-0 Bali United (Liga 1)

07/02/2022 Bali United 2-2 PSM (Liga 1)

17/10/2021 PSM 2-1 Bali United (Liga 1)

23/11/2019 PSM 1-0 Bali United (Liga 1)

Apakah Wiljan Pluim dkk bisa melanjutkan catatan positif tersebut? Saksikan leg pertama play-off LCA antara Bali United versus PSM Makassar pada Selasa malam (6/6/2023), pukul 19.30 WITA.

Baca Juga: Jadwal Terbaru Bali United Vs PSM Makassar, Kick-Off Dimajukan

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya