Bali United Vs PSM Makassar, Juku Eja Belum Menang di Wayan Dipta

PSM butuh kemenangan untuk memperbaiki peringkat di klasemen

Makassar, IDN Times - PSM Makassar menantang tuan rumah Bali United di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Jumat sore ini (11/8/2023). Kedua tim sama-sama membidik poin penuh di pekan kedelapan BRI Liga 1 2023-2024.

PSM tentu saja ingin meneruskan tren positif yang kembali direngkuh pekan lalu berkat kemenangan 0-1 atas Persita Tangerang. Meski begitu, misi tersebut akan berjalan sulit sebab mereka belum pernah menang lagi di Gianyar sejak 2016, alias 7 tahun silam.

Kubu tuan rumah sendiri butuh poin penuh demi merangsek ke papan atas. Bali United sudah menelan hasil imbang dua kali secara beruntun sebelum laga ini. Termasuk saat mereka bermain 1-1 dengan Persik Kediri di kandang sendiri pekan lalu.

1. PSM Makassar optimis bisa membawa pulang poin dari lawatan ke Gianyar

Bali United Vs PSM Makassar, Juku Eja Belum Menang di Wayan DiptaSalah satu momen leg pertama babak play-off wakil Indonesia di Liga Champions Asia antara Bali United versus PSM Makassar di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar, Selasa 6 Juni 2023. (Instagram.com/baliunitedfc)

Pelatih kepala PSM Makassar, Bernardo Tavares, paham bahwa menghadapi Serdadu Tridatu di Gianyar selalu menjadi ujian sulit. Meski begitu, ia tetap mengusung rasa optimisme. Terlebih mereka bisa memetik hasil imbang pada pertemuan terakhir.

"Besok pertandingan akan dimainkan dengan format 11 lawan 11. Kita lihat saja karena kita tidak berlatih untuk kalah. Kita berlatih (dengan tujuan) untuk selalu menginginkan kemenangan dalam setiap pertandingan," jelasnya dalam sesi jumpa pers pra-pertandingan, Kamis kemain (10/8/2023).

Menilik kondisi skuat Juku Eja mereka siap menurunkan tim terbaik, meski rotasi pemain tetap dipertimbangkan demi menyiasati jadwal padat. Lebih jauh, winger muda Dzaky Asraf dipastikan tetap bermain dalam pertandingan ini.

2. Usai imbang pekan lalu, Bali United wajib menang demi naik ke papan atas klasemen

Bali United Vs PSM Makassar, Juku Eja Belum Menang di Wayan DiptaPesepak bola Bali United Haudi Abdillah (kedua kanan) berebut bola dengan pesepak bola PSM Makassar Everton Nascimento (kanan) saat pertandingan leg pertama babak play off untuk menentukan wakil Indonesia pada Liga Champions Asia 2023/2024 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Selasa (6/6/2023). ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/aww

Kurangnya waktu recovery juga dirasakan oleh Bali United. Alhasil, Stefano "Teco" Cugurra harus melihat sesi latihan terakhir pada Kamis sore (10/8/2023) untuk melihat pemain mana saja yang siap bermain sejak menit pertama.

Bermain di kandang sendiri, Teco berpesan kepada Ricky Fajrin dan kawan-kawan agar tak melepas kans mendulang poin penuh. Mereka masih punya kans melesat ke papan atas, mengingat mereka tak terpaut jauh dari puncak klasemen.

"Di kompetisi Liga 1 juga posisi kami sangat dekat, di mana kami punya 2 poin dari peringkat 1 yaitu Madura United. Mudah-mudahan kami bisa menang agar lebih dekat dengan nomor satu saat ini," harapnya dalam kesempatan terpisah.

3. Juku Eja kalah adu penalti dari Serdadu Tridatu dalam pertemuan terakhir di Parepare

Bali United Vs PSM Makassar, Juku Eja Belum Menang di Wayan DiptaPesepak bola PSM Makassar Wiljan Pluim (kedua kanan) menghalangi pesepak bola Bali United Ricky Fajrin (kanan) pada pertandingan leg kedua babak play off untuk menentukan wakil Indonesia pada Liga Champions Asia 2023/2024 di Stadion Gelora BJ Habibie, Pare-Pare, Sulawesi Selatan, Sabtu (10/6/2023). ANTARA FOTO/HO/PSM/ABHE/tom.

Berikut ini perkiraan susunan pemain kedua tim :

Bali United (4-3-3)

Adilson Maringa (GK); Novri Setiawan, Kadek Arel Priyatna, Elias Dolah, Ricky Fajrin; I Kadek Agung Widnyana, Eber Bessa, Mohammed Rashid; M Rahmat, Elija Spasojevic, Privat Mbarga

PSM Makassar (3-5-2)

Reza Arya Pratama (GK); Erwin Gutawa, Yuran Fernandes, Yance Sayuri; Dzaky Asraf, Muhammad Arfan, Akbar Tanjung, Kenzo Nambu, Yakob Sayuri; Wiljan Pluim, Everton Nascimento

Catatan lima pertemuan terakhir :

10/06/2023 PSM 1-1 Bali United (AP : 4-5) (Play-Off LCA)

06/06/2023 Bali United 1-1 PSM (Play-Off LCA)

20/01/2023 Bali United 2-2 PSM (Liga 1)

29/07/2022 PSM 2-0 Bali United (Liga 1)

07/02/2022 Bali United 2-2 PSM (Liga 1)

Siapa yang mampu mendulang poin penuh di Gianyar? Saksikan pertandingan Bali United versus PSM Makassar pada Jumat sore ini (11/8/2023), pukul 16.00 WITA.

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya