Antarlini PSM Vs Persita, Laga Dua Tim Terluka

Kedua tim kompak mengusung misi bangkit

Makassar, IDN Times - Lanjutan matchday ke-26 BRI Liga 1 2021/22 pada Sabtu ini (19/2/2022) mempertemukan PSM Makassar dengan Persita Tangerang. Berlangsung di Stadion I Gusti Ngurah Rai Denpasar, laga tersebut ibarat duel dua tim terluka.

PSM baru saja dipermalukan oleh Persikabo dengan tiga gol tanpa balas. Sedangkan Persita tertunduk lesu usai kekalahan 2-0 dari Arema FC. Tak ayal, kedua kubu memandang partai ini sebagai saat yang tepat untuk bangkit.

Sebagai pengantar, berikut ini IDN Times membahas kondisi seluruh lini milik Pasukan Ramang dan Pendekar Cisadane.

Baca Juga: PSM Vs Persita, Joop Gall Berharap Bisa Bahagiakan Suporter

1. Hilman Syah tetap diandalkan sebagai penjaga gawang PSM

Antarlini PSM Vs Persita, Laga Dua Tim TerlukaKiper PSM Makassar Hilman Syah dalam sesi latihan di Lapangan Karya Manunggal Sidakarya Denpasar, 4 Februari 2022. (Instagram.com/psm_makassar)

Meski harus tiga kali memungut bola dari jala gawang sendiri di laga terakhir, Hilman Syah bisa melakukan enam saves krusial. Ini menempatkan kiper utama PSM tersebut ke jajaran lima besar penjaga gawang paling rajin menurut LapangBola.com. Pemuda asal Jeneponto tersebut sudah bukukan 61 penyelamatan dari 19 laga yang sudah dijalani, dengan rata-rata 3,21.

Sementara itu dari kubu Persita, kiper Dhika Bayangkara tetap dipercaya mengawal benteng terakhir. Meski baru dimainkan sebanyak 19 kali, ia sudah catatkan 42 saves (2,8 per laga). Tapi, agaknya Dhika masih terbayang pertemuan di putaran pertama. Saat itu, Muhammad Arfan dan Wiljan Pluim bergantian membobol gawangnya.

2. Persita masih andalkan bek kiri Edo Febriansyah (kanan)

Antarlini PSM Vs Persita, Laga Dua Tim TerlukaPesepak bola Borneo FC Terens Owang (kiri) berebut bola dengan pesepak bola Persita Edo Febriansyah (kanan) dalam lanjutan laga Liga 1 di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu (2/10/2021). (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya)

Sanksi Abdul Rachman dan status "abu-abu" Hasyim Kipuw membuat Joop Gall harus memikirkan ulang susunan lini belakang PSM. Bek kiri kemungkinan masih diisi Aditya Putra Dewa, meski masih ada Edgard Amping. Lalu pos bek tengah jadi rebutan Adam Mitter, Erwin Gutawa, Renaldi dan Julyano Pratama. Dan pada bek kanan, kembalinya Dallen Doke membuat persaingan kembali mencuat.

Persita sendiri agaknya masih menurunkan duet palang pintu Dedi Gusmawan - Agung Prasetyo. Tapi, fokus layak diarahkan pada Edo Febriansyah. Catatan bek kiri 24 tahun itu terbilang moncer. Ia sudah lakukan 448 operan sukses (29,87 per laga), 38 tekel, 68 intersep dan 15 clearances. Kelincahan Edo juga kerap membuat bek-bek lawan kelimpungan.

3. Susunan lini tengah PSM masih jadi tanda tanya

Antarlini PSM Vs Persita, Laga Dua Tim TerlukaPesepak bola PSM Makassar Willem Jan Pluim (kiri) berusaha melewati hadangan pesepak bola Persita Tangerang Taufiq Febriyanto (kanan) pada pertandingan Liga I di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Senin (1/11/2021). (ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha)

Rasyid Bakri belum terlihat dalam latihan PSM pada Kamis lalu (17/2/2022), sedang Sutanto Tan sudah mengikuti sesi mini game di hari yang sama. Joop Gall punya kebiasaan tak mengambil risiko menurunkan pemain yang baru pulih dari cedera. Bisa jadi eksperimen kembali dilakukan seperti awal pekan lalu, saat winger Friska Womsiwor malah jadi pendamping Wiljan Pluim dan Muhammad Arfan. Tapi, semua bisa berubah sesuai hasil tes PCR hari ini.

Persita sendiri masih mengandalkan Bae Sin-yeong di sektor tengah. Berperan sebagai gelandang bertahan, pemain asal Korea Selatan tersebut sudah melepas 819 operan sukses (35,61 per laga). Catatan tersrbut membuatnya jadi pemain "paling rajin" di skuad Pendekar Cisadane. Selain itu Sin-yeong juga catatkan 18 tekel, 75 intersep, 10 clearances, 2 asis dan sebiji gol.

4. Irsyad Maulana tampil cukup moncer di sektor depan Pendekar Cisadane

Antarlini PSM Vs Persita, Laga Dua Tim TerlukaPenyerang PSM Makassar Irsyad Maulana dalam sesi latihan di Lapangan Gelora Tri Sakti Badung, Jumat 18 Februari 2022. (Instagram.com/persita.official)

Sektor depan PSM mendapat suntikan tenaga baru setelah Golgol Mebrahtu pulih dari cedera. Pilihan Joop Gall jadi kian banyak. Ini jelas berguna saat hadapi jadwal liga yang padat bukan main. Rotasi mungkin akan ditempuh untuk kedua pos sayap. Yakob Sayuri - Ferdinand Sinaga bisa diturunkan, atau bahkan Rizky Eka - Friska Womsiwor.

Juru taktik Persita, Widodo C. Putro, dibuat pusing setelah duo maut Taylon Correa - Harrison Cardoso terpapar COVID-19. Alhasil, ia bakal kembali mengandalkan stok penyerang lokal yang dimiliki. Seperti Ahmad Nur Hardianto, Ricki Ariansyah, Irsyad Maulana, Sirvi Arfani dan Rishadi Fauzi. Irsyad sudah melesakkan 5 gol, disusul Ahmad Hardianto dengan 4 gol.

Siapa yang akan jadi penentu keberhasilan memboyong poin penuh? Saksikan duel PSM Makassar versus Persita Tangerang pada Sabtu malam ini (19/2/2022), pukul 21.15 WITA.

Baca Juga: 5 Fakta Menarik PSM Vs Persita, Kompak Dirundung Tren Negatif

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya