AFC Cup: Pelatih PSM Soroti Rumput Sintetis Markas Hougang United

Tavares juga meminta anak asuhnya move on dari hasil Liga 1

Makassar, IDN Times - PSM Makassar tak punya banyak waktu jelang laga tandang matchday keempat AFC Cup 2023-24 melawan Hougang United, Kamis besok (9/11/2023). Meski baru dibekuk Persija Jakarta, mereka ingin segera bangkit dan kembali ke jalur kemenangan.

"Kita tidak punya banyak waktu persiapan. Di laga terakhir Hougang United sebenarnya banyak menyulitkan kita. Tapi setelah itu, kita juga menjalani banyak pertandingan dengan beragam masalahnya. Tapi besok kita akan berusaha sebaik mungkin," ujar pelatih kepala Bernardo Tavares dalam sesi jumpa pers jelang pertandingan, Rabu (8/11/2023).

1. Bernardo Tavares meminta anak asuhnya melupakan kekalahan di Liga 1

AFC Cup: Pelatih PSM Soroti Rumput Sintetis Markas Hougang UnitedPelatih kepala PSM Makassar, Bernardo Tavares, berbicara dalam sesi jumpa pers pra-pertandingan matchday ketiga Grup H AFC Cup 2023-24 kontra Hougang United pada Selasa 24 Oktober 2023. (Dok. Ofisial PSM Makassar/Agung Dewantara)

Tavares meminta anak asuhnya tak perlu berlama-lama meratapi kekalahan dramatis atas Macan Kemayoran. Mereka bertandang ke Singapura dengan misi berbeda, sehingga rasa optimisme harus kembali diapungkan. Terlebih peluang mereka untuk lolos dari ketatnya persaingan Grup H masih terbuka.

"Sekarang kita akan mengalihkan fokus. Bukan ke laga terakhir di Liga 1, tapi AFC Cup. Ini adalah saat yang bagus untuk menampilkan seperti apa PSM Makassar, tapi juga sepak bola Indonesia. Ini adalah laga berbeda di kompetisi berbeda, tempatnya juga berbeda," ungkap pelatih berlisensi UEFA Pro tersebut.

2. Rumput sintetis Stadion Jalan Besar menjadi ujian tersendiri untuk pemain PSM

AFC Cup: Pelatih PSM Soroti Rumput Sintetis Markas Hougang UnitedPara pemain Hougang United selepas pertandingan matchday kedua Grup H AFC Cup 2023-24 melawan Hai Phong FC yang berlangsung di Jalan Besar Stadium, Singapure, 6 Oktober 2023. (Asian Football Confederation (AFC))

Lebih jauh, lapangan rumput sintetis Stadion Jalan Besar yang menjadi tempat pertandingan berlangsung menjadi sorotan tersendiri. Tavares menyebut sebagian besar pemainnya tak terbiasa berlaga dengan medan seperti itu. Alhasil, Hougang United pun diuntungkan untuk situasi ini.

"Kita tak terbiasa berlatih atau bertanding di lapangan artifisial seperti ini. Sangat berbeda dengan yang kami rasakan di Bali sebelum-sebelumnya di mana lapangan yang digunakan adalah lapangan berumput alami," jelas pelatih berpaspor Portugal tersebut.

Baca Juga: AFC Cup: Bekuk Hougang United 3-1, PSM Raih Kemenangan Pertama

3. Dzaky Asraf mewaspadai kecepatan para pemain sayap Hougang United

AFC Cup: Pelatih PSM Soroti Rumput Sintetis Markas Hougang UnitedPemain PSM Makassar, Dzaky Asraf, dalam sesi latihan di Indomilk Arena Tangerang pada September 2022. (Instagram.com/psm_makassar)

Dalam kesempatan yang sama, winger Dzaky Asraf sudah mendapat beberapa evaluasi dari pertemuan sebelumnya dengan Hougang. Jebolan akademi PSM itu menyebut bahwa para sayap The Cheetahs berpotensi merepotkan lini belakang Juku Eja.

"Kita harus berhati-hati dengan para pemain sayap Hougang United sebab mereka semua cepat. Sehingga kita semua harus menjaga fokus sepanjang pertandingan," ungkap anak muda berumur 20 tahun tersebut.

Akankah Dzaky Asraf dan kawan-kawan bisa memetik poin di Stadion Jalan Besar Singapura? Saksikan duel Hougang United versus PSM Makassar pada Kamis besok (9/11/2023), pukul 18.00 WITA.

Baca Juga: Tavares Kantongi Evaluasi usai Menang Lawan Hougang di AFC Cup

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya