Comscore Tracker

AFC Cup: Menghitung Kans PSM Makassar Lolos ke Fase Gugur

Juku Eja di atas angin, meski dibayangi KL City FC

Makassar, IDN Times - PSM Makassar berpeluang besar melaju ke fase gugur AFC Cup 2022. Usai menang 1-3 atas Tampines Rovers, Senin (27/6/2022), kini Juku Eja menempati posisi teratas Grup H dengan empat poin.

Hasil dari sekali menang dan sekali imbang membuat kans mereka mengulang capaian di musim 2019 mencapai semifinal Zona ASEAN terbuka lebar. Namun, bagaimana hitungan peluang PSM lolos dari fase penyisihan grup?

Berikut IDN Times menjelaskannya secara singkat.

Baca Juga: Sejarah Panjang PSM Makassar di Kompetisi AFC, DNA Asia!

1. Kans PSM lolos ke fase gugur masih terbilang besar

AFC Cup: Menghitung Kans PSM Makassar Lolos ke Fase GugurSalah satu momen pertandingan Grup H AFC Cup 2022 Tampines Rovers melawan PSM Makassar di KLFA Stadium Kuala Lumpur, Senin 27 Juni 2022. (Dok. MO PSM Makassar)

Hanya bertanding dua kali, PSM kini menaruh harapan pada Tampines Rovers. Anak asuh Gavin Lee tersebut bakal menjajal Kuala Lumpur City FC, Kamis besok (30/6/2022). 

Jika Tampines berhasil menang dengan skor apa pun, maka poin Yasir Hanapi dkk adalah 3. Lebih banyak ketimbang KL City FC yang cuma satu, lantaran ditahan imbang oleh PSM. Skenario ini memuluskan langkah PSM ke fase semifinal Zona ASEAN. Koleksi 4 poin sudah cukup membawa Wiljan Pluim dkk finis sebagai pemuncak klasemen.

PSM juga tetap lolos andai duel KL City FC versus Tampines justru berakhir imbang tanpa pemenang. Bedanya, The Stags melorot ke posisi juru kunci, sedang The City Boys akan tempati peringkat 2 dengan kans yang tetap minim.

2. Kuala Lumpir City FC tetap berpeluang lolos, asalkan...

AFC Cup: Menghitung Kans PSM Makassar Lolos ke Fase GugurSalah satu momen pertandingan Grup H AFC Cup 2022 antara PSM Makassar versus Kuala Lumpur City FC di Kuala Lumpur Stadium pada Jumat 24 Juni 2022. (Dok. MO PSM Makassar)

PSM memang berada di atas angin, tapi KL City FC masih punya kans melaju ke babak gugur. Alhasil, pasukan Bojan Hodak memandang partai kontra Tampines Rovers sebagai duel hidup-mati.

Syaratnya, The City Boys wajib menang dengan skor minimal 2-0. Mereka tak boleh kebobolan lantaran tertinggal dalam urusan selisih gol. Seperti yang diketahui, Pasukan Ramang menjebol gawang The Stags sebanyak tiga kali.

Kini, para pemain KL City FC wajib mempertajam penyelesaian akhir, sesuatu yang luput ketika mereka berjumpa PSM. Tapi, sektor belakang Tampines juga terlihat keteteran kala menghadapi para winger lincah. Ini bisa jadi kelemahan yang akan dieksploitasi Bojan.

3. The City Boys kini hadapi tugas berat di laga pamungkas

AFC Cup: Menghitung Kans PSM Makassar Lolos ke Fase GugurSalah satu momen pertandingan Grup H AFC Cup 2022 antara PSM Makassar versus Kuala Lumpur City FC yang berlangsung di KLFA Stadium, Jumat 24 Juni 2022. (Twitter.com/AFCCup)

Terlepas dari tudingan Bernardo Tavares bahwa KL City FC "diistimewakan" oleh AFC, The City Boys tetap dihadapkan tugas berat. Tampines tak ingin begitu saja ditekuk dengan mudahnya. Ini membuat Romel Morales, striker KL City FC, bertekad all out demi satu tiket ke fase gugur.

"Penting untuk memperlihatkan performa yang bagus. Saya memberikan segala fokus saya dan mencoba lakukan yang terbaik sepanjang waktu. Bahkan jika saya tidak mencetak gol, saya mencoba membantu orang lain untuk mencetak gol karena tidak masalah siapa yang mencetak gol," ujarnya seperti dilansir situs resmi KL City FC pada Senin lalu (27/6/2022).

"Yang penting adalah mengumpulkan gol dan mendapatkan poin sebanyak mungkin," imbuh penyerang asal Kolombia itu.

Baca Juga: Hajar Tampines Rovers, Pelatih PSM Tetap Murka dengan Kinerja Wasit

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya