AFC Cup: Jelang Jumpa Hai Phong, Pelatih PSM Titip Pesan ke Suporter

Juku Eja wajib menang demi menjaga kans lolos ke fase gugur

Makassar, IDN Times - Pelatih kepala PSM Makassar, Bernardo Tavares, berharap dukungan suporter saat menjamu Hai Phong FC pada Kamis pekan depan (30/11/2023). Anak asuhnya harus meraih poin penuh pada matchday kelima AFC Cup 2023-24 tersebut demi menjaga asa lolos ke babak gugur.

"Kami juga berharap suporter hadir pada laga kandang terakhir AFC Cup di Bali tanggal 30 November dan juga pertandingan terakhir kita di Parepare melawan Bhayangkara pada 8 Desember nanti. Karena dengan dukungan kalian, kami bisa lakukan hal yang fantastis," ujar Tavares dalam jumpa pers selepas duel versus Persikabo, Kamis lalu (23/11/2023).

Baca Juga: AFC Cup: Menghitung Kans PSM Makassar Lolos ke Fase Gugur

1. PSM berpeluang menggeser Hai Phong di peringkat dua klasemen Grup H

AFC Cup: Jelang Jumpa Hai Phong, Pelatih PSM Titip Pesan ke SuporterSalah satu momen pertandingan matchday pertama Grup H AFC Cup 2023-24 antara Hai Phong FC versus PSM Makassar yang berlangsung di Lach Tray Stadium, Hai Phong, Vietnam, Kamis 21 September 2023. (Asian Football Confederation (AFC))

Hai Phong FC saat ini duduk di peringkat dua klasemen sementara Grup H dengan koleksi 6 poin. Perolehan tersebut identik dengan PSM, tapi hanya berbeda selisih gol. Juku Eja baru memasukkan 6 gol, sedang The Red Tide lebih agresif dengan 8 gol.

Kemenangan atas Hai Phong di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar sendiri belum cukup. Mereka harus berharap Sabah FC sang pemuncak klasemen sementara terpeleset ketika melawat ke Jalan Besar Stadium, markas wakil Singapura yakni Hougang United.

2. Tavares ingin menjaga tren positif yang sedang dijalani timnya beberapa laga terakhir

AFC Cup: Jelang Jumpa Hai Phong, Pelatih PSM Titip Pesan ke SuporterPelatih kepala PSM Makassar, Bernardo Tavares, berbicara dalam sesi jumpa pers pra-pertandingan matchday ketiga Grup H AFC Cup 2023-24 kontra Hougang United pada Selasa 24 Oktober 2023. (Dok. Ofisial PSM Makassar/Agung Dewantara)

Berbicara lebih jauh, kemenangan 3-1 atas Persikabo disebut menjadi modal berharga jelang menjamu tamu asal Vietnam. Terlebih Muhammad Arfan dan kawan-kawan berhasil mengantongi dua kemenangan beruntun di ajang AFC Cup.

"Kemenangan ini sangat penting bagi kita, saya senang terhadap para pemain. Seperti yang selalu saya katakan, kita menang dan kalah bersama-sama. Sebuah kemenangan merupakan hasil dari kerja para pemain, staf ofisial, manajeman dan tentunya suporter," imbuh sosok juru taktik asal Portugal tersebut.

3. Juku Eja wajib menyapu bersih dua laga terakhir fase penyisihan grup

AFC Cup: Jelang Jumpa Hai Phong, Pelatih PSM Titip Pesan ke SuporterAksi pemain anyar PSM Makassar, Joao Pedro (kiri), dalam pertandingan matchday pertama Grup H AFC Cup 2023-24 versus Hai Phong FC di Lach Tray Stadium, Hai Phong, Vietnam, Kamis 21 September 2023. (Asian Football Confederation (AFC))

Kans PSM Makassar untuk melaju ke semifinal Zona ASEAN AFC Cup bergantung pada hasil pertandingan dua pesaingnya yakni Hai Phong dan Sabah FC. Jika berhasil menekuk Hai Phong dan Sabah FC dibekuk Hougang United, Pasukan Ramang naik satu strip ke peringkat dua klasemen sementara.

Laga pamungkas melawan Sabah FC pada 14 Desember 2023 mendatang akan menjadi penentuan. Jika berhasil mencuri poin, PSM tetap menjaga persaingan perebutan tiket babak gugur. Meski begitu, kans menjadi runner-up terbaik cukup sulit lantaran Phnom Penh Crown FC (Grup F) dan Terengganu FC (Grup G) juga tak kalah moncernya.

Baca Juga: Keok, Asa Bali United ke Fase Gugur AFC Cup Menipis

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya