AFC Cup: Diundi Siang Ini, Simak Pembagian Pot Tim Zona ASEAN

PSM Makassar berpotensi tergabung dengan klub-klub debutan

Makassar, IDN Times - Setelah memastikan diri menggenggam tiket ke fase penyisihan grup AFC Cup 2023-24, PSM Makassar kini hanya menunggu hasil drawing. Proses pembagian grup sendiri akan berlangsung di markas AFC yang berada di Kuala Lumpur, Malaysia, pada Kamis siang ini (24/8/2023).

Pasukan Ramang sendiri mengikuti AFC Cup untuk kali empat sepanjang sejarah, termasuk pada edisi 2020 yang dihentikan akibat pandemi COVID-19. Tapi, ini adalah keikutsertaan ke-10 untuk ajang antarklub Asia setelah pertama kali melakukannya pada Asian Club Championship 1996-97.

Baca Juga: Lolos ke AFC Cup, Pelatih PSM Makassar Puas dengan Performa Timnya

1. Sabah FC, salah satu tim debutan AFC Cup musim ini, berpotensi menjadi lawan PSM Makassar

AFC Cup: Diundi Siang Ini, Simak Pembagian Pot Tim Zona ASEANPara pemain klub Liga Super Malaysia, Sabah FC, dalam sesi latihan pada 3 Agustus 2023. (Dok. Sabah-FC.com)

Yang menarik, PSM akan berhadapan dengan para debutan alias tim-tim yang baru pertama kali tampil di AFC Cup. Mereka adalah Haiphong FC asal Vietnam, klub Malaysia yakni Sabah FC yang diperkuat Saddil Ramdani, hingga dua wakil Filipina yakni Dynamic Herb Cebu serta Stallion Laguna.

Lebih jauh, Australia juga mengirim wakil untuk pertama kalinya di ajang ini. Mereka adalah juara A-League 2022-23 Central Coast Mariners dan jawara Australia Cup 2022 yakni Macarthur FC.

2. Kekuatan finansial menjadi salah satu pembeda Juku Eja dengan tim-tim kontestan lainnya

AFC Cup: Diundi Siang Ini, Simak Pembagian Pot Tim Zona ASEANPelatih PSM Makassar Bernardo Tavares berbicara dalam sesi jumpa pers pra-pertandingan final Zona ASEAN AFC Cup 2022 kontra Kuala Lumpur City FC, Selasa 23 Agustus 2022. (Dok. MO PSM Makassar)

Pelatih kepala PSM Makassar, Bernardo Tavares, menyebut kekuatan finansial jadi pembeda timnya dengan para calon lawan di fase grup. Tapi, bukan berarti Wiljan Pluim dan kawan-kawan langsung mengibar bendera putih.

"Kalau kalian lihat calon-calon lawan kita di AFC Cup, kalian juga harus membandingkan anggaran mereka. Sangat jauh berbeda dengan kita. Tapi kita harus tetap rendah hati dan melakukannya bersama-sama. Mulai dari manajemen klub, suporter hingga pemain," ungkapnya dalam sesi jumpa pers selepas laga kontra Yangon United rampung.

3. Pasukan Ramang masuk dalam pot 4 bersama Central Coast Mariners dan Phnom Penh Crown

AFC Cup: Diundi Siang Ini, Simak Pembagian Pot Tim Zona ASEANPara pemain PSM Makassar merayakan gol ke gawang Kedah Darul Aman FC dalam laga semifinal Zona ASEAN AFC Cup 2022 yang berlangsung di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar, Selasa 9 Agustus 2022. (the-afc.com)

Berikut ini pembagian pot klub untuk proses drawing AFC Cup 2023-24 Zona ASEAN :

Pot 1 : Haiphong FC (Vietnam), Dynamic Herb Cebu FC (Filipina), Terengganu FC (Malaysia)

Pot 2 : Macarthur FC (Australia), Hougang United (Singapura), Bali United (Indonesia)

Pot 3 : Shan United FC (Myanmar), Stallion Laguna FC (Filipina), Sabah FC (Malaysia)

Pot 4 : Central Coast Mariners (Australia), Phnom Penh Crown FC (Kamboja), PSM Makassar (Indonesia)

Baca Juga: Libas Yangon United 4-0, PSM Makassar Genggam Tiket Fase Grup AFC Cup!

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya