Comscore Tracker

AFC Cup 2020: Jumpa Tampines Rovers, Pelatih PSM Enggan Sesumbar

Bojan Hodak memperkirakan laga ini akan berlangsung sengit

Rabu 12 Februari 2020, Jalan Besar Stadium - Singapura, 19.45 WITA.

Makassar, IDN Times - Pelatih PSM Makassar, Bojan Hodak, menyebut bahwa matchday pembuka babak penyisihan Grup H AFC Cup 2020 kontra Tampines Rovers, Rabu (12/2) esok akan berlangsung sulit. Alasannya? The Stags memiliki riwayat panjang di kancah Asia sehingga tak pantas dipandang sebelah mata.

Bojan juga tak memandang hasil tiga laga terakhir Tampines -termasuk dua uji coba- yang hasilnya belum memuaskan. "Mereka baru saja bermain di babak kualifikasi AFC Champions League 2020. Meski kalah, laga lawan Bali United sudah menunjukkan kualitas mereka," ungkapnya dalam sesi jumpa pers pra-pertandingan pada Selasa (11/2) siang, bertempat di Hotel Holiday Inn, Orchard City Centre.

1. Tampines Rovers tak melakukan banyak perombakan jelang musim 2020

AFC Cup 2020: Jumpa Tampines Rovers, Pelatih PSM Enggan SesumbarInstagram.com/tampinesrovers

Bojan turut menyebut juara dua Singapore Premier League 2019 itu memiliki tim yang sudah padu satu sama lain. Perombakan memang tetap dilakukan jelang musim 2020, namun tak lantas menjadi "cuci gudang".

Total Tampines Rovers hanya merekrut lima pemain, dua di antaranya yakni gelandang Kyoga Nakamura asal Jepang serta ujung tombak Boris Kopitovic yang berpaspor Montenegro. Boris patut diwaspadai sebab telah mencetak tiga gol dalam tiga penampilan terakhir.

"Banyak dari pemain Tampines yang sudah bersama selama dua hingga tiga tahun. Berbeda dengan kami di mana ada beberapa pemain baru bergabung selama beberapa hari. Tapi apapun kondisinya, kami harus siap," lanjut Bojan.

2. PSM melawat tanpa Wiljan Pluim akibat hukuman kartu merah di leg kedua babak play-off

AFC Cup 2020: Jumpa Tampines Rovers, Pelatih PSM Enggan SesumbarDok. Istimewa (MO PSM Makassar/Ahmad Alia)

Lebih jauh, Bojan telah mengantongi sejumlah nama pemain lawan yang pantas diwaspadai. "Saya pikir lini serang Tampines sudah sangat bagus, begitu juga beberapa pemain baru Tampines. Salah satunya yakni gelandang asal Jepang ( Kyoga Nakamura). Kami akan berusaha mencari kelemahan mereka di laga besok," paparnya.

Juku Eja sendiri harus kehilangan sang kapten tim, Wiljan Pluim, ditambah gelandang muda Muhammad Arfan akibat hukuman kartu merah. Namun ia mengaku masih punya opsi pemain pelapis yang sama bagusnya.

"Ada tiga pemain baru yang bergabung. Di akhir Januari ada (winger) Yakob Sayuri dan (bek kiri) Rony Beroperay, sementara beberapa hari lalu pemain berkualitas lain yaitu Serif Hasic (bek tengah) sudah bergabung dengan tim," ungkap Hodak.

Baca Juga: Isu Corona, PSM Makassar Dapat Perlakuan Khusus Jelang Laga AFC Cup

3. Bojan Hodak enggan bebankan target muluk-muluk di pundak para pemain PSM

AFC Cup 2020: Jumpa Tampines Rovers, Pelatih PSM Enggan SesumbarDok. PSM Makassar

Lebih jauh, Bojan enggan sesumbar untuk target AFC Cup 2020. Meski pada musim lalu Pasukan Ramang berhasil menembus semifinal Zona ASEAN, dirinya sadar dengan kondisi tim yang belum padu sepenuhnya.

"Saya tak mau menaruh target muluk-muluk di pundak para pemain. Itu akan membebani mereka. Dan para pemain di sepak bola Asia Tenggara tak terbiasa dengan tekanan. Jadi saya akan mengamati situasi dari satu laga ke laga lainnya," tegas pelatih berpaspor Kroasia tersebut.

Bojan mengaku masih butuh waktu untuk mematangkan sektor belakang, ditambah kerjasama dan pengertian antar pemain. Di leg pertama babak play-off kontra Lalenok United, ada enam hingga tujuh pemain yang tampil sepanjang 90 menit. Alhasil ia akan memaksimalkan masa dua pekan sebelum Liga 1 2020 bergulir.

4. Juku Eja harus melawat ke Singapura di tengah merebaknya wabah virus Corona

Menyoal virus Corona yang sedang merebak di sejumlah negara Asia, Bojan menyebut Singapura selalu memiliki cara untuk menangkal wabah. "Saya pikir Singapura selalu terorganisir dalam situasi seperti ini. Tak masalah saat di ruangan terbuka, tapi beda ceritanya jika berbicara hotel dan pusat perbelanjaan," selorohnya.

PSM bukannya tanpa langkah pencegahan. Aktivitas para pemain dan ofisial hanya dibatasi dalam kamar hotel. Tim dokter pun telah memberi suplai masker dan vitamin untuk masing-masing orang selama berada di Singapura hingga Jumat (14/2) mendatang.

Di sisi lain, AFC telah mengubah tanggal pertandingan preliminary round untuk satu tiket ke Grup I Zona Asia Timur AFC Cup 2020. Laga Ulanbaatar City FC (Mongolia) dan Taipower Company (Taiwan), yang sempat dijadwalkan akhir Januari, dipindah ke tanggal 5 dan 12 Februari.

5. Sanggupkah Pasukan Ramang memetik hasil maksimal kala menantang The Stags?

AFC Cup 2020: Jumpa Tampines Rovers, Pelatih PSM Enggan SesumbarIDN Times/Ilyas Listianto Mujib

Berikut prakiraan susunan pemain kedua kesebelasan :

Tampines Rovers (4-4-2)

Zulfairuuz Rudy (GK); Irwan Shah, Daniel Bennett, Amirul Adli, Madhu Mohana; Shah Shahiran, Kyoga Nakamura, Yasir Hanapi, Zehrudin Mehmedovic; Jordan Webb, Boris Kopitovic

PSM Makassar (4-3-3)

Miswar Saputra (GK); Asnawi Mangkualam Bahar, Hussein El-Dor, Ahmad Agung, Leo Guntara; Rizky Pellu, Serif Hasic, Rizky Pellu; M. Rizky Eka Pratama, Giancarlo Lopes, Ferdinand Sinaga

Baca Juga: Mengintip Kekuatan Calon Lawan PSM Makassar di AFC Cup 2020

Topic:

  • Ach. Hidayat Alsair
  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya