Comscore Tracker

Adu Catatan Asia Milik PSM Makassar dan Kedah Darul Aman FC

Akan bertemu di babak semifinal Zona ASEAN AFC Cup 2022

Makassar, IDN Times - PSM Makassar lolos lagi ke fase semifinal Zona ASEAN AFC Cup. Mereka melaju dengan status pemuncak klasemen Grup H, didampingi Kuala Lumpur City FC sebagai runner-up terbaik. Tapi, Juku Eja sudah memastikan diri meraih tiket babak gugur berkat kemenangan Viettel FC menghajar Hougang United 5-2 di laga terakhir Grup I pada Kamis sore (30/6/2022).

Ini seolah sesuai dengan istilah yang belakangan diapungkan para suporter beberapa hari terakhir yakni "DNA Asia." Tanpa menghitung edisi 2020 yang berhenti akibat pandemik COVID-19, PSM dua kali beruntun alias back-to-back melangkah cukup jauh alih-alih berhenti di fase grup. Terlebih mereka baru debut di ajang AFC Cup pada musim 2019.

1. PSM bisa lolos dua kali beruntun dari fase penyisihan grup AFC Cup

Adu Catatan Asia Milik PSM Makassar dan Kedah Darul Aman FCSalah satu momen pertandingan Grup H AFC Cup 2022 Tampines Rovers melawan PSM Makassar di KLFA Stadium Kuala Lumpur, Senin 27 Juni 2022. (Dok. MO PSM Makassar)

Pada AFC Cup 2019, PSM finis sebagai juara Grup H tanpa sekalipun terkalahkan. Mereka meraih 14 poin berkat empat kali kemenangan dan sepasang hasil imbang. Pesaing terdekat, Home United (Singapura), bisa ditahan 1-1 dan dibekuk 3-2 kala saling jajal di Pakansari.

Sayang, anak asuh Darije Kalezic tak mampu melewati hadangan wakil Vietnam yakni Becamex Binh Duong. Kalah 1-0 saat tandang ke Thu Dau Mot, PSM bisa menekuk The Eastern Whirlwind 2-1 di leg kedua yang berlangsung di Pakansari. Agregat memang jadi 2-2, tapi mereka gagal akibat aturan gol tandang.

2. Kedah FC lolos dramatis ke babak gugur setelah menggulung wakil Kamboja

Adu Catatan Asia Milik PSM Makassar dan Kedah Darul Aman FCSelebrasi para pemain Kedah Darul Aman FC dalam laga babak penyisihan Grup G AFC Cup 2022 versus Visakha FC di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar, Kamis 30 Juni 2022. (the-afc.com)

Di fase semifinal Zona ASEAN AFC Cup 2022, mereka sudah ditunggu tim Kedah Darul Aman FC. Runner-up Liga Super Malaysia 2021 tersebut berstatus sebagai juara Grup G, menyingkirkan dua pesaing lain yakni Visakha FC asal Laos dan Bali United. Kendati cuma mengoleksi 6 poin, Sang Kenari lebih agresif untuk urusan mencetak gol.

Bagi Kedah FC, ini adalah ajang kontinental kedua mereka dalam tiga tahun terakhir, tanpa menghitung edisi 2021 yang gagal memutar Zona ASEAN. Prestasi terbaik mereka adalah menembus babak 16 besar AFC Cup 2009, setelah finis di peringkat dua babak penyisihan.

Adapundi tahun 2020, Kedah FC terjun di babak kualifikasi AFC Champions League, kendati kalah 1-4 dari Seoul FC.

Baca Juga: Winger PSM Beberkan Cara Bernardo Tavares Motivasi Pemain Juku Eja

3. Sang Kenari harus bertandang ke Bekasi sebagai tamu Pasukan Ramang

Adu Catatan Asia Milik PSM Makassar dan Kedah Darul Aman FCSelebrasi para pemain Kedah Darul Aman FC dalam laga babak penyisihan Grup G AFC Cup 2022 versus Visakha FC di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar, Kamis 30 Juni 2022. (Twitter.com/kda_fc)

Duel antara Pasukan Ramang versus Hijau Kuning akan berlangsung pada 9 Agustus, dalam format single match alias hanya satu pertandingan saja alih-alih kandang-tandang. Status Wiljan Pluim dkk sebagai juara grup membuat mereka berhak menjamu tamu dari Malaysia di Stadion Patriot Candrabhaga Bekasi.

Usai memastikan diri lolos ke semifinal AFC Cup Zona ASEAN, anak asuh Bernardo Tavares kini mengalihkan fokus ke laga perempat final Piala Presiden 2022. Mereka akan bertamu ke Stadion Segiri Samarinda untuk menantang Borneo FC, pada hari Minggu mendatang (3/7/2022).

Baca Juga: AFC Cup: Menghitung Kans PSM Makassar Lolos ke Fase Gugur

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya