Kabar Baik, Markkanen Dipastikan Bela PSM di Piala AFC

Sempat diragukan karena urusan administrasi

Makassar, IDN Times - PSM Makassar dipastikan akan diperkuat striker asal Finlandia Eero Markkanen di Piala AFC 2019. Sebelumnya pemain tim nasional Finlandia itu diragukan tampil di kompetisi level internasional karena masalah administrasi.

Masalah yang dimaksud adalah penerbitan International Transfer Certificate (ITC), yang wajib dimiliki pemain dalam transfer antarklub beda negara. Fungsi ITC adalah sebagai tanda pemain memutus kerja sama dengan klub lama dan memulai dengan klub baru. Tanpa ITC, pemain bisa ditolak bermain di Piala AFC.

“ITC Eero melalui TMS (Transfer Matching System) FIFA telah terbit dan telah kita susulkan dokumen tersebut, sehingga dia bisa bermain di AFC Cup,” kata Sekretaris Klub PSM Makassar Andi Widya Syadzwina, dalam keterangan yang diterima Rabu (20/2).

Baca Juga: Hujan Gol, PSM Makassar Hajar Perseru Serui 9-0!

1. PSM sempat khawatirkan tenggat pendaftaran pemain

Kabar Baik, Markkanen Dipastikan Bela PSM di Piala AFCTwitter @PSM_Makassar

Wina mengatakan, PSM sejak awal sudah yakin bisa memainkan Markkanen di Piala AFC. Pemain berusia 27 tahun itu tetap disertakan dalam skuat, meski ITC belum terbit saat klub mendaftarkan pemain jelang tenggat.

Markkanen bergabung pada Januari 2019, atau beberapa pekan sebelum batas akhir pendaftaran skuat di Piala AFC. Beruntung, sebab PSM boleh menyertakan dokumen ITC belakangan.

“Manajemen terus berupaya untuk melengkapi berkas yang dibutuhkan. Alhamdulillah, upaya itu ada hasilnya,” ucap Wina.

2. Pertandingan pertama dimainkan 27 Februari

Kabar Baik, Markkanen Dipastikan Bela PSM di Piala AFCthe-afc.com

PSM bergabung dalam Grup H Piala AFC 2019 bersama Home United asal Singapura, Kaya FC-Iloilo (Filipina), dan Lao Toyota FC (Laos). Pada pertandingan pertama, PSM akan bertandang ke markas Home United pada 27 Februari.

Pelatih Darije Kalezic menyatakan timnya memiliki cukup kualitas untuk bersaing di kompetisi level Asia. Meski begitu, dia tetap butuh pemahaman soal tim-tim yang akan dihadapi. Sejauh ini dia mengaku belum mengakui kualitas rival PSM di babak kualifikasi.

“Kami akan menganalisis kekuatan semua lawan. Tapi di luar itu saya selalu optimistis bisa lolos dari grup,” ujar Kalezic.

3. Markkanen menjelma jadi mesin gol

Kabar Baik, Markkanen Dipastikan Bela PSM di Piala AFCIDN Times / Istimewa

Didatangkan dari klub Dalkurd asal Swedia, Markkanen langsung menjadi tumpuan utama di lini depan PSM Makassar. Dia telah mengoleksi enam gol dari empat pertandingan di Piala Indonesia. Torehan itu hanya kalah dari rekannya Zulham Zamrun, pencetak tujuh gol di ajang yang sama.

Kepastian Markkanen tampil di AFC menjadi angin segar bagi PSM. Sebab di barisan pemain penyerang, mereka dipastikan kekurangan satu amunisi. Guy Junior hampir pasti tidak bisa turun karena terkendala aturan soal naturalisasi.

Baca Juga: Hampir Pasti Lolos, PSM Fokus Asah Taktik

Topic:

  • Yogie Fadila

Just For You