Fokus AFC Cup, PSM Kesampingkan Ajang Piala Presiden 2019

PSM akan bertanding melawan Kalteng Putra, Rabu besok

Makassar, IDN Times - PSM Makassar menegaskan bahwa AFC Cup menjadi fokus utama sebelum tim menyambut kompetisi domestik Liga 1 musim 2019. Dengan kata lain, Piala Presiden 2019 tidak jadi prioritas.

Penegasan itu diungkapkan pelatih PSM, Darije Kalezic, jelang pertandingan perdana babak kualifikasi Grup C Piala Presiden 2019. Tim asal ibu kota Sulawesi Selatan itu akan bertanding melawan Kalteng Putra, di Stadion Moch. Soebroto Magelang, Jawa Tengah, Rabu (6/3) besok.

Pertandingan ini berselang satu pekan sebelum jadwal AFC Cup. PSM akan menjamu Lao Toyota FC asal Laos, di Stadion Pakansari, Bogor, 13 Maret mendatang.

“Kami sedikit sibuk untuk mempersiapkan diri (di Piala Presiden), karena kami juga bermain untuk AFC Cup. Jadi hasil (besok) bukan prioritas kami,” kata Kalezic pada konferensi pers jelang pertandingan, Selasa (5/3).

Baca Juga: PSM Makassar Bidik Kemenangan Ketiga Kontra Kalteng Putra

1. Piala Presiden jadi ajang unjuk kemampuan pemain

Fokus AFC Cup, PSM Kesampingkan Ajang Piala Presiden 2019Dok. PSM Makassar

Kalezic masuk ke PSM pada Januari 2019, menggantikan pelatih sebelumnya, Robert Rene Alberts. Sejak itu, pria asal Bosnia itu mengaku belum bisa melihat kualitas skuatnya secara utuh. Selain waktu yang ringkas, PSM juga tidak punya kesempatan menggelar pertandingan uji coba.

Sejauh ini Kalezic mampu membawa timnya lolos ke babak 8 Besar Piala Indonesia. Di AFC Cup, PSM bermain imbang lawan Home United pada pertandingan perdana. Meski telah melalui serangkaian pertandingan, dia tetap merasa waktunya terbatas untuk mengeksplor para pemain yang tersedia.

Pertandingan Piala Presiden bisa disebut jadi ajang coba-coba, karena Kalezic bermaksud memainkan anggota skuat yang selama ini belum banyak diturunkan. “Piala Presiden momen bagus untuk melihat pemain. Saya akan memberikan waktu kepada mereka di pertandingan pertama,” ucap Kalezic.

2. Pluim puji kualitas calon lawan

Fokus AFC Cup, PSM Kesampingkan Ajang Piala Presiden 2019Instagram/ psm_makassar

Baca Juga: Gol Eero Markkanen Jadi Goal of the Week Matchday Pertama AFC Cup 2019

Di Grup C Piala Presiden 2019, PSM bergabung bersama Persipura, PSIS, dan Kalteng Putra. Klub yang disebut terakhir, sebelumnya telah dua kali dikalahkan pada babak 32 besar Piala Indonesia 2019.

Kapten PSM, Wiljan Pluim, turut melontarkan pujian terhadap calon lawan-lawannya. Dia menganggap para tim peserta Liga 1 sedang dalam kondisi bagus dan dihuni pemain-pemain berkualitas. Meski bukan prioritas, pemain asal Belanda tetap menjanjikan penampilan maksimal saat bertemu di lapangan.

“Tim-tim bagus di grup kami, apalagi PSIS bermain di kandang. Ini kesempatan kami untuk melihat sejauh mana posisi PSM di antara klub-klub lain di nasional,” katanya.

3. Grup C jadi ajang reuni bersama Luciano Leandro

Fokus AFC Cup, PSM Kesampingkan Ajang Piala Presiden 2019Dok. PSM Makassar

Piala Presiden 2019 akan jadi momen spesial, menandai reuni PSM Makassar dengan Luciano Leandro. Pria asal Brasil itu kini berstatus pelatih Persipura Jayapura, setelah didepak dari kursinya di PSM Makassar pada tahun 2016.

Luciano menyatakan tidak sabar menanti pertandingan pertama melawan PSIS. Dia ingin pemain menunjukkan perjuangan terbaik di lapangan, terlepas dari hasil akhirnya kemudian. Piala Presiden dianggap ajang yang tepat untuk melihat kesiapan tim menuju Liga 1.

“Kita respect dengan semua tim, tapi kita juga optimistis di sini. Saya sudah minta kepada pemain agar beri 100 persen. Kalau sudah usaha keras, itu sudah cukup bagi kita,” Luci menerangkan.

Baca Juga: PSM Makassar Bidik Kemenangan Ketiga Kontra Kalteng Putra

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Just For You