Darije Kalezic Optimistis Kans PSM di Piala AFC

Ditarget lolos dari babak kualifikasi grup

Makassar, IDN Times - Darije Kalezic optimistis tim yang dia latih, PSM Makasar, bisa berbicara banyak pada ajang Piala AFC 2019. Sebelumnya pria asal Bosnia itu ditarget membawa tim lolos dari babak kualifikasi grup.

“Saya selalu optimistis. Kita punya peluang baik untuk itu (lolos),” kata Kalezic melalui keterangan Media Officer PSM Makassar, Jumat (8/2).

Skuat PSM Makassar kini tengah berada di Yogyakarta untuk menjalani pemusatan latihan. Program tersebut menjadi kesempatan pertama Kalezic untuk memimpin latihan tim, setelah bergabung pada Januari lalu.

1. Pelatih masih menganalisis peta kekuatan calon lawan

Darije Kalezic Optimistis Kans PSM di Piala AFCIDN Times/Abdurrahman

Kalezic menyatakan timnya memiliki cukup kualitas untuk bersaing di kompetisi level Asia. Meski begitu, dia tetap butuh pemahaman soal tim-tim yang akan dihadapi. Sejauh ini dia mengaku belum mengakui kualitas rival PSM di babak kualifikasi.

PSM bergabung dalam Grup H Piala AFC 2019 bersama Home United asal Singapura, Kaya FC-Iloilo (Filipina), dan Lao Toyota FC (Laos). Pada pertandingan pertama, PSM akan bertandang ke markas Home United pada 27 Februari. “Kami akan menganalisis kekuatan semua lawan. Tapi di luar itu saya selalu optimistis bisa lolos dari grup,” ujar Kalezic.

Baca Juga: Darije Kalezic, Mantan Pelatih PSV yang Resmi Tangani PSM Makassar

2. PSM mengasah taktik selama di Yogyakarta

Darije Kalezic Optimistis Kans PSM di Piala AFCIDN Times / Istimewa

Para pemain PSM menjalani pemusatan latihan per hari ini, Jumat (8/2). Mereka menghadapi berbagai program yang disusun Kalezic, yang dipusatkan di lapangan Jogjakarta International School (JIS).

Kalezic mengatakan, pemusatan latihan dimanfaatkan untuk mempersiapkan kondisi tim serta mengasah taktik sebelum menghadapi kompetisi. Pada masa awal melatih, pria berusia 49 tahun itu mengaku senang dengan para pemain dan semua hal di PSM. “Tim ini sangat bagus, terasa spesial,” katanya.

3. Jadwal di Piala Indonesia masih simpang siur

Darije Kalezic Optimistis Kans PSM di Piala AFCIDN Times / Aan Pranata

PSM menjadwalkan pemusatan latihan di Yogyakarta selama dua pekan ke depan. Namun program akan disesuaikan dengan jadwal pertandingan di Piala Indonesia. PSM lolos ke babak 16 besar, setelah mengalahkan Kalteng Putra di babak sebelumnya. 

CEO PSM Makassar, Munafri Arifuddin, mengatakan bahwa pihaknya kini menunggu pengundian lawan serta jadwal bertanding di Piala Indonesia. Selama belum ada kepastian, pemusatan latihan tetap sesuai rencana awal. “Di Yogya banyak tempat yang bisa dipakai untuk latihan. Untuk mencari lawan uji coba juga banyak pilihan,” Munafri menerangkan. 

Baca Juga: Sambut Piala AFC, PSM Makassar Gelar Pemusatan Latihan di Yogyakarta

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Just For You