Sulsel di Hari ke-8 PON Papua: Ada Tambahan Perak dan Perunggu

Belum ada medali emas berhasil direngkuh

Makassar, IDN Times - Kontingen Sulawesi Selatan (Sulsel) kembali menambah perolehan medali di hari kedelapan PON XX 2021 Papua. Total ada tiga medali tambahan yang bisa diraih dari tiga cabang olahraga pada Rabu ini (29/9/2021). Tapi, belum ada emas berhasil direngkuh.

Berikut IDN Times menyajikan ringkasan rekap capaian kontingen Sulsel di PON Papua 2021 pada beberapa pertandingan yang dihelat hari ini.

1. Kalah di final nomor "double event", tim sepak takraw putra harus puas dengan perak

Sulsel di Hari ke-8 PON Papua: Ada Tambahan Perak dan PerungguPartai Final Sepak Takraw Putra Double antara Sulawesi Selatan melawan Jawa Timur di GOR Trikora UNCEN Jayapura. Rabu, (29/09/2021).(Foto PB PON XX PAPUA/Ardy Alvez)

Tim sepak takraw putra Sulsel harus puas dengan medali perak. Berjumpa Jawa Timur (Jatim) di final nomor double event di GOR Trikora Universitas Cenderawasih, Kota Jayapura, Rabu pagi (29/9/2021), mereka ditekuk dengan skor 2-1.

Regu pertama Sulsel memulai final dengan meyakinkan. Mereka menang dua set langsung yakni 16-21 dan 15-21. Tapi Jatim langsung menyamakan perolehan angka lewat laga regu kedua dengan skor 21-16 dan 21-13.

Partai regu penentuan berlangsung seru. Set pertama dimenangkan Sulsel dengan skor ketat 25-23. Tapi Jatim tampil baik di dua set sisa dengan keunggulan 21-13 dan 21-17.

2. Perunggu kedua datang dari cabang olahraga kriket nomor "Super 8"

Sulsel di Hari ke-8 PON Papua: Ada Tambahan Perak dan PerungguTim kriket putri Sulawesi Selatan berpose sebelum laga babak penyisihan Grup B kontra Bali di Lapangan Kriket Doyo Baru, Kabupaten Jayapura, Sabtu 25 September 2021. (PB PON XX PAPUA / Soleha)

Tim kriket putri Sulsel memberi perunggu kedua. Tampil di semifinal nomor "Super 8" yang berlangsung di Lapangan Kriket Doyo Baru, Kabupaten Jayapura, Rabu pagi (29/9/2021), runner-up Grup B itu harus mengakui keunggulan Bali (juara Grup A) dengan skor tipis 84-83.

Hasil ini membuat mereka berbagi perunggu dengan Kalimantan Timur yang dibekuk DKI Jakarta dengan skor 69-71.

3. Judoka Aditya Wahyu sumbang medali perak ketiga

Sulsel di Hari ke-8 PON Papua: Ada Tambahan Perak dan PerungguJudoka asal Jawa Barat, Toni Irawan (Biru) saat bertanding melawan Aditya Wahyudi dari Sulawesi Selatan pada babak final. (Dok. Humas PON XX 2021 Papua)

Perak ketiga Sulsel datang dari cabang olahraga judo. Aditya Wahyu terpaksa mengakui keunggulan judoka Jawa Barat, Toni Irawan, dalam final judo kelas -60 kg.

Berlangsung di Graha Eme Neme Yauware, Kota Timika, Rabu siang (29/9/2021), partai puncak berlangsung alot hingga para judoka harus melewati fase golden score untuk menentukan pemenang. Namun, Aditya harus mengakui keunggulan sang lawan.

Baca Juga: Sulsel di Hari ke-7 PON Papua: Takraw dan Kriket Buka Kans Sabet Emas

4. Sudah mengumpulkan total 5 medali, belum ada emas

Sulsel di Hari ke-8 PON Papua: Ada Tambahan Perak dan PerungguTim Sepak Takraw Double Event Putri DKI Jakarta (kanan), mengalahkan Tim Putri Sulawesi Selatan pada semi final Sepak Takraw Putri PON 2021 Papua di GOR Trikora Uncen, Jayapura, Selasa, (28/9/2021). ( Foto PB PON XX PAPUA/Gino F Hadi)

Sementara itu, kans tim futsal Sulael melaju ke semifinal kandas setelah Jawa Timur (Jatim) menggeser mereka dari posisi kedua klasemen Grup B. Berjumpa Jawa Barat di laga terakhir babak penyisihan, Jatim menang dengan skor tipis 4-3. Total poin Jatim jadi 8, di saat Sulsel cuma mengantongi 7.

Hingga hari Rabu ini (29/9/2021), Sulsel telah memperoleh total 5 medali. Sebelumnya pada Selasa kemarin (28/9/2021), tim sepak takraw putri mendapat perunggu pertama dari nomor double event usai dibekuk DKI Jakarta di semifinal.

Sepak takraw putri juga membuka perolehan medali Sulsel berkat perak di nomor hoop pada hari Minggu silam (26/9/2021).

Baca Juga: PON XX Papua: Sulsel Kalah dari Jatim di Final Takraw Putra

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya