PSM Datangkan Analis asal Portugal, Masih Berusia 25 Tahun

Jose Filipe pernah tangani tujuh tim muda di Portugal

Makassar, IDN Times - Setelah memperbarui kontrak staf kepelatihan, manajemen PSM Makassar mengumumkan rekrutan baru yakni Jose Filipe Carvalho asal Portugal. Tapi, ia bukanlah pemain, melainkan seorang analis dan scout alias pencari bakat.

"Jose Filipe Carvalho dos Santos, demikian nama lengkapnya, punya bekal cukup mentereng untuk datang ke Indonesia. Pemuda 25 tahun ini telah mengantongi lisensi kepelatihan UEFA C," demikian pernyataan tertulis yang diterima IDN Times pada Senin siang (8/5/023).

Baca Juga: Setelah Tavares, PSM Perpanjang Kontrak Empat Staf Pelatih

1. Memegang lisensi UEFA C, cukup lama berkecimpung di sepak bola usia muda

PSM Datangkan Analis asal Portugal, Masih Berusia 25 TahunAnalis dan scout PSM Makassar musim 2023-24, Jose Filipe Carvalho dos Santos. (Dok. Istimewa)

Jose Filipe Carvaljo sendiri sudah cukup lama menjadi pelatih tim kelompok serta mencari bakat. Terhitung, ada tujuh tim sepak bola usia muda yang pernah dilatihnya, dan semuanya berbasis di Portugal.

"Hadirnya Jose Filipe Carvalho di jajaran technical team PSM Makassar ini diharapkan kian mempermudah tugas tim kepelatihan Pasukan Ramang yang dipimpin pelatih kepala Bernardo Tavares," lanjut pernyataan tertulis itu.

2. Jose Filipe Carvalho melengkapi susunan technical team musim 2023-24

PSM Datangkan Analis asal Portugal, Masih Berusia 25 TahunPara anggota technical team PSM Makassar untuk musim 2023-24. (Instagram.com/psm_makassar)

Kehadiran Jose Filipe Carvalho memberi kesegaran bagi staf kepelatihan sebab usianya masih sangat muda. Meski begitu, ia akan membawa pengalaman yang selama ini ia timba dari skena sepak bola Portugal ke Makassar.

Jose sendiri akan bekerja sama dengan analis PSM Makassar yakni Angger Worojati. Pria asal Yogyakarta tersebut sudah masuk dalam manajemen Pasukan Ramang sejak awal musi 2021-22, ketika Milomir Seslija masih menjabat sebagai pelatih kepala.

3. Susunan staf pelatih Pasukan Ramang saat ini sudah lengkap

PSM Datangkan Analis asal Portugal, Masih Berusia 25 TahunPara staf pelatih PSM Makassar dalam sesi latihan di Stadion Kalegowa Pallangga, Februari 2023. (Instagram.com/ahmadamiruddin6310)

Sementara itu, penerjemah Roy Wanson masih akan menjadi bagian dari technical team PSM untuk musim 2023-24. Ia terbilang sosok paling senior, sebab sudah mendampingi para pelatih asing sejak pertengahan tahun 2016.

Berikut susunan tim pelatih PSM untuk musim 2023-24 :

  • Pelatih kepala : Bernardo Tavares
  • Asisten pelatih : Ahmad Amiruddin
  • Pelatih fisik : Paulo Duarte, Ronald Fagundez
  • Pelatih kiper : Alan Haviluddin
  • Analis dan scout : Angger Worojati, Jose Filipe Carvalho
  • Interpreter : Roywanson Siringo-Ringo

Baca Juga: PSM Mulai Berlatih 1 Juni Jelang Play Off Liga Champions Asia

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya