Comscore Tracker

Selamat! Sulsel Kawinkan Medali Emas Karate di PON Papua

Tim karate menyumbang lima medali untuk kontingen Sulsel

Makassar, IDN Times - Kontingen Sulawesi Selatan sukses menambah medali emas di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021 lewat cabang olahraga andalannya, karate.

Tim karateka Sulsel mendapatkan tambahan sepasang emas dari nomor kata beregu putra dan putri, pada pertandingan di GOR Politeknik Penerbangan, Kayu Batu, Kota Jayapura, Papua, Selasa (12/10/2021).

Baca Juga: Karateka Krisda Putri Tambah Medali Emas Sulsel di PON Papua

1. Emas dari nomor kata beregu putra dan putri

Selamat! Sulsel Kawinkan Medali Emas Karate di PON PapuaPara atlit Karate Kata Beregu Putra Putri Sulawesi Selatan dan para official berfoto bersama setelah meraih medali emas di GOR Politeknik Penerbangan Kayu Batu Jayapura, Selasa 12/10/2021. PB PON XX PAPUA/Dadang Tri

Tim karate Sulsel lebih dulu memastikan medali emas lewat nomor kata beregu putra. Tampil di partai final, trio Andi Dasril Dwi Darmawan, Andi Tomy Aditya Mardhana, dan Albiadi menampilkan jurus Anan Dai dan mengumpulkan poin 24,68.

Sulsel mengalahkan trio DKI Jakarta, Lutfi Ardiansyah, M Zidane Bhagaskara Putra, dan La Ode Andinudin. Trio ini mengumpulkan poin 24,0 dengan jurus Sansai.

Selamat! Sulsel Kawinkan Medali Emas Karate di PON PapuaAtlet tim karate putri Sulawesi Selatan memperagakan jurus saat bertanding di final Kata Beregu Putri PON Papua di GOR Politeknik Penerbangan Kayu Batu, Kota Jayapura, Papua, Selasa (12/10/2021). ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

Di kata beregu putri, Sulsel mendapatkan medali emas lewat trio Nur Rizka Fauziah, Magfirah Syamsul Alam, dan Nadya Baharuddin. Mereka menampilkan jurus Unsu dan meraih poin 24,34 dari para juri.

Sulse menang atas trio karateka Papua, Nadine Rizqi Athira, Naila Rizqi Athalla, dan Razta Nezta Melan Rumbekwan. Mereka mendapatkan poin 23.68 dengan menampilkan jurus Anan Dai.

2. Sulsel kumpulkan lima medali lewat karate, tiga emas

Selamat! Sulsel Kawinkan Medali Emas Karate di PON PapuaAtlit karate perorangan putri Sulawese Selatan, Krisda Putri pemenang medali emas PON XX Papua di GOR Politeknik Penerbangan Kayu Batu Jayapura, Senin (11/10/2021). PB PON XX PAPUA/Dadang Tri

Sejauh ini medali emas kontingen Sulsel paling banyak didapatkan dari cabor karate. Sebelumnya, Selasa (11/10/2021), emas didapatkan dari karateka Krisda Putri Aprilia di nomor kata perorangan putri. Sehingga total ada tiga medali emas dari karate.

Selain emas, Sulsel mendapatkan medali perak lewat karateka Febi Ramadhan Saputra. Tampil nomor kumite under 84 kg putra, dia kalah dari wakil tuan rumah Papua Claudio F Nenobesi pada partai final.

Sedangkan medali perunggu didapatkan dari nomor kata perorangan putra, lewat Andi Dasril.

3. Mengulang sejarah di cabor karate

Selamat! Sulsel Kawinkan Medali Emas Karate di PON PapuaPara atlit karate beregu putra dan para wasit tampil saat persiapan di GOR Politeknik Penerbangan Kayu Batu, Jayapura, Selasa (12/10/2021). PB PON XX PAPUA/Dadang Tri

Pelatih tim Karate Sulsel Mursalim Baddoo menyatakan bangga atas hasil yang didapatkan para atlet yang bertanding di PON Papua. Apalagi ini mengulang prestasi di PON Riau 2012. Saat itu Sulsel juga mengawinkan medali emas di kata beregu putra dan beregu putri.

"Ini semua karena kerja keras, disiplin dan mau menjalankan instruksi pelatih," kata Mursalim kepada wartawan usai pertandingan.

4. Sulsel naik ke peringkat sepuluh

Selamat! Sulsel Kawinkan Medali Emas Karate di PON PapuaIlustrasi medali PON Papua (ANTARA FOTO/Zabur Karuru)

Dengan tambahan sepasang emas dari karate, posisi Sulsel naik di peringkat sepuluh klasemen sementara perolehan medali. Sulsel sudah mengumpulkan total sepuluh medali emas. Selain itu Sulsel juga meraih delapan medali perak dan sepuluh perunggu.

Sebelumnya kontingen Sulsel mendapatkan dua medali emas dari sepak takraw, serta masing-masing satu dari senam artistik, muaythai, renang artistik, angkat besi, dan biliar.

Baca Juga: PON Papua: Tim Basket Putri Sulsel Terhenti di Semi Final

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya