Lifter Sulsel Rahmat Erwin Pecahkan Rekor di Kejuaraan Dunia

Dua kali berturut turut catat rekor dunia IWF

Makassar, IDN Times - Lifter Indonesia asal Sulawesi Selatan Rahmat Erwin Abdullah mencatatkan prestasi gemilang di Kejuaraan Dunia Federas Angkat Besi Internasional (IWF) 2023 di Riyadh, Arab Saudi. Bertanding pada kategori 81 kg putra, Senin (11/9/2023), Rahmat memecahkan rekor dunia.

Rahmat Erwin mencatatkan angkatan clean and jerk 209 kilogram sekaligus meraih medali emas. Angkatan itu mengalahkan catatan rekor dunia sebelumnya, seberat 208 kilogram, oleh lifter Bulgaria, Karlos Nasar, pada Kejuaraan Dunia 2021.

Baca Juga: Rahmat Erwin Abdullah, Anak Pegawai Pos Indonesia yang Harumkan Bangsa

1. Rahmat Erwin catat rekor dunia di dua kelas berbeda

Lifter Sulsel Rahmat Erwin Pecahkan Rekor di Kejuaraan DuniaLifter putra Indonesia Rahmat Erwin Abdullah melakukan selebrasi setelah berhasil melakukan angkatan pada kelas 81 kg putra SEA Games 2023 di Taekwondo Hall, Olympic Complex, Phnom Penh, Kamboja, Senin (15/5/2023). (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Ketua Bidang Pembinaan dan Prestasi Perkumpulan Angkat Besi Seluruh Indonesia (PABSI), Hadi Wihardja, menyatakan kekagumannya terhadap Rahmat. Sebab ini bukan kali pertama Rahmat memecahkan rekor dunia.

"Ia adalah satu-satunya lifter Indonesia yang berhasil memecahkan rekor dunia angkatan clean and jerk di dua kelas yang berbeda, yaitu 73kg dan 81kg. Maka, ia pantas mendapat julukan 'The King of Clean and Jerk,'" kata Hadi Wihardja, dikutip dari Antara, Selasa (12/9/2023).

2. Raih medali perak untuk total angkatan

Lifter Sulsel Rahmat Erwin Pecahkan Rekor di Kejuaraan DuniaLifter putra Sulawesi Selatan Rahmat Erwin A mengangkat beban pada kelas 81 kg putra PON Papua di Auditorium Universitas Cenderawasih, Kota Jayapura, Papua, Kamis (7/10/2021). ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

Rahmat tidak hanya meraih medali emas untuk angkatan clean and jerk, tetapi juga medali perak dengan total angkatan seberat 354 kilogram. Prestasinya ini hanya terpaut dua poin dari pemenang medali emas asal Italia, Oscar Reyes Martinez, yang mencapai total angkatan 356 kilogram. Sementara itu, medali perunggu diraih oleh Toshtemirov asal Uzbekistan dengan total angkatan 352 kilogram.

Dalam nomor angkatan snatch, Rahmat mencatatkan satu kali angkatan seberat 145 kilogram, dan ia tidak mengubah beban angkatannya pada kesempatan kedua dan ketiga. Namun, pada nomor andalan clean and jerk, Rahmat memulainya dengan angkatan 195 kilogram dan berhasil menambah beban menjadi 200 kilogram pada angkatan kedua. Prestasi puncaknya terjadi pada angkatan ketiga, di mana Rahmat secara resmi memecahkan rekor dunia dengan mencapai angkatan 209 kilogram.

3. Dua kali pecahkan rekor di kejuaraan dunia

Lifter Sulsel Rahmat Erwin Pecahkan Rekor di Kejuaraan DuniaLifter putra Sulawesi Selatan Rahmat Erwin Abdullah. ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

Pada partisipasi sebelumnya di Kejuaraan Dunia IWF 2022 di Bogota, Kolombia, Rahmat juga berhasil mengukir prestasi. Dia memecahkan rekor nomor clean and jerk dengan angkatan 200 kilogram di kelas 73 kg putra.

Saat itu Rahmat memecahkan rekor dunia milik peraih medali emas Olimpiade 2020 Shi Zhiyong, dengan catatan 197 kilogram untuk clean and jerk pada Kejuaraan Dunia 2019.

Baca Juga: Lifter Rahmat Erwin Rebut Emas dan Cetak Rekor di Kejuaraan Dunia

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya