Ketua Pertina Sulsel Harpen Reza Ali Dilantik Pekan Ini

Harpen dilantik langsung Ketua Umum Komaruddin Simanjuntak

Makassar, IDN Times - Ketua Umum Pengurus Pusat Persatuan Tinju Amatir Indonesia (Pertina) Mayjen TNI (Purn.) Komarudin Simanjuntak diagendakan melantik Ketua Pengurus Provinsi Pertina Sulsel Harpen Reza Ali, Sabtu, 3 Desember 2022.

Pelantikan Harpen rencananya digelar di Hotel Claro Makassar. Ketua Umum sekaligus melantik Sekretaris Sri Syahril serta 50-an jajaran pengurus Pengprov Pertina Sulsel periode 2022-2026.

“Kepastian Pengprov Pertina Sulsel dilantik setelah kami menemuai Ketum Pertina, Jendral Komaruddin Simanjuntak pada Rakernas Pertina di Jakarta baru-baru ini. Insya Allah Ketum yang akan langsung hadir melantik kami,” kata Harpen Reza Ali dalam siaran persnya yang diterima, Minggu (27/11/2022).

Baca Juga: Pertina dan PP Sulsel Cari Petinju Andal lewat Kejuaraan Amatir

1. Ada peluncuran website hingga kejuaraan tinju internasional

Ketua Pertina Sulsel Harpen Reza Ali Dilantik Pekan IniIlustrasi tinju. ANTARA FOTO /INASGOC/Ari Bowo Sucipto/RAV/18

Harpen Reza Ali terpilih lewat Musyawarah Provinsi (Musprov) Pertina Sulsel di Hotel Dalton Makassar, 5 Februari 2022. Dia meraih suara 18 Pengurus Kabupaten dan Pengurus Kota Pertina se-Sulsel. Pada Musprov, Harpen mengalahkan kandidat lain, Capt Muh Sair Kamalia Dakkar yang tidak mendapatkan suara.

Saat terpilih sebagai Ketua Pengprov Pertina Sulsel, usia Harpen Ali baru berusaia 27 tahun. Ayah satu putra ini merupakan Ketua Pengprov Pertina termuda di Indonesia.

Pada pelantikan mendatang, Pengprov Pertina Sulsel juga mengagendakan peluncuran situs resmi alias website. Selain itu juga ada pengumuman soal gelaran ajang tinju internasional.

"Akan ada pernyataan dari Ketum Pertina Pusat terkait ditunjuknya Sulawesi Selatan sebagai tuan rumah penyelenggara Kejuaraan Internasional Tinju Piala Wakil Presiden Agustus 2023,” ucap Harpen Ali, putra tokoh olahraga yang juga seorang pengusaha A Reza Ali.

2. Tekad Harpen kembangkan tinju di Sulsel

Ketua Pertina Sulsel Harpen Reza Ali Dilantik Pekan IniPetinju Sulawesi Selatan Holy Masihor (kanan). Dok. Pertina Sulsel

Pada pemaparan visi misinya di Musprov lalu, Harpen berjanji akan mengembangkan cabang olahraga tinju di Sulsel. Dia ingin memperbanyak kejuaraan demi meraih prestasi di Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 di Sumatera Utara-Aceh mendatang.

“Sulsel ini provinsi terbesar ketujuh di Indonesia. Jumlah penduduknya banyak. Kita bisa memilih atlet untuk berprestasi dan memberikan perhatian khusus kepada cabor tinju. Sehingga atlet-atlet bisa semangat dan meraih prestasi,” kata Harpen.

Harpen yakin bisa mewujudkan itu. Apalagi, banyak petinju muda berbakat yang ikut pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XVII Sulsel yang dilaksanakan pada 22-30 Oktober 2022 lalu di Kabupaten Sinjai dan Bulukumba.

‘’Setelah pelantikan Pengprov Pertina Sulsel akan konsentrasi mengikuti kejuaraan nasional Pra Pekan Olahraga Nasional (PON) 2023. Di tahun yang sama kami juga kami akan fokus sebagai tuan rumah pelaksana kejuaraan Internasional tinju Piala Wakil Presiden Agustus 2023,” Harpen Ali menerangkan.

3. Undang Gubernur di pelantikan

Ketua Pertina Sulsel Harpen Reza Ali Dilantik Pekan IniHarpen Ali saat terpilih sebagai Ketua Pengprov Pertina Sulsel, Februari 2022. (Dok. Pertina Sulsel)

Pengprov Pertina Sulsel berharap pada acara pelantikan ini Gubernur Sulsel Andi Sudirman hadir. Mereka juga mengundang Ketua DPRD Sulsel Andi Ina Kartika Sari, Pangdam XIV Hasanuddin Mayjen TNI Totok Imam Santoso, Kapolda Sulsel Irjen Nana, dan tokoh pimpinan lain di Sulsel.

‘’Termasuk sejumlah tokoh olahraga nasional asal Sulsel. Apalagi waktu pelantikan ini masih dalam rangkaian HUT Pertina ke-63.Karena itu kami juga mengundang mantan-mantan Ketua Pengprov Pertina dari masa ke masa,” kata Ketua Pelaksana Pelantikan Pengprov Pertina Sulsel M Tawing.

Baca Juga: Tinju Indonesia yang Belum Mati

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya