TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Perbedaan Sifat Kucing Jantan dan Betina, Calon Pemilik Wajib Tahu!

Mana yang paling cocok denganmu?

Potret kucing putih sedang digendong (unsplash.com/@roaah)

Punya rencana untuk memelihara kucing di rumah, tapi masih bingung mau pilih yang jantan atau betina? Meskipun keduanya terlihat mirip, kamu mesti paham perbedaannya sifatnya. Dilansir cats.com, dengan memahami perbedaan karakteristik dari kucing jantan dan kucing betina, calon pemilik kucing bisa menyesuaikan cara merawat mereka nantinya.

Nah, untuk kamu calon pemilik anabul, ada baiknya untuk memahami karakter kucing jantan dan betina biar bisa membantu kamu memutuskan pilihan yang sesuai. Yuk, simak apa saja perbedaan sifat antara kucing jantan dan betina di bawah ini! 

Baca Juga: 5 Arti Perilaku Kucing Ini Terlihat Sepele Namun Punya Makna Dalam

1. Kucing jantan dikenal lebih aktif dan suka diajak bermain

Menurut Rover, banyak pemilik kucing menyebutkan bahwa kucing jantannya cenderung lebih energik, aktif, dan antusias saat diajak bermain dibandingkan kucing betina. Meskipun begitu, tingkat keaktifan kucing juga sangat dipengaruhi oleh usianya. Biasanya semakin muda usia kucing, maka semakin aktif tingkahnya.

2. Kucing betina cenderung lebih mandiri dan suka merasa asyik sendiri

Kucing betina cenderung lebih independen dan suka menikmati waktu sendiri. Terutama saat menemui orang baru, mereka terkadang lebih pendiam dan membutuhkan waktu lama untuk merasa percaya dan nyaman. Nah, saat mereka sudah merasa aman, mereka akan menunjukkan rasa sayangnya kepadamu dengan cara uniknya sendiri.

3. Kucing jantan suka berkelana dan menandakan wilayah kekuasaannya dengan urin

Kucing jantan yang belum disteril cenderung lebih agresif dan suka berkeliling jauh untuk mencari makanan atau pasangan. Kebiasaan lainnya yang menganggu, yaitu saat kucing jantan menandai wilayah kekuasaan mereka dengan urin. Terkadang bau kencingnya akan lebih menyengat dibandingkan bau urin biasa. Tapi jangan khawatir, kebiasaan ini bisa berkurang setelah kucing jantanmu disteril.

4. Kucing betina biasanya lebih protektif dengan wilayahnya

Perilaku protektif ini biasanya terlihat jelas saat mereka sedang mengasuh anak-anaknya yang baru lahir. Setelah kelahiran, naluri keibuan kucing betina akan membuat diri mereka menjadi lebih waspada dan agresif dalam menjaga wilayah anak-anaknya. Mereka akan selalu memastikan keamanan anak-anaknya agar terhindar dari gangguan dan usikan kucing lain.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya