Warga Makassar Rela Antre sejak Malam demi Vaksinasi COVID-19

RS Tadjuddin Chalid dipadati warga yang hendak divaksinasi

Makassar, IDN Times - Sejumlah warga rela mengantre berjam-jam, hingga menginap, demi mendapatkan nomor urut untuk proses vaksinasi COVID-19. Kondisi itu ditemui di Rumah Sakit Tadjuddin Chalid, Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar.

Sejumlah orang rela mengantre sejak Kamis malam (12/8/2021), agar mendapatkan nomor urut vaksinasi yang berlangsung hari ini, Jumat (13/8/2021). Mereka mengantre bawah tenda di halaman rumah sakit yang telah disediakan.

"Dari tadi malam jam 20.00 WITA malam om mengantre itu untuk dapat nomor antrean vaksin," kata Rahman (24), warga Jalan Pajjaiang, Kelurahan Sudiang Raya, yang menemani pamannya vaksin, saat ditemui di RS Tadjuddin Chalid, Jumat (13/8/2021).

Baca Juga: Info Vaksinasi di Makassar 13-27 Agustus 2021, Cek Syaratnya di Sini!

1. Antre dari malam agar dapat vaksin Jumat pagi

Warga Makassar Rela Antre sejak Malam demi Vaksinasi COVID-19Warga mengantri vaksin di RS Tadjuddin Chalid Makassar. IDN Times/Sahrul Ramadan

Rahman mengaku hanya menemani pamannya, Rauf Daeng Jarung mengambil nomor antrean untuk mendapatkan vaksin dosis pertama. Karena khawatir tak mendapatkan antrean, dia terpaksa datang di awal dan rela menunggu sejak malam sebelumnya.

Rahman bilang, pamannya yang antre sejak malam mendapat nomor urut pertengahan. Sebab banyak orang yang berminat mengikuti vaksinasi, termasuk untuk dosis kedua. 

"Kalau om itu dia vaksin pertama dapat nomor antrian 100 lebih," ucap Rahman.

2. Warga datang usai salat Isya, sedangkan vaksinasi dimulai pagi hari

Warga Makassar Rela Antre sejak Malam demi Vaksinasi COVID-19Warga mengantri vaksin di RS Tadjuddin Chalid Makassar. IDN Times/Sahrul Ramadan

Warga lainnya, Yudistira mengaku mendapat nomor antrean dua ratus lebih karena datang sejak Jumat pagi. Namun pria 35 tahun itu harus bersabar karena belum bisa divaksin, dan mesti menunggu hingga Senin pekan depan. "Vaksinnya sudah habis," ucapnya.

Dia mengatakan, sejak subuh sudah banyak warga yang mengantre untuk mengambil nomor antrian. Khususnya bagi mereka yang hendak mengikuti vaksin tahap dua.

"Ada yang saya tanya-tanya juga katanya (antre) dari dari habis (salat) Isya tadi malam, nanti pagi baru dapat vaksin," kata dia.

3. Stok habis, warga yang telah menyetor nomor antrean serta identitas divaksin pekan depan

Warga Makassar Rela Antre sejak Malam demi Vaksinasi COVID-19Ilustrasi Vaksin. IDN Times/Arief Rahmat

Petugas kesehatan rumah sakit mengimbau warga yang telah datang sejak pagi namun belum mendapat jatah vaksin tahap dua maupun pertama agar bersabar. Warga hanya diminta menyetor nomor antrean dan fotokopi kartu vaksin sebelumnya hingga KTP agar bisa mendapat vaksin kedua.

Mereka diminta untuk datang kembali pada Senin, pekan depan. Petugas kesehatan yang mendata warga untuk divaksin enggan memberikan komentar banyak kepada jurnalis di lokasi.

"Kalau bisa nanti hari Senin, datang ki agak pagi bapak/ibu supaya nda terlalu lama mengantre," kata seorang petugas kesahatan RS.

Baca Juga: Dinkes Makassar Janjikan Insentif Nakes Puskesmas Cair Pekan Ini

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya