Viral Mobil Polisi Abaikan Tabrak Lari di Bulukumba

Polda Sulsel bakal memberi sanksi bagi pengemudi PJR

Makassar, IDN Times - Di media sosial, beredar video mobil polisi mengabaikan peristiwa kecelakaan di jalan raya. Belakangan peristiwa itu diketahui terjadi di Jalan Poros Tanete, Kecamatan Bulukumpa, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, pada Sabtu, 11 Desember 2021.

Dalam video berdurasi 1 menit 59 detik, terlihat sejumlah warga hendak menolong seorang wanita korban yang tergeletak di jalan. Wanita itu disebut sebagai korban tabrak lari. Di saat bersamaan melintas satu mobil patroli PJR dengan sirine berbunyi.

Pengemudi mobil patroli itu sempat melambatkan kendaraan. Namun bukannya singgah, mobil itu cuma berlalu meski melihat korban terkapar di jalan. Orang-orang di lokasi cuma bisa menyaksikan mobil itu menjauh dari lokasi. Perekam video juga terdengar mempertanyakan mengapa mobil polisi tidak singgah padahal ada kecelakaan di jalan.

Baca Juga: Gempa M 7,4 di Laut Flores, Getaran Terasa di Bulukumba

1. Kasus kecelakaan sedang ditangani Polres Bulukumba

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Bulukumba AKP Andhika Trisna Wijaya membenarkan soal kejadian kecelakaan yang video rekamannya beredar. Namun dia menekankan bahwa mobil patroli yang melintas bukan dari pihaknya. 

"Mobil patrolinya bukan dari Polres Bulukumba," kata Andhika dalam keterangan tertulisnya, Rabu (15/12/2021).

Kapolres Bulukumba AKBP Suryono Ridho Murtedjo menambahkan, peristiwa kecelakaan juga sedang ditangani. Korban tabrak lari diketahui merupakan mahasiswi berinsial NU (19).

"Kasus lakalantas (kecekalaan lalu kintas) tersebut sedang dalam proses penanganan penyidik Laka Lantas Polres Bulukumba," ungkap Suryono disela kunjungannya ke rumah korban, di Dusun Bontobaju, Desa Balangtaroang, Kecamatan Bulukumpa, Rabu siang.

2. Polres Bulukumba kunjungi korban tabrak lari

Viral Mobil Polisi Abaikan Tabrak Lari di BulukumbaPetugas Polres Bulukumba mengunjungi rumah keluarga korban tabrak lari/Polres Bulukumba

Kepada pihak keluarga korban, Kapolres Suryono menyatakan pihaknya masih memburu pelaku penabrak lari. Dia menegaskan akan menindak tegas pelaku. Kasus ini menjadi atensi kepolisian, menyusul viralnya video tersebut di medsos.

Suryono didampingi jajaran dari Satlantas Polres Bulukumba juga memberikan bantuan kepada pihak keluarga korban sebagai bentuk keprihatinan peristiwa yang terjadi.

"Menyampaikan rasa turut simpati atas kecelakaan yang menimpa NU," ucap Suryono.

3. Pengemudi mobil polisi bakal disanksi karena dianggap lalai

Viral Mobil Polisi Abaikan Tabrak Lari di BulukumbaIlustrasi Garis Polisi (IDN Times/Arief Rahmat)

Polda Sulsel kini tengah mengusut soal kasus mobil polisi yang berlalu saat terjadi kecelakaan. Tidak disebutkan dari mana mobil tersebut berasal. Namun anggota polisi yang mengemudikannya kini ditangani di Bidang Propam Polda Sulsel dan bakal diberi sanksi karena dianggap lalai.

"(Polda) Memastikan bahwa penanganan laka lantas dan kelalaian personil Polri akan ditindak secara tegas dan profesional," kata Plt Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Sulsel Kombes Ade Indrawan dalam keterangan yang sama.

Baca Juga: Viral Video Pengantar Jenazah Keroyok Pengendara Mobil di Makassar 

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya