Travel di Makassar: Umrah Spesial Ramadan Tetap Diminati walau Mahal

Travel tawarkan paket umrah spesial Ramadan

Makassar, IDN Times - Penyedia layanan jasa pemberangkatan haji dan umrah atau perusahaan travel umrah di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, menyediakan paket spesial bagi masyarakat yang hendak beribadah saat bulan Ramadan.

"Harga rata-rata di atas Rp30 hingga Rp40 juta untuk paket Ramadan bintang 5 (penginapan) start Makassar," kata Nurhayat, CEO Al Jasiyah Travel Makassar saat dihubungi IDN Times, Kamis (31/3/2022).

1. Pemberangkatan dimulai 1 sampai 7 April

Travel di Makassar: Umrah Spesial Ramadan Tetap Diminati walau MahalJemaah umrah Al Jasiyah Travel Makassar. (Dok. Al Jasiyah Travel)

Nurhayat mengatakan, khusus untuk harga itu, jemaah diberangkatkan pekan pertama di bulan April. Jumlah kuota untuk pemberangkatan 30 kursi. "Al Jasiyah Travel menyiapkan paket awal Ramadan berangkat 1 dan 7 April," ucapnya.

Sementara untuk jemaah yang berkeinginan berangkat pada pertengahan bulan Ramadan, harganya juga tidak begitu jauh berbeda dari paket spesial di awal April. "Paket (bulan) Syawal berangkat 3 Mei harga Rp34 juta," ungkap Nurhayat.

2. Minat masyarakat meningkat karena aturan pemerintah Arab Saudi berubah

Travel di Makassar: Umrah Spesial Ramadan Tetap Diminati walau MahalJemaah umrah Al Jasiyah Travel Makassar. (Dok. Al Jasiyah Travel)

Nurhayat mengakui animo masyarakat meningkat jelang Ramadan. "Memang ada perubahan signifikan minat umrah disebabkan berubahnya regulasi yang diterapkan di Arab Saudi terhadap jemaah umrah. Seperti tidak ada lagi karantina 5 hari dan PCR," ujar Nurhayat.

Perubahan aturan oleh pemerintah setempat menurutnya, disambut baik oleh jemaah. "Dampaknya calon jemaah ramai-rameai ke travel daftar umrah. Cuma memang harga masih tinggi karena harga hotel di Saudi periode Ramadan tinggi," tutur Nurhayat.

Travel Al Jasiyah sendiri saat ini telah menampung puluhan calon jemaah umrah yang hendak diberangkatkan menjelang Ramadan. Nurhayat berharap jemaah semakin bertambah seiring dengan pelonggaran aktivitas beribadah dalam kondisi seperti saat ini.

Baca Juga: Umrah Dibuka, Travel di Makassar Khawatirkan Biaya Membengkak

3. Meski mahal, paket umrah Ramadan tetap diburu

Travel di Makassar: Umrah Spesial Ramadan Tetap Diminati walau MahalIlustrasi keberangkatan calon jemaah umrah. (ANTARA FOTO/Fauzan)

Di sisi lain lanjut Nurhayat, harga cukup tinggi disebabkan belum terjangkaunya penerbangan langsung dari Makassar ke Arab Saudi. Pemberangkatan harus dimulai dari Jakarta. "Sekalipun mahal, paket umrah Ramadan dan Syawal tetap diburu," imbuh Nurhayat.

Lebih lanjut kata Nurhayat, sementara ini pihaknya juga berkonsultasi dengan pihak Kementerian Agama untuk membicarakan persiapan pemberangkatan jemaah di kemudian hari. Mengingat minat masyarakat untuk umrah perlahan sudah kembali tinggi.

Baca Juga: Travel Minta Buka Kembali Penerbangan Umrah dari Makassar

Topik:

  • Irwan Idris
  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya