Tim SAR Temukan Jenazah Keempat Korban Longsor di Jeneponto

Korban ditemukan sekitar 3 km dari titik longsor

Makassar, IDN Times - Tim SAR gabungan, hari ini berhasil menemukan jenazah keempat korban banjir dan longsor di Kecamatan Rumbia, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan. Hal tersebut diungkapkan Humas Badan SAR Nasional (Basarnas) Makassar, Ade Hamsidar.

"Ditemukan pinggir sungai, Dusun Belong, Desa Rumbia, Kecamatan Rumbia, jam 09.00 Wita," kata Hamsidar, Selasa (16/6).

Baca Juga: Jasad Korban Tanah Longsor di Jeneponto Ditemukan Hanyut di Sungai 

1. Korban yang ditemukan merupakan korban hilang terakhir

Tim SAR Temukan Jenazah Keempat Korban Longsor di JenepontoTim SAR gabungan mengevakusi jenazah korban longsor di Jenepoto, Sulsel. IDN Times/Basarnas Makassar

Jenazah korban ditemukan oleh tim SAR gabungan yang terdiri dari sejumlah lembaga. Antara lain Tanggap Bencana (Tagana) Pemkab Jeneponto, Badan Penanggulangan Bencana Daerag (BPBD) Jeneponto, Dinas Pemadam Kebaran (Damkar), Palang Merah Indonesia (PMI), Basarnas, TNI, Polri dan beberapa organisasi masyarakat lainnya, termasuk Aksi Cepat Tanggap (ACT) Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Sulsel.

Sejauh ini korban tewas yang ditemukan sebanyak empat orang. Penemuan jenazah hari ini merupakan korban terakhir yang masuk dalam daftar pencarian. Menurut informasi dari Tim SAR Universitas Hasanuddin, korban ditemukan sekitar tiga kilometer dari lokasi titik longsor di Desa Rumbia,  Kecamatan Rumbia. Jenazah sudah dievakuasi untuk diidentifikasi.

2. Empat korban tewas ditemukan bertahap

Tim SAR Temukan Jenazah Keempat Korban Longsor di JenepontoEvakuasi warga tertimbun longsor di Rumbia, Jeneponto, Sulsel. IDN Times/Basarnas Makassar

Bencana banjir disertai tanah longsor di Jeneponto terjadi akibat saat hujan dengan intensitas tinggi, pada Jumat (13/6) lalu. Sebelumnya, ada empat korban yang dinyatakan hilang, masing-masing bernama Madeng (50), Yabu (60), Neneng (60), dan Alang yang sebelumnya ditulis NN.

Tim SAR Gabungan menemukan  korban Madeng pada Sabtu (13/6) sekitar pukul 15.05 Wita. Menyusul jenazah Yabu pada Minggu (14/6). Korban ketiga yang ditemukan adalah Alang, remaja 13 tahun yang hanyut di sungai sejauh 25 kilometer dari lokasi kejadian, Senin (15/6) kemarin.

3. Banjir Jeneponto rusak sejumlah fasilitas umum

Tim SAR Temukan Jenazah Keempat Korban Longsor di JenepontoBanjir di Jeneponto, Sulsel. IDN Times/Humas BNPB

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebut banjir dan tanah longsor di Jeneponto mengakibatkan sejumlah fasilitas umum rusak. Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB mencatat, banjir menyeret mobil mini bus dan menyebabkan enam rumah panggung rusak berat. Akses jalan poros pun tertimbun material longsor.

"Menurut laporan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jeneponto, banjir dan longsor tersebut dipicu oleh tingginya intensitas hujan sejak pukul 13.00 Wita (Jumat)," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Raditya.

Baca Juga: Rumah Bergeser ke Tengah Jalan Terseret Arus Banjir di Bantaeng

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya