Petugas Lapas Bulukumba Gagalkan Penyelundupan Sabu Dalam Sandal

Total barang bukti lima bungkus sabu

Makassar, IDN Times - Petugas Pengamanan Pintu Utama (P2U) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kabuparen Bulukumba, Sulawesi Selatan, menggagalkan upaya penyelundupan sabu yang diselipkan dalam sandal jepit.

"Sandal yang kiri di dalamnya ditemukan tiga bungkus dan di sandal yang kanan terdapat dua bungkus," kata Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Sulsel Edi Kurniadi dalam keterangan tertulisnya kepada IDN Times, Sabtu (26/2/2022).

Baca Juga: Kisah Perjuangan Warga Pantai Merpati Bulukumba Bertahan usai Digusur

1. Sandal dibungkus satu paket dengan mi instan dan bakso

Petugas Lapas Bulukumba Gagalkan Penyelundupan Sabu Dalam SandalBarang bukti sabu disimpan di dalam sandal. (Dok. Kemenkumham Sulsel)

Edi menuturkan, kejadian berawal saat petugas memeriksa barang bawaan seorang pria berinsial C (22), Sabtu pukul 11.50 WITA. Pengunjung ini membawa lima bungkus mi instan, dua bungkus bakso dan sepasang sandal warna biru-hitam.

Petugas merasa curiga, karena melihat kondisi sandal yang dibawa pengunjung tak seperti bentuk sandal pada umumnya. Saat digeledah dengan teliti, lima paket sabu bungkusan kecil itu ternyata diselipkan di dalam alas sandal bagian tumit.

2. Hendak dikirim ke seorang napi di dalam lapas

Petugas Lapas Bulukumba Gagalkan Penyelundupan Sabu Dalam SandalIlustrasi Penjara (IDN Times/Mardya Shakti)

Setelah kedapatan C pun diperiksa. Berdasarkan hasil pemeriksaan lanjut Edi, C mengaku bahwa barang itu akan dikirimkan kepada seorang narapidana di dalam lapas.

"Untuk Warga binaan Pemasyarakatan (WBP) inisial J," ungkap Edi

Petugas lapas berkoordinasi dengan petugas Satuan Reserse Narkoba Polres Bulukumba. "Kalapas Bulukumba Mutzaini langsung menghubungi Kapolres dan menyerahkan 5 bungkus diduga sabu kepada Kasat Narkoba AKP Baharuddin," ucap Edi.

Selain barang bukti, pengunjung C juga ikut dibawa oleh petugas. Sementara napi J, masih akan diselidiki lebih lanjut perannya dalam kasus ini. Pihak lapas menyerahkan semua proses kelanjutan hukum ke pihak Polres Bulukumba.

3. Rutan dan Lapas selalu diingatkan untuk sigap

Petugas Lapas Bulukumba Gagalkan Penyelundupan Sabu Dalam SandalKepala Kanwil Kemenkumham Sulsel Harun Sulianto. Dok. Kemenkumham Sulsel

Kepala Kanwil Kemenkumham Sulsel Harun Sulianto mengatakan, dia selalu mengingatkan seluruh kepala lapas dan kepala rutan di daerahnya untuk sigap dalam mendeteksi upaya penyelundupan narkoba.

"Utamanya penguatan pada P2U sehingga narkoba tidak masuk ke Lapas dan Rutan. Selain itu seluruh jajaran lakukan deteksi dini dan bekerja sama dengan Aparat Penegak Hukum (APH)," kata Harun.

Baca Juga: Kunjungi Bulukumba, Mentan SYL Dorong Budidaya Padi IP400

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya