Pemkot Tunda Ajang Balap Motor di AP Pettarani Makassar

Pemkot Makassar belum dapat izin dari kepolisian

Makassar, IDN Times - Rencana Pemerintah Kota menggelar ajang balap motor di jalan raya pada pekan ini kemungkinan ditunda. Sebab Pemkot belum mendapatkan izin dari kepolisian.

Pemkot Makassar berencana menggelar balapan di Jalan AP Pettarani pada Sabtu malam (16/4/2022) atau Minggu dini hari (17/4/2022). Namun balapan belum bisa terlaksana karena terkendala administrasi.

"Rencananya memang minggu ini, cuman kita tidak mau jalankan kalau belum jelas izin," kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Makassar Andi Pattiware saat dihubungi IDN Times, Sabtu petang.

Baca Juga: Tekan Balap Liar, Pemkot Makassar Siapkan Ajang Road Race

1. Kemungkinan diundur ke pekan depan

Pemkot Tunda Ajang Balap Motor di AP Pettarani MakassarIlustrasi balap liar (IDN Times/Istimewa)

Pemkot Makassar belum mendapatkan izin dari kepolisian, dalam hal ini Satuan Lalu Lintas Polrestabes Makassar. Sebab balapan digelar di jalan umum. Pemkot Makassar pun akan menentukan ulang jadwalnya.

Pattiware mengatakan, sebelumnya Pemkot sudah mendapatkan izin dari Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Wilayah XIII Makassar, sebagai penanggung jawab jalan protokol AP Pettarani.

"InsyaAllah tetap (di Jalan AP Pettarani) karena sudah ada izin dari balai jalan," ucap Pattiware.

2. Semua persiapan balapan disebut sudah rampung

Pemkot Tunda Ajang Balap Motor di AP Pettarani MakassarPetugas Satpol PP berjaga di gerbang pintu masuk kantor Balai Kota Makassar yang ditutup sementara di Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat (9/7/2021). (ANTARA FOTO/Abriawan Abhe)

Pattiware menambahkan, segala persiapan terkait rencana balapan juga disiapkan dengan matang. Antara lain pembentukan panitia, penjaringan peserta, serta perangkat pertandingan.

"Sudah ada semua. Kalau sudah ada (izin) kita langsungkan (mulai)," ucapnya.

Ajang balap ini, lanjut Pattiware akan berlangsung atau dibagi dalam tiga sesi. Bila pendaftar disesi pertama melebihi kuota, maka peserta bisa mendaftar untuk sesi kedua atau ketiga.

3. Masyarakat bisa daftar secara gratis

Pemkot Tunda Ajang Balap Motor di AP Pettarani MakassarPembalap di PON Papua 2021 (Dok.IDN Times/istimewa)

Pattiware menyatakan ajang balap motor dibuka secara gratis untuk masyarakat. Peserta dibagi menurut jenis dan kendaraannya.

Meski gratis, peserta wajib membawa materai 10.000 saat mengisi berkas pendaftaran. Registrasi dibuka di sekretariat Ikatan Motor Indonesia (IMI) Sulsel, Jalan Raya Pendidikan. Bila kuota terpenuhi, pendaftaran ditutup.

Baca Juga: Danny Tunggu Izin untuk Gelar Balap Jalanan di Makassar

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya